Akreditasi Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah Selat Panjang

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di Indonesia, kesadaran betapa besarnya pengaruh agama bagi pembentukan moral warga telah menjadikan pendidikan agama islam sebagai mata pelajaran wajib di semua tingkat pendidikan. Pendidikan agama islam memiliki peran besar dalam mengubah pembelajar menjadi manusia yang percaya dan taat kepada Tuhan Yang Maha Esa.

    Islam menempatkan nilai tinggi pada pendidikan, dan, ketika kepercayaan menyebar di antara beragam orang, pendidikan menjadi saluran penting untuk menciptakan tatanan sosial yang universal. Bagi teman-teman yang baru lulus dari sekolah menengah atas (SMA), Sekolah menengah Kejuruan (SMK), Madrasyah Aliyah (MA) tidak perlu khawatir sekarang telah banyak Sekolah Tinggi Agama Islam yang ada di Indonesia salah satunya yaitu Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah Selatpanjang Kabupaten Meranti.

    Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah Selatpanjang yang mana kampusnya beralamatkan Jl. Pahlawan Ujung Selatpanjang (Sebelah Barat Pelabuhan Tanjung Harapan Selatpanjang) merupakan sebuah institusi perguruan tinggi agam islam yang telah berdiri selama kurang lebih 15 tahun dan bernaung dibawah yayasan pendidikan dan pondok pesantren Nurul Hidayah Selat Panjang yang didirikan oleh H. Syahrir, M.Pd.I, seorang pengusaha pelayaran yang peduli dengan pendidikan. Dalam catatan sejarah, Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah Selatpanjang hadir dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan pentingnya pendidikan agama islam yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti. Bahkan sampai dengan detik ini Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah Selatpanjang merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Agama Islam yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti dan telah terakreditasi B. Hal ini membuktikan bahwa Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah Selatpanjang merupakan sebuah perguruan tinggi yang berkualitas dalam mencetak lulusannya.

    Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah Selatpanjang ini hanya mempunyai satu program studi yaitu Pendidikan Agama Islam (PA) dengan Akreditasi B. Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah ini juga memiliki 24 dosen berpengalaman yang mana nantinya akan melahirkan sumberdaya manusia yang berkualitas secara akademik dan professional serta memiliki integrasi pribadi sebagai sarjana muslim. Berikut ini informasi dari perguruan tinggi Agama Islam Nurul Hidayah Selatpanjang yang di dapatkan dalam BAN-PT.

     

     

    Program Studi

    Strata

    No.SK

    Tahun SK

    Peringkat

    Tanggal Daluarsa

    Pendidikan Agama Islam

    S1

    0102/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2016

    2016

    B

    2021-03-05

     

    Fasilitas yang ada di Sekolah Tinggi Agama Islam Hidayah Selatpanjang bisa dibilang bagus karena kampus ini menyediakan :

    1. Ruang Kuliah yang memadai
    2. Perpustakaan yang kondusif
    3. Asrama mahasiswa putra/putri
    4. Hotspot Area
    5. Sarana ibadah yang memadai

    Selain fasilitas yang memadai Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah Selatpanjang juga memiliki beberapa kegiatan Kemahasiswaan :

    1. Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA)
    2. Senat Mahasiswa (SEMA)
    3. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
    1. Rencana Pramuka Gudep 01.099.01.100
    2. Sanggar Seni Nurul Sujana
    3. Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI)
    4. UKM Bahasa (Foreign Language)
    5. KSR PMI (Palang Merah Indonesia)
    6. UKM Resimen Mahasiswa (Menwa) Kompi E/04 Indra Bumu

    Tidak hanya itu Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah Selatpanjang juga sering mengadakan kegiatan keagamaan turun langsung ke masjid atau musholla masyarakat sekitar. Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah Selatpanjang ini juga menjalin kerja sama dengan organisasi-organisasi lain untuk memajukan Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah dan juga setiap tahunnya.

    Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah selalu melepas mahasiswanya untuk melaksanakan PKL agar mendapatkan ilmu di perusahaan-perusahaan atau instansi yang mana nantinya dapat di terapkan setelah mereka lulus dari Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah dan juga Sekolah Tinggi ini melepas mahasiswanya melaksanakan KKN yang mana saat mahasiswa menjalankan KKN.

    Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah ini berharap mahasiswanya dapat bekerja sama dan membantu dengan memberikan ilmu yang telah mereka dapatkan dari kampus kepada masyarakat sekitar tempat mereka menjalankan KKN.(Indri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah Selat Panjang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar