Menteri Agama Era Gus Dur Wafat

Daftar Isi

    Foto :Nu.or.id
    M Tolchah Hasan

    LancangKuning.Com, JAKARTA – Menteri Agama di era pemerintahan presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, M Tolchah Hasan, dikabarkan meninggal dunia pada pukul 14.10 WIB, Rabu, 29 Mei 2019.

    Berdasarkan informasi yang diperoleh VIVA, Tolchah Hasan meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Saiful Anwar, Kota Malang, Jawa Timur. Dia dirawat di rumah sakit itu setelah kondisi kesehatannya sering memburuk sejak pertengahan Mei -2019.

    Kabar duka itu dibenarkan oleh Hilmi, putra Tolchah Hasan. Tak merinci seputar kabar itu, Yoga hanya mengatakan “Iya, benar. Maafkan [ayah saya] ya” ketika dikonfirmasi VIVA pada Rabu sore.

    Tolchah, selain mantan Menteri Agama, juga menjabat Mustasyar (penasihat) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. Karena itu, NU merasa kehilangan atas salah satu tokoh seniornya.

    Baca Juga: Jadilah Pemudik Yang Cerdas, Keluarga Menunggu Dalam Keadaan Selamat

    Robikin Emhas, Ketua Bidang Hukum dan Konstitusi Pengurus Besar NU, menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Tolchah Hasan. “… semoga Allah SWT mengampuni segala salah-khilaf beliau dan menerima amal ibadah belaiu, serta keluarga yang ditinggal tabah.”

    “Kami di PBNU dan segenap warga NU,” tulis Robikin kepada VIVA, “sangat kehilangan atas wafatnya Mustasyar PBNU 2015-2020 ini.

    Dia juga menyerukan kepada warga NU se-Indonesia untuk menjalankan salat gaib bagi Tolchah dan mendoakan almarhum agar khusnul khatimah.

    Tolchah menjabat Menteri Agama dalam pemerintahan Presiden Gus Dur dan aktif sejak muda di NU. Pada Muktamar NU tahun 2015, Tolchah juga salah satu kiai yang masuk dalam Ahlul Hali wal Aqdi, semacam dewan/komite khusus di organisasi NU.

    Tolchah Hasan dilahirkan di Tuban, Jawa Timur, pada 1936. Ia disebut seorang tokoh yang multidimensi, ulama, tokoh pendidikan, pegiat organisasi yang tekun dan seorang tokoh yang aktif di pemerintahan. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Menteri Agama Era Gus Dur Wafat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar