Jaga Ekosistem dan Pelestarian Hutan, Pertagas Tanam 1.200 Bibit Pohon

Daftar Isi

    Foto: Pertagas melakukan penanaman bibit pohon 
     

     

    Lancang Kuning, BENGKALIS - Salah satu upaya konservasi primata endemik serta menjaga ekosistem dan pelestarian hutan, PT Pertamina Gas (Pertagas) yang merupakan afiliasi Sub Holding Gas Pertamina melaksanakan kegiatan Restorasi Ekosistem dengan penanaman pohon di kawasan hutan Balai Raja Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis, Senin (10/07).

    Sebanyak 1.200 pohon dengan jenis Matoa, Cempedak dan Jengkol ditanam untuk mengembalikan fungsi hutan sekaligus sebagai upaya konservasi primata endemik Riau yakni Presbytis Formoralis Percurra atau yang lebih dikenal dengan nama 'cingkuak' bagi masyarakat Riau yang merupakan inisiasi program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertagas Operation Rokan Area (ORA).

    Dalam rangka memelihara dan melindungi serta mengembalikan fungsi hutan, Pertagas mempercayai LAZNAS Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Riau Sebagai Pelaksana Program CSR bekerjsama dengan Yayasan Satwa Rimba, Pemerintah Kabupaten Bengkalis. 

    Perwakilan LAZNas IZI Riau Ghofur dalam sambutannya menyampaikan Program penyelenggaraan Restorasi ekosistem ini yang dirancang Pertamina Gas dengan menggandeng IZI Riau dan Yayasan Rimba Satwa. "Program penanaman ini insy allah akan bermanfaat untuk anak cucu kita dikemudian hari. Kita juga berharap dengan penghijauan ini masyarakat dapat sadar dengan kondisi lingkungan saat ini," kata Ghofur.

    Tokoh masyarakat Balai Raja Rawensus Nainggolan mengucapkan terima kasih atas peran Pertagas menjaga keberadaan habitat endemik serta melindungi habitatnya yang saat ini sebagian besar sudah beralih fungsi menjadi perkebunan sawit serta pemukiman warga.

    Sementara, Manager Pertagas ORA yang diwakilkan oleh Dela Agung Septiadi dalam sambutannya menyampaikan sejalan dengan pengelolaan perusahaan dengan mengedepankan Environmental, Social, Governance (ESG) program penanaman pohon ini memberikan dampak keseimbangan ekosistem.

    "Cingkuak, Primata endemik yang hanya hidup di hutan Riau, salah satunya berada di Desa Balairaja dan keberadaannya hanya tinggal tiga koloni saja sehingga pelestarian hutan dan habitatnya perlu untuk dijaga," ucap Dela.

    Ditempat terpisah, Manager Communication Relations & CSR Pertagas Imam Rismanto menyampaikan Program penanaman pohon tidak hanya memberikan perlindungan kepada habitat yang ada di hutan, tetapi upaya Pertagas dalam mewujudkan net zero emission. Pertagas terus berkomitmen menjalankan bisnis operasi sejalan dengan pelestarian lingkungkan dan memberikan manfaat khususnya kepada warga diarea sekitar operasi.

    Kegiatan CSR Pertagas sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) dengan menopang pilar ke-5 yakni keberlanjutan ekosistem darat yang melindungi, merestorasi dan meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan eksosistem daratan, mengelola hutan secara lestari, menghentikan penggurunan, memulihkan degradasi lahan, serta menghentikan kehilangan keanekargaman hayati. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jaga Ekosistem dan Pelestarian Hutan, Pertagas Tanam 1.200 Bibit Pohon
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar