Manfaat Kunyit Untuk Kulit Wajah

Daftar Isi

    LancangKuning  -  Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman tanaman-tanamannya. Pada tulisan ini, kita akan membahas mengenai salah satu tanaman dari golongan rimpang yang memiliki beragam manfaat dan khasiat untuk kulit wajah. Tanaman tersebut adalah kunyit.

    Kunyit memiliki banyak kandungan zat kimia di dalamnya. Salah satunya kurkuminoid dan minyak atsiri. Kurkuminoid serta turunannya pada tanaman kunyit memiliki konsentrasi sebesar 3% sampai 5%. Kurkuminoid atau kurkuminlah memberikan warna kuning jingga pada tanaman ini. Kunyit sangat cocok digunakan untuk perawatan kulit wajah karena kunyit memiliki komponen bioaktif yang disebut Kurkuminoid . Kurkuminoid memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang baik untuk kulit.

    Pada kunyit juga terkandung minyak atsiri dengan persentase sebesar 2,5% sampai 6,0%.Manfaat minyak atsiri sendiri adalah untuk mengobati penyakit diare, meredakan batuk dan lain sebagainya.

    Beberapa manfaaat kunyit untuk kulit wajah:

    Memudarkan bekas jerawat

    Masker wajah berbahan dasar kunyit juga dapat membantu memudarkan bekas jerawat. Kunyit memiliki sifat anti inflamasi yang dapat memperbaiki struktur pori-pori wajah sehingga kulit wajah jadi kelihatan lebih sehat dan jaringan parut ikut berkurang.

    Jika rajin menggunakan kunyit dan di iringi dengan gaya hidup sehat, di Yakini dapat mengurangi terkena kanker kulit.

    Membuat kulit lebih cerah

    Pada kunyit terdapat komponen bioaktif Kurkuminoid yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksida dimana kedua kandungan tersebut dapat membantu mencerahakan kulit wajah jika di gunakan secara tepat dan teratur.

    Untuk mendapatkan hasil kulit wajah lebih cerah, kita bisa mencoba membuat masker kunyit dengan mencampurkan kunyit yang sudah halus dengan sedikit Greek yoghurt dan madu.

    Mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari

    Sinar UV adalah musuh terburuk kulit karena dapat menyebabkan kulit terbakar, kanker kulit, garis-garis halus, hiperpigmentasi dan kerutan.

    Dengan menggunakan senyawa antioksidan yang terdapat pada kunyit secara signifikan dapat mengurangi kerusakan akibat sinar UV dan memperlambat proses penuaan pada kulit, karena antioksidan dapat mencegah radikal bebas seperti polusi dan sinar UV yang mempengaruhi elastisitas kulit. Sehingga membuat kulit terasa lembut dan kenyal.

    Mengurangi tanda-tanda penuaan di wajah

    Penuaan dini merupakan masalah yang sangat tidak di inginkan oleh siapapun terutama perempuan. Dengan menggunakan masker berbahan dasar kunyit dapat di jadikan solusi, karena pada kunyit terdapat kandungan yang dapat memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan, termasuk mengurangi garis-garis halus dan kerutan.

    Penggunaan masker kunyit dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh manusia, dimana fungsinya untuk menjaga elastisitas kulit sehingga kulit kelihatan tetap kencang serta halus.

    Mengatasi hiperpigmentasi kulit

    Hiperpigmentasi merupakan suatu kondisi dimana munculnya bercak gelap pada kulit. Masalah ini sering dipicu karena tubuh memproduksi zat melanin dalam jumlah berlebihan. Salah satu cara menghilangkan hiperpigmentasi adalah dengan menggunakan masker dari bahan dasar kunyit. Ada sebuah penelitian yang menyatakan penggunaan masker kunyit ke kulit selama 4 minggu, dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi hingga 14%.

    Mengatasi jerawat

    Manfaat masker kunyit sangat berguna bagi yang memiliki masalah jerawat. Menggunakan masker kunyit yang kaya kandungan antioksidan yang dapat dipercaya bisa mengatasi masalah serius pada wajah seperti jerawat membandel. Selain itu, masker kunyit juga bisa membantu mengurangi minyak pada wajah yang merupakan penyebab dari timbulnya masalah.

    Mengatasi hirsutisme

    Hirsutisme merupakan kondisi di mana rambut wajah berlebihan, seperti munculnya janggut dan kumis tipis pada wanita. Hirsutisme disebabkan dari ketidakseimbangan hormon. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat menggunakan masker kunyit sebagai salah satu dari solusinya. Solusi lainya, dengan cara meminum air rebusan kunyit. Dimana zat yang ada pada air rebusan kunyit dapat membantu mengobati ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan hirsutisme.

    Menyamarkan kantong mata

    Memiliki kantong mata atau mata panda dapat mengganggu penampilan sehari-hari.

    Dengan Memanfaatkan khasiat masker kunyit bisa mengatasi masalah kantong mata. Kunyit terbukti sebagai antiinflamasi dan pencerah kulit. Pengaplikasian masker kunyit ke wajah mampu merangsang sirkulasi, yang dapat membantu mengurangi bengkak dan kehitaman di bawah mata yang disebabkan oleh sirkulasi yang buruk.

    Mengatasi kulit kering

    Menggunakan kunyit dapat membantu melembapkan dan merevitalisasi kulit sambil mengurangi gejala kulit kering. Menggunakan masker kunyit dapat mempercepat proses pembersihan sel-sel kulit mati, membuat kulit kelihatan lebih sehat dan lembut, serta melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

    (Salman)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Kunyit Untuk Kulit Wajah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar