Prospek Kerja Administrasi Perkantoran

Daftar Isi

    LancangKuning - Mendengar jurusan administrasi ini tentunya sudah agak familiar bagi kita dan jurusan ini memiliki jumlah peminat yang banyak dan banyak diincar oleh para calon mahasiswa dan prospek kerjanya juga cukup bagus.

    Ilmu administrasi ini merupakan salah satu cabang ilmu yang sudah banyak dibuka di berbagai Universitas, dan ilmu administrasi ini sangatlah dibutuhkan oleh seluruh perusahaan yang bergerak di bidang apapun.

    Administrasi perkantoran adalah kegiatan pengelolaan data beserta informasi yang bertujuan untuk mencapai keberhasilan tugas organisasi yang dilakukan secara teratur dan sistematik mengikuti kegiatan organisasi .

    Prospek kerja administrasi perkantoran sebagai berikut :

    • Resepsionis
      Bagi lulusan administrasi perkantoran adalah menjadi resepsionis, apabila kamu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik maka kamu bisa menjadi resepsionis hotel, perusahaan dan lain – lain. Bagi setiap perusahaan akan membutuhkan posisi resepsionis untuk dijadikan sebagai front office perusahaan mereka.
       
    • Sekretaris
      Kamu bisa menjadi seorang sekretaris, tugas utama seorang sekretaris adalah untuk memfilter atau memilih informasi yang berkaitan dengan bisnis perusahaan dan bagi pimpinan serta menjadi media perekam, penyimpanan, dan pengingat kegiatan atasan di perusahaan.
       
    • Staff Administrasi
      Menjadi staff administrasi ini memiliki tugas utama yaitu untuk melakukan berbagai pelayanan kantor atau perusahaan yang berkaitan dengan administrasi yang untuk mendukung kelancaran operasional perusahaan tersebut.
       
    • Guru SMK
      Seperti yang kita ketahui bahwa di SMK atau sekolah menengah kejuruan bisanya akan ada jurusan administrasi perkantoran. Salah satu jursan ini juga sudah banyak dibuka di tingkat SMK, sehingga banyak yang dibutuhkan guru SMK untuk jurusan ini yang memiliki kompetensi dalam bidang administrasi perkantoran. Dan apabila anda lulusan jurusan ini kemungkinan anda dapat menjadi seorang guru SMK.
       
    • Asisten Sekretaris
      Anda dapat menjadi asisten sekretaris. Tidak hanya menjadi sekretaris saja, kamu dapat menjadi asistennya, sebagai seorang asisten sekretaris kamu akan memiliki tugas yaitu untuk menerima berbagai panggilan telepon dan jadwal pertemuan pimpinan serta mengatur jadwal pertemuan, konferensi, sampai pemesanan perjalanan untuk para staff kantor atau perusahaan tersebut.
       
    • Staff Personalia
      Jabatan personalia ini berbeda dengan HRD. Staff personalia lebih banyak bertugas dan bertanggung jawab untuk hal- hal seperti database karyawan, payroll, atau pembayaran – pembayaran lainnya. Staff personalia juga bertugas untuk mengelola hal – hal lain seperti absensi karyawan, pinjaman karyawan, atau pencatatan cuti setahun setiap karyawan.
       
    • Event Organizer
      Sebagai lulusan administrasi perkantoran anda dapat menjadi seorang event organizer. Saat ini industri event sedang berkembang dengan pesat seiring dengan kebutuhan hiburan para masyarakat. Untuk membuat acara menjadi lancar maka seorang event organizer ini sangat diperlukan dalam hal – hal yang berkaitan. Pekerjaan ini bisa anda lakukan secara freelance sehingga anda tidak perlu lagi terikat kontrak dengan perusahaan.
       
    • Staff Operasional Pameran
      Menjadi staff operasional pameran dimana kamu akan bekerja untuk menjaga kelancaran acara atau pameran.
       
    • Personal Asisten
      Sebagai personal asisten, anda dapat bekerja pada orang – orang yang membutuhkan personal asisten untuk membantu pekerjaan atau kegiatannya. Dan sebagai personal asisten ini kamu anda akan mengikuti seluruh kegiatan orang tersebut dan membantunya dalam segala hal yang diperlukannya.
       
    • Seksi Hubungan Massa
      Pekerjaan ini akan membuat anda bekerja untuk menjembatani komunikasi antar perusahaan tempat anda bekerja dengan dunia luar.

    Adapun tujuan dari administrasi perkantoran sebagai berikut:

    • Memberikan seluruh keterangan dengan lengkap bagi pihak - pihak yang membutuhkan untuk pelaksanaan tugas organisasi secara efektif dan efesien.
    • Memberikan catatan dan laporan yang bermanfaat dan sesuai.
    • Membantu perusahaan dalam memelihara dan memenuhi kebutuhan perusahaan.
    • Memberikan pekerjaan tata usaha yang cermat dan memberikan pelayanan secara efektif kepada rekan kerja atau pelanggan.
    • Membuat catatan yang relevan, up to date, akurat, dan bisa dipertanggung jawabkan sehingga laporan tersebut dianggap lengkap.(Syaidah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Administrasi Perkantoran
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar