Harga Sawit Riau Turun untuk Sepekan Kedepan

Daftar Isi


    Foto: Ilustrasi pekerja sawit 

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit untuk sepekan ke depan mengalami penurunan dari harga minggu lalu. Hal tersebut berdasarkan hasil rapat penetapan harga yang dilakukan oleh Dinas Perkebunan Provinsi Riau. 

    Untuk periode satu minggu kedepan periode 2 - 8 Desember 2020, harga turun menjadi Rp 2.150,36/Kg dari harga sebelumnya minggu lalu Rp 2.181.87/kg.
     

    Baca Juga: APBD Murni 2021 Kepulauan Meranti Disahkan Rp 1,139 Triliun

    Penurunan harga sawit Riau menurut Defris Hatmaja selaku Kabid pengelolah dan pemasaran Disbun Riau, Selasa (1/12) disebabkan berbagai faktor internal dan eksternal. 

    " Faktor internal, penurunan harga TBS periode ini dengan persentase yang sedikit disebabkan oleh terjadinya penurunan harga jual CPO dan kenaikan harga kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data," ucapnya. 

    Baca Juga: Debat Pilkada Siak, Paslon 02 dan 03 Kompak Patahkan Statmen 01 Terkait Anak Putus Sekolah

    Sedangkan dari faktor eksternal, turunnya harga TBS minggu ini karena harga minyak sawit mentah (CPO) Malaysia terkoreksi pada perdagangan pagi awal pekan ini, Senin (30/11/2020) usai menguat 1,52 persen sepanjang minggu lalu. 

    Pada Harga CPO kontrak pengiriman Februari 2021 di Bursa Malaysia Derivatif Exchange mengalami koreksi sebesar 1,03 persen dibanding posisi penutupan minggu lalu ke RM 3.302/ton. 

    Baca Juga: Dua Pelaku Pengedar Diciduk Polres Inhu

    Harga sawit melemah karena malaysia saat ini tidak memiliki rencana untuk memperpanjang pembebasan pajak atas minyak sawit yang akan berakhir pada 31 Desember, mengutip Kementerian Industri Perkebunan dan Komoditas negara tersebut. (Dan/LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Harga Sawit Riau Turun untuk Sepekan Kedepan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar