Peranan Enzim Dalam Metabolisme Pada Tumbuhan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebelum masuk pada peranan enzim di dalam metabolisme, kita harus tahu dulu nih makna yang terselubung dibalik kata “metabolisme”. Maksud dari metabolisme ini ialah suatu reaksi kimia yang pastinya ada di dalam tubuh semua makhluk hidup, baik itu manusia, hewan, maupun tumbuhan sekalipun.

    Metabolisme nantinya akan mengalami suatu proses reaksi kimia yang dimana terjadinya perubahan suatu senyawa kimia yang memiliki kegunaan untuk mempercepat metabolisme tadi dengan melibatkan beberapa unsur seperti enzim yang mengambil peranan sebagai biokatalisator.

    Reaksi kimia yang terjadi pada metabolisme ini bisa saja terbagi menjadi dua (2) macam proses yakni katabolisme dan anabolisme. Dimana katabolisme dan juga anabolisme ini ialah sebuah reaksi enzimatis yang reaksi itu akan terjadi dikarenakan keterlibatan suatu enzim.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Diatas merupakan sedikit penjelasan mengenai metabolisme, lantas apa makna dari kata “enzim” ?. Enzim ialah suatu senyawa protein dimana enzim ini memiliki fungsi sebagai katalisator dari reaksi-reaksi kimia yang telah terjadi pada tubuh makhluk hidup. Katalisator sendiri memiliki makna yakni suatu zat yang memiliki fungsi untuk memberikan kecepatan terhadap reaksi kimia yang terjadi, namun ia tidak dapat mempengaruhi hasil akhir dari reaksi yang terjadi atau bisa dikatakan katalisator ini tidak dapat merubah kesetimbangan yang terjadi pada reaksi.

    Enzim juga mempunyai beberapa sifat yang menjadi ciri khas dari enzim ini. Diantaranya sebagai berikut :

    • Sebagai Biokatalisator, tidak hanya berperan sebagai katalisator saja, enzim juga memiliki peranan sebagai biokatalisator yang dimana biokatalisator ini mempunyai fungsi untuk mengubah kecepstan dalam sebuah reaksi yang sedang terjadi dengan cara merendahkan energy aktivitasinya. Walaupun jumlahnya yang sedikit, enzim dapat saja mempercepat reaksi dengan jumlah ribuan kali lipat.
    • Dapat berupa sebagai koloid, seperti yang telah di jelaskan diatas tadi, enzim ialah suatu senyawa protein dimana enzim akan membentuk suatu koloid pada larutan enzim yang mempunyai fungsi sebagai penambah luas bidang permukaan pada enzim hingganya energi dari aktivitasnya akan bertambah besar.

    Baca Juga : Akreditasi Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah Selat Panjang

    • Bekerja dengan cara yang spesifik, maknanya adalah enzim hanya akan bekerja dengan substrat tertentu, contohnya pekerjaan enzim katalase, dimana ia hanya dapat menghidrolisis atau memecah H2O2 menjadi dua bagian yakni H2O dan O2.
    • Memiliki sifat termolabil, dimana enzim ini bekerja ketergantungan dengan suhu. Jika suhunya tinggi, secara otomatis kinerja enzim akan jauh lebih cepat. Dan begitu juga sebaliknya, apabila suhu rendah, kinerja enzim akan semakin menurun atau menjadi lambat. Biasanya enzim akan mengalami denaturasi apabila suhu yang ia terima sangat tinggi.
    • Dapat saja bereakasi apabila dengan substrat asam ataupun basa, dikarenakan bagian enzim yang mempunyai sisi yang aktif serta mempunyai gugus R residu asam amino yang sangat spesisfik yang mengambil peranan sebagai penerima ataupun sebagai pemberi protein yang sesuai.
    • Cara kerja yang bersifat bolak-balik
    • Dapat menyerupai protein, hal ini dikarenakan enzim mempunyai beberapa sifat dari protein, misalnya hanya dapat bekerja pada saat suhu sedang optimal, bisa mengalami denaturasi apabila menerima suhu yang begitu tinggi, ketika sedang berada di dalam kondisi asam dan juga basa yang kuat secara otomatis kinerja yang diberikan oleh enzim akan menurun pada sebuah pelarut organik, sangat dipengaruhi oleh pemicu, konsentrasi dari substrat, dan juga penghambat.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Peranan Enzim di dalam Metabolisme Pada Tumbuhan

    1. Memberikan kecepatan terhadap reaksi kimia yang terjadi tanpa ikut serta dalam pereaksian tersebut.
    2. Dapat menciptakan sebuah produk dari proses reaksi yang sedang terjadi sesuai dengan kemampuan & keinginannya sendiri.
    3. Hanya dapat mengikat substrat pada sisi aktifnya saja, itulah salah satu peranan enzim di dalam tubuh makhluk hidup, baik itu manusia, hewan, ataupun tumbuhan.
    4. Dapat digunakan secara berulang-ulang kali atau secara terus-menerus, setelah produk yang dihasilkan telah terbentuk, selanjutnya enzim akan melakukan pelepasan diri hingga kembali ke dalam wujud seperti semula.
    5. Dapat melakukan penurunan terhadap energi dari aktifasinya, saat proses metabolisme sedang berlanjut enzim dapat mengurangi energi yang terdapat di dalam tubuh.(Hamdani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peranan Enzim Dalam Metabolisme Pada Tumbuhan
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    8%

    Terinspirasi

    16%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    25%

    Komentar