Ini Pernyataan Istana soal WNI di Wuhan

Daftar Isi

     

    Foto: Istana RI

    LancangKuning.Com, JAKARTA -- Pihak Istana Kepresidenan melalui Juru Bicara Presiden Joko Widodo (Jokowi) Fadjroel Rachman memastikan semua Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China dalam kondisi sehat. Sebanyak 243 WNI telah mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam pada Minggu (2/2) sekitar pukul 08.45 WIB.

    Baca Juga: Wah, Ada Teknologi Kecerdasaan untuk Periksa Virus Corona

    "Semua WNI yang dijemput dalam evakuasi kemanusiaan ini dipastikan semuanya dinyatakan sehat melalui prosedur kesehatan sesuai standar WHO," kata Fadjroel Rachman via pesan singkat diterima CNNIndonesia.com,Minggu (2/2).

    Fadjroel juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah mendukung proses pemulangan WNI tersebut. Ia memastikan pemerintah menjalankan seluruh proses evakuasi dan transit observasi berdasarkan Inpres Nomor 4 Tahun 2019.

    Baca Juga: Tenaga Pendidik Diharapkan Jadi Guru Inspiratif

    Seluruh proses ini di bawah koordinasi dua menteri koordinator, yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

    "Sekali lagi, marilah kita bergotong-royong, bahu-membahu menghadapi dan melewati masa-masa sulit ini demi nilai perikemanusiaan yang melekat dalam diri kita semua. Selamat kembali ke tanah air tercinta, Indonesia!" ucapnya.

    Ia menambahkan setibanya di Tanah Air, para WNI tersebut akan menjalani observasi di pangkalan militer TNI di Natuna, Kepulauan Riau.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Pangkalan militer tersebut memiliki fasilitas rumah sakit lengkap yang dikelola tim dokter dari TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Udara (AU) dan Angkatan laut (AL). Ini sesuai dengan pernyataan Menteri Luar Negeri, Menteri Kesehatan, dan Panglima TNI.

    Sebelumnya, pemerintah memutuskan untuk memulangkan seluruh WNI di Provinsi Hubei, China. Ini merupakan tindak lanjut dari menyebarnya virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Pemerintah menjemput WNI tersebut menggunakan pesawat dengan nomor penerbangan ID-6818. Pesawat berangkat dari Indonesia dengan membawa 42 relawan yang bertugas memulangkan ratusan WNI dari lokasi karantina virus Corona di Provinsi Hubei, China. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ini Pernyataan Istana soal WNI di Wuhan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar