Gandeng IZI Riau, 17 Orang Tak Mampu Dapat Bantuan dari Yayasan Cendikia

Daftar Isi

    Foto: Penyaluran bantuan pendidikan 

     


    Lancang Kuning, PEKANBARU - Ditengah ekonomi yang begitu sulit di saat ini banyak masyarakat ekonomi menengah kebawah semakin banyak menghadapi masalah di kehidupan mereka. Tidak sedikit dari mereka yang harus berhutang kepada keluarga dan tetangga untuk memenuhi kebutuhan hidup. 

    Belom lagi biaya pendidikan yang semakin mahal membuat para orang tua harus benar-benar memutar otaknya untuk memenuhi kebutuhan sekolah anaknya. Untuk itu peran lembaga zakat sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah masyarakat yang tergolong dhuafa.

    Yayasan Cendikia Riau bersama Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) perwakilan Riau telah menyalurkan bantuan kepada para dhuafa yang ada di Pekanbaru dalam program Layanan Mulia Mustahik (Lammus). 

    Program ini terdiri dari bantuan pendidikan, sosial dan kesehatan sesuai kebutuhan masyarakat yang bersangkutan. Penyaluran dilaksanakan mulai dari tanggal 24 Oktober – 03 November 2022 dengan penerima manfaat sebanyak 17 orang. 

    Adapun bantuan yang disalurkan kepada setiap penerima manfaat berbeda-beda jumlah uangnya sesuai kebutuhan mereka masing-masing. Total dana yang disalurkan kepada 17 orang penerima manfaat berjumlah Rp.30.682.800.

    Dari 17 orang penerima manfaat ada dua orang yang dibantu untuk biaya kuliah di luar negeri tepatnya di Mesir. Mereka terkendala biaya keberangkatan menuju ke Maroko sedangkan orang tua mereka dalam kondisi tidak mampu. 

    Tentunya salah satu asnaf penerima manfaat adalah fisabililah (orang yang berjuang di jalan Allah/ menuntut ilmu) seperti Ahmad Naufal Sayyid dan M.Faisal Maulana yang akan berangkat ke Mesir untuk menuntut ilmu. 

    “Terima kasih Yayasan Cendikia Riau dan IZI Riau, tidak ada yang bisa kami ucapkan lagi selain berterima kasih sebanyak-banyaknya, kami sudah tidak tahu harus mencari uang kemana, kami hampir menyerah dengan keadaan, semoga para donatur Yayasan Cendikia Riau dan IZI Riau dimudahkan segala urusannya dan dimurahkan rezekinya,” do’a  Naufal.

    Selain bantuan kuliah luar negeri, Yayasan Cendikia Riau bersama IZI Riau turut menyalurkan bantuan pendidikan untuk tujuh orang pelajar yang bersekolah di Pesantren Aufia Global Islamic Boarding School Riau yang terletak di perbatasan  Kecamatan Siak dan Pekanbaru.

    Mereka adalah para pelajar yang orang tuanya bermasalah dengan ekonomi dan kesulitan membayar biaya sekolah anaknya.

    “Alhamdulillah, Puji syukur kami tak terhingga, akhirnya anak-anak ini terbantukan melalui Yayasan Cendikia Riau bersama IZI Riau, semoga kedua lembaga ini terus berkembang dan terus menebar manfaat untuk para mustahik,” ujar salah satu guru pesantren.

    Untuk program kesehatan ada tiga orang penerima manfaat yang terkendala dengan biaya berobat serta biaya tunggakan BPJS yang harus segera dilunaskan agar anaknya bisa melanjutkan proses berobat di Rumah sakit.

    Kemudian Yayasan Cendikia Riau bersama IZI Riau turut menyalurkan bantuan paket sembako kepada empat penerima manfaat yang terkendala biaya hidup dengan harapan dapat meringankan biaya hidup mereka. (LK) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gandeng IZI Riau, 17 Orang Tak Mampu Dapat Bantuan dari Yayasan Cendikia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait