Peranan Informasi Dan Riset SDM

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mengapa teknologi semakin penting bagi sebuah perusahaan? Karena Teknologi digunakan perusahaan untuk mempermudah pekerjaan para pegawai ataupun administrasi untuk mendata pada perusahaan. Produktivitas adalah efisiensi atau hasil dari kegiatan (pekerjaan). Peningkatan produktivitas terjadi ketika lebih banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan saat sumber yang sama.

    Perusahaan banyak menggunakan sistem informasi untuk meningkatkan produknya dan untuk promo atau iklan pada perusahaan tertentu. Sistem informasi komputer memungkinkan bekerja individu atau anggota staff menjadi lebih produktif karena mereka yang  mengatasi (melakukan transaksi dalam jumlah yang besar).

           Pada zaman yang sudah canggih ini Sistem Informasi sangat memiliki peran untuk perusahaan. Berikut ini adalah Pernyataan Menunjang manajemen dalam mengembalikan keputusan :

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Menunjang kegiatan bisnis operasional.
    • Dari berbagai bidang apapun, Sistem Informasi ini sangat menguntungkan dalam berbagai hal Pada pemesanan pelanggan dan lainnya. Dan saat ini Sistem Informasi bisa dikatakan dengan kritis atau bisa juga di sebut dengan sangat penting. Sistem Informasi ini dapat membantu manajer dalam bisnisnya. Sistem informasi akan mempermudah manajer untuk mengemukakan keputusan yang bermakna dan adil.

    Peranan Sistem Informasi di berbagai Bidang

    • Bidang Kesehatan

    Pada peranan Sistem Informasi pada bidang Kesehatan sangat menguntungkan. Karena akan memudahkan para administrasi untuk mengolah data Pasien atau orang yang pernah melakukan pemeriksaan atau berobat. Jika tidak ada Sistem informasi ini maka administrasi akan memasukkan data pasien dengan manual di setiap unit.

    Karena adanya Sistem Informasi ini Rekam medis memiliki keuntungan yang sangat besar yaitu bisa menyimpan informasi kesehatan, baik penyakit yang pernah diderita maupun kondisi kesehatan pasien.

    • Bidang Bisnis

    Pada peranan Sistem Informasi pada bidang Bisnis juga sangat menguntungkan. Karena akan memudahkan para karyawan ataupun yang memiliki bisnis untuk mempromosikan bisnisnya tersebut.

    • Bidang Pendidikan

    Pada peranan Sistem Informasi pada bidang Pendidikan ditujukan untuk memudahkan para guru,dosen untuk mengolah data dan informasi yang berkaitan dengan sekolah ataupun kampus yang meliputi penerimaan siswa atau mahasiswa baru.

    Riset Sdm

    Pada awalnya riset merupakan ruang lingkup dari tugas manajemen suatu perusahaan. Karena itu kegiatan riset tidak bisa lagi dikumpulkan secara detail oleh para manajer/departemen tertentu karena akan kehilangan objektivitas dan indenpendensi dalam pelaksanaan tugasnya. 

    Baca juga : Jenis Jenis Tanah Dan Ciri Cirinya

    Riset SDM ialah suatu proses formal yang di desain untuk mengukur biaya dan manfaat keseluruhan program Manajemen Sumber Daya Manusia tersebut dengan kinerja organisasi yang sudah pernah terlaksana, kinerja organisasi lain yang dapat dibandingkan efektivitasnya, dan tujuan organisasi, proses dimana formal untuk fungsi SDM dengan tujuan dan strategi implementasi, kebijakan dan prosedur SDM kinerja.

    Riset digunakan untuk memperoleh informasi yang pasti dan tidak opini. Informasi yang objektif dan konstan ini sangat diperlukan dalam rangka melakukan pengawasan dan pengendalian. Riset sumber daya manusia memiliki proses kegiatan yaitu perencanaan, pengumpulan, penganalisisan, dan tujuan pelaporan informasi yaitu untuk membenarkan keputusan yang fakta.

     Proses Perencanaan Sumber Daya Manusia

    Berikut ini adalah beberapa tahap yang terkait dengan perencanaan SDM antara lain :

    1. Tahap Peramalan Kebutuhan SDM di Masa Depan Perkiraan kebutuhan

    Kebutuhan SDM di masa depan ialah titik utama dalam menyusun perencanaan SDM. Organisasi dianjurkan atau diharuskan untuk membuat perkiraan atau prediksi yang akan dibutuhkan SDM nya dimasa yang akan datang.

    2. Perencanaan Program

    Rancangan Program meliputi 2 hal yaitu :

    • Manajemen Kinerja.

    Penilaian kinerja nya terdiri dari tujuan kinerja, bimbingan dan lain-lain.

    • Manajemen Karir.

    Sistem perusahaan yang teridiri dari analisis jabatan, seleksi dan penempatan, pendidikan serta pensiun.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Manfaat Riset Sumber Daya Manusia

    Melakukan riset SDM didalam suatu perusahaan pastinya akan memberikan berbagai manfaat yang sangat berguna seperti:

    1. Memastikan  organisasi beserta pekerja untuk mematuhi peraturan Undang-undang yang sudah diterbitkan oleh pemerintah serta ketentuan yang berlaku khusus bagi organisasi yang bersangkutan.
    2. Ikut dalam memikirkan dan berperan dalam meningkatkan efisiensi.
    3. Dapat dipastikan bahwa sistem informasi akurat dan dapat dipercayai, dan mudah digunakan oleh orang yang membutuhkan.(Qatrunadda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peranan Informasi Dan Riset SDM
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar