Macam-macam Personal Hygiene

Daftar Isi

    LancangKuning Sebelum membahas macam-macam personal hygiene lebih baik kita pahami dulu apa itu pengertian dari personal hygiene. Secara umum pengertian personal hygiene adalah usaha masyarakat untuk mempelajari kondisi lingkungan sekitarnya terhadap kesehatan manusia dan upaya untuk mencegah timbulnya penyakit yang disebabkan pengaruh lingkungan sekitarnya serta menjaga lingkungan sekitar agar terjamin kebersihannya dan bebas dari penyakitnya.

    Syarat seseorang dikatakan memiliki personal hygiene yang baik ialah, ia dapat menjaga kebersihan tubuh yang meliputi kebersihan gigi, kulit, rambut, mata hidung, telinga, kuku, kaki dan kebersihan pakaian serta kerapian-nya.

    Macam-Macam Personal Hygiene:

    1. Merawat kulit menurut Laily. Karena kulit adalah lapisan yang terluar dari tubuh dan juga bertugas untuk melindungi jaringan yang ada di dalam tubuh dan organ tubuh terhadap luka serta mencegah masuknya berbagai mikroorganisme kedalam tubuh. Karena hal diatas membuat menjaga kesehatan dan perawatan kulit amatlah penting. Upaya menjaga dan merawat kesehatan kulit bertujuan untuk menjaga kulit tetap terawat dan bisa terjaga dan meminimalkan ancaman yang akan melewati kulit. Rumah sakit atau minimal perawat harus bisa mengedukasi tentang pentingnya menjaga dan membersihkan kulit. Perawatan kulit bisa dilakukan dengan beberapa langkah seperti: 
    •  ​Imobilisasi, melakukan pergantian posisi untuk menghindarkannya dari penekanan yang berlebihan.
    • Melakukan pemeriksaan saat mandi seperti mengecek bagian kulit yang nyeri.
    • Makan makanan seperti kalori dan protein serta hidrasi ade yang kuat dengan cukup.
    • Melembutkan sel epidermis sehingga dapat membuat kulit menjadi lebih lembab dan higienis.
    1.  ​Mandi berdasarkan pendapat Potter dan Perry. Mandi bisa dibilang sebagai perawatan secara keseluruhan. Keleluasaan mandi yang diperlukan bagi individu dan metode yang digunakan dalam mandi berdasarkan kemampuan fisik dari individu itu sendiri. Membersihkan alat kelamin juga sangat penting. Setelah semua hal membersihkan tubuh dilakukan, keringkan badan termasuk rongga-rongga yang ada di telinga serta celah yang ada pada jari untuk menghindari infeksi jamur.
    2. Merawat mulut berdasarkan pendapat Potter dan Perry. Merawat mulut dapat membantu status kesehatan mulut, gusi, gigi dan bibir. Gigi harus dibersihkan dari sisa-sisa makanan, plak dan bakteri. Penyakit yang muncul karena  tidak menjaga kesehatan mulut seperti, sariawan, radang gusi dll. Mulut yang bersih dapat menstimulasi nafsu makan. Sangat disarankan sehabis makan selalu kumur-kumur dan minimal gosok gigi dua kali dalam sehari.
    3. Merawat telinga, hidung dan mata. Umumnya tidak ada cara khusus untuk membersihkan mata, hidung atau telinga. Karena tubuh manusia sebenarnya sudah canggih dalam artian seperti, ketika ada debu yang masuk ke dalam mata akan dibersihkan oleh air mata, dan kelopak mata kita juga otomatis tertutup apabila terkena debu. Untuk telinga bisa dibersihkan dengan obat tetes agar membantu kotorannya keluar. Untuk hidung bisa dibersihkan dengan obat yang dijual secara umum atau dengan memasukan sedikit air kedalam hidung.
    4. Merawat rambut. Salah satu fungsi dari rambut adalah perlindungan dan juga pengaturan suhu. Kerontokan yang terjadi pada rambut sering terjadi pada lansia dengan jumlah rontok bisa mencapai seratus ribu helai. Pada wanita harus dilakukan perawatan yang baik dan haruslah teratur agar tidak terjadi kerontokan yang disebabkan kurangnya sanitasi atau jamur yang kita kenal dengan ketombe. Pada perempuan rambut rontok bisa mencapai 50-100 helai rambut dalam sehari. Usahakan cuci rambut minimal 2 sampai 4 kali dalam seminggu.
    5. Merawat kaki dan kuku. Karena kaki termasuk hal yang sensitif makanya kaki sering terkena infeksi, bau kaki dan cedera pada jaringannya. Kuku harus sering dibersihkan karena menjadi tempat berkumpulnya kuman dan bakteri. Perawatan yang dilakukan bisa dilakukan bersamaan dengan mandi atau terpisah. Pada lansi perawatan pada kuku harus lebih diperhatikan karena lebih sensitif, kuku yang mulai rapuh dan keropos juga diperlukan treatment khusus.
    6. Terakhir perawatan genitalia. Perawatan genitalia maksudnya perawatan secara keseluruhan. Rata-rata orang yang membutuhkan perawatan ini adalah orang yang paling rentan terinfeksi. Perawatan yang satu ini juga bisa dibantu oleh anggota keluarga. (Romi)

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Macam-macam Personal Hygiene
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar