Tempat Wisata di Pekanbaru

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pekanbaru merupakan ibu kota Provinsi Riau dan bisa dikatakan Pekanbaru adalah kota terbesar yang ada di Riau. Penduduk atau penghuni kota Pekanbaru ini terbilang cukup padat, baik itu penduduk setempat atau hanya para wisatawan yang sekedar berkunjung.

    Padatnya Pekanbaru ini tentu saja tidak terlepas dari keunikan yang dimilikinya, baik itu makanan khas Pekanbaru, jajanannya atau oleh-oleh khas Pekanbaru hingga tempat wisatanya. Meskipun Pekanbaru terlihat dipadati dengan bangunan-bangunan tinggi alias gedung-gedung pencakar langit, Pekanbaru juga memiliki tempat wisata yang tidak kalah menariknya.

    Tempat wisata selalu menjadi pilihan bagi masyarakat atau keluarga untuk menghabiskan liburan mereka. Baik itu ketika libur panjang atau weekend. Pasalnya, ketika menghabiskan liburan di tempat wisata diharapkan bisa melepas penat setelah lelah bekerja atau hanya ingin sekedar mengabadikan bersama keluarga. Setiap daerah di Indonesia maupun dunia tentu saja memiliki tempat wisata yang indah dan berbeda, sehingganya ada orang yang memang mempunyai hobby traveling alias menjelajahi tempat wisata setiap daerah.

    Bagi sebagian orang terkadang merasa tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah namun tidak menikmati wisata yang ada di daerah tersebut, begitu juga dengan Pekanbaru. Banyak tempat wisata di Pekanbaru yang mungkin belum terlau banyak diketahui oleh para wisatawan. Pekanbaru memiliki destinasi yang unik, menarik serta asyik untuk dikunjungi, mulai dari wisata nuansa alam hingga budaya.

    Tempat Wisata di Pekanbaru

    Bagi kamu yang saat ingin mencari tempat wisata untuk menghabiskan liburan akhir pekan nanti, mungkin bisa menjadikan Kota Pekanbaru sebagai alternatif melepas penat dengan keluarga. Selain itu bagi kamu yang saat ini memang sedang berkunjung ke Pekanbaru namun tidak tahu mau menghabiskan waktu kemana, juga bisa mengunjungi keunikan wisata di Pekanbaru ini. Berikut beberapa tempat wisata di Pekanbaru :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Riau Fantasi

    Riau Fantasi adalah tempat wisata yang bisa dikatakan paling terkenal di Pekanbaru. Riau Fantasi ini menjadi tempat wisata paling disukai anak-anak dan keluarga untuk menghabiskan liburan mereka. Riau Fantasi menjadi tempat favorit karena wahana ini adalah yang paling besar dan lengkap di Sumatera.

    Nama lain dari Riau Fantasi ini adalah Labersa Water and Theme Park, dimana mempunyai beberapa jenis kolam dan papan seluncuran. Selain itu, ada ember raksasa yang bisa menampung 3.000 liter air yang akan siap menguyur kamu jika ember tersebut terasa penuh. Kolam yang ada pada Riau Fantasi ini  mulai dari kolam dewasa dengan dalamnya 1,5 meter hingga untuk anak-anak dengan kedalaman 30 cm yang dilengkapi dengan permainan pancuran air.

    Wahana lainnya yang bisa dinikmati disni adalah sky tower, kora-kora, speedy coaster, wave blaster dan family swinger. Selain itu juga ada komedi putar dan kereta wisata jika ingin permainan yang lebih santai.

    Selain fasilitas wahana yang tersedia lengkap, tentu saja fasilitas lainnya juga tidak kalah lengkap seperti adanya mushola, kafetari, toilet serta kamu juga bisa menikmati free WiFi.

    Rainbow Hills Rumbai

    Rainbow Hills Rumbai adalah Tempat Wisata yang tidak jauh dari pusat Kota Pekanbaru, dan tempat ini sedang hits. Nama “Rainbow” ini diambil dari warna unik bukitnya yang bila dilihat dari jauh terlihat seperti pelangi. Kontur dan warna tanah di bukit dapat berubah-rubah setiap waktunya. Namun, bagi traveler harus berhati-hati jika berkunjung ketika musim hujan karena kondisi tanahnya bisa longsor karena tidak stabil.

    Kebun Binatang Sang Kulim

    Kebun Binatang Sang Kulim ini juga adalah tempat wisata berikutnya di Pekanbaru yang juga sangat terkenal. Di kebun binatang ini banyak koleksi hewan yang bisa kamu lihat seperti landak, monyet, ular, burung dan banyak binatang lainnya. Meskipun ini kebun binatang, disini tidak hanya semata-mata hanya untuk melihat koleksi binatang. Kebun Binatang Sang Kulim juga menyediakan tempat bermain untuk anak-anak seperti ayunan, kolam pancing, seluncuran dan kolam renang anak.

    Bukit Kapur Air Hitam

    Bukit Kapur Air Hitam adalah salah satu tempat wisata yang ada di Pekanbaru berada di area air hitam. Bukit kapur ini cukup populer dikunjungi bahkan banyak dijadikan tempat untuk mengabadikan momen mereka. Ketika berfoto di Bukit Kapur ini serasa di luar negeri, karena bentuknya megah dan berwarna putih.

    Danau Buatan Lembah Sari

    Danau Buatan Lembah Sari merupakan objek wisata berikutnya yang tidak kalah menarik, dimana danau ini adalah danau buatan yang berjarak sekitar 10 km dari kota Pekanbaru yaitu di Desa Limbungan.

    Baca Juga : Ini Lokasi Wisata Baru Ngabuburit di Kabupaten Kampar

    Awalnya bendungan ini hanya irigasi yang digunakan oleh masyarakat sekitar untuk mengalirkan air ke sawah-sawah mereka. Namun, akhirnya bendungan ini menjadi tempat wisata di Pekanbaru. Tempat wisata sangat cocok untuk berpiknik, karena dikelilingi perbukitan, banyaknya perpohonan dan udaranya sejuk. Selain itu, disini kita juga bisa menyewa perahu dayung atau sepeda air untuk mengelilingi danau.

    Taman Rekreasi Alam Mayang

    Taman Rekreasi Alam Mayang ini adalah tempat wisata alam berikutnya yang ada di Pekanbaru. Tempat wisata satu ini bisa dikatakan tempat wisata yang ramai dikunjungi ketika akhir pekan. Alam Mayang sangat cocok untuk berekreasi dengan keluarga karena konsep dari tempat wisata ini dengan alam terbuka.

    Taman Rekreasi Alam Mayang ini juga cocok jika ingin bersantai karena udaranya sejuk dan dikelilingi oleh perbukitan. Bagi kamu yang memiliki hobby memancing, disini ada tiga buah kolam pancing yang bisa menyalurkan hobby memancing. Tidak hanya memancing, disini juga bisa menikmati outbound lainnya seperti flying fox, sepeda air dan bola air raksasa.

    Sedangkan untuk anak-anak juga tersedia permainan area mandi bola, taman bermain anak dan studio film 3D, topeng monyet serta badut.

    Wisata Edukasi Perpustakaan Soeman H.S

    Wisata Edukasi Perpustakaan Soeman H.S ini adalah tempat wisata di Pekanbaru untuk edukasi atau menambah ilmu pengetahuan. Perpustakaan ini menyediakan banyak ilmu pengetahuan dan jika berkunjung ke Pekanbaru wajib untuk mengunjungi tempat ini. Bangunan perpustakaan ini sangat unik karena bentuknya seperti papan alas untuk membaca al-quran.

    Pada perpustakaan ini sudah memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari kafe, mushola, kantin, auditorium dan ruang pertemuan. Selain itu, di Perpustakaan ini juga ada ruangan khusus literatur budaya melayu sehingga perpustakaan ini disebut sebagai pemilik koleksi literatur budaya melayu terlengkap di Indonesia.

    Jika tempat wisata biasanya diidentik dengan tempat bermain, maka perpustakaan ini juga cocok untuk bermain anak-anak sambil edukasi. Di perpustakaan ini disediakan area khusus untuk anak-anak belajar sambil bermain.

    Masjid Agung An-Nur

    Masjid Agung An-Nur bisa dikatakan adalah Taj Mahalnya Riau, sehingga jika kamu penasaran ingin melihat Taj Mahal dan belum bisa kesana kamu bisa datang ke Pekanbaru. Masjid Agung An Nur ini adalah masjid termegah yang ada di Pekanbaru dan disebut Taj Mahal karena dari depan masjid ini terlihat seperti Taj Mahal.

    Masjid Agung An Nur ini juga dikatakan ikonnya Pekanbaru, dan pada depan masjid ada kolam yang menambah kesan indah masjid ini. Masjid akan terlihat jauh lebih cantik dan indah ketika di malam hari karena cahaya lampu warna-warni yang memantul di kolamnya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Baun

    Banyak orang yang berkunjung ke Masjid ini tidak sekedar untuk beribadah namun juga menjadi tempat wisata. Terlebih saat bulan Ramadhan, masjid ini dijadikan tempat ngabuburit dan dipenuhi dengan para penjual makanan dan pakaian sembari menunggu waktu berbuka.

    Anjungan Seni Indrus Tintin

    Anjungan Seni Indrus Tintin adalah tempat wisata berupa bangunan yang menampakan ciri khas Melayu dan terlihat seperti istana. Bangunan ini menjadi tempat diadakannya acara seni Indonesia serta Festival Film. Bisa dikatakan Anjungan Seni Indrus Tintin adalah ikon seni yang ada di Pekanbaru.

    Awal mulanya bangunan ini didirikan oleh seorang seniman yang terkenal di Riau yaitu Idrus Tintin. Beliau seorang seniman yang memperoleh penghargaan seni paling bergengsi di Tanah Lancang Kuning yaitu Penghargaan Anugrah Sagang.

    Hutan Raya Sultan Syarif Kasim

    Hutan Raya Sultan Syarif Kasim merupakan tempat wisata yang ada di Pekanbaru yang memiliki udara segar dan sejuk sehingga cocok sekali untuk kamu yang menginginkan suasana hati yang tenang. Jika kamu berkunjung ke Pekanbaru tentu saja tidak boleh melewatkan untuk datang ke tempat ini.

    Hutan Raya Sultan Syarif Kasim ini bisa dikatakan oase paru-paru kota Pekanbaru. Hutan ini berada sekitar 23 km dari pusat kotanya Pekanbaru. Jika dilihat sekilas, jalan lurusnya terlihat sepi namun ketika kita masuk kedalam banyak sekali orang yang menikmati suasana tentram dan tenang sembari menghirup udara yang segar.

    Museum Sang Nila Utama

    Museum Sang Nila Utama merupakan tempat wisata yang menampilkan benda-benda kerajinan, seni dan peninggalan masa lalu. Pada museum ini banyak sekali benda-benda peninggalan berupa seni da budaya, seperti alat-alat musik dari berbagai daerah, pakaian adat, permainan rakyat serta benda-benda bersejarah lainnya yang ada di Provinsi Riau.

    Kawah Biru

    Kawah Biru adalah Wisata di Riau yang baru-baru ini hits dimana bermula ketika masyarakat sekitar mengupload foto-foto mereka di media sosial sehingga mengundang rasa penasaran dan menjadi viral. Berkat hal itu, masyarakat Riau tidak perlu jauh-jauh ke Ciwidey untuk melihat kawah biru, karena Riau juga memilikinya.

    Kawah ini terbentuk karena adanya genangan air di bekas lahan tambang yang terlihat sangat unik dan menarik dan cocok untuk mengabadikan momen disini. Meskipun begitu, kamu dilarang untuk bermain air apalagi menyemplung di dalam daunnya. Karena air bekas tambang bisa berbahaya dan merusak kulit, walaupun air terlihat bersih.

    Sungai Kampar

    Sungai Kampar adalah wisata di Riau yang tidak jauh dari Kota Pekanbaru dimana tempat ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobby berselancar. Kamu yang suka berselancar bisa menjadikan Sungai Kampar ini, dimana sungai ini memiliki ombak yang sangat deras dan tinggi sehingga banyak para surfer baik itu dari dalam dan luar merasa penasaran untuk menaklukannya.

    Rumah Lontik

    Rumah Lontik merupakan objek wisata berupa rumah adat. Rumah Lontik ini juga masih berada tidak jauh dari kota Pekanbaru yaitu di Dusun Pulau Belimbing II, Desa Kuok, Kecamatan. Kuok Kabupaten Kampar. Jadi, jika kamu berkunjung ke Pekanbaru tidak ada salahnya untuk mampir kr Kampar dan jangan sampai lewatkan untuk melihat rumah adat yang satu ini.

    Rumah Lontik sekilas memang terlihat mirip dengan rumah adat Minang Kabau karena bagian atapnya meruncing ke atas seperti rumah adat minang dan bagian bawahnya seperti rumah panggung.

    Tidak perlu merogoh kocek lebih dalam jika ingin berkunjung kesni karena kamu hanya cukup memberikan sumbangan seikhlasnya. Dimana sumbangan yang kamu berikan akan digunakan untuk perawatan rumah ada ini.

    Asia Farm

    Asia Farm adalah tempat wisata yang baru saja diresmikan ada di Pekanbaru. Bagi pengila game Hay Day ini bisa dikatakan kabar bahagia untuk mereka. Biasanya melihat peternakan hanya di permainan, kini bisa merasakannya langsung.

    Baca Juga : Ini 4 Wisata Kampar yang Wajib di Kunjungi

    Asia Farm ini objek wisata baru berkonsep pertanian bergaya Eropa. Setelah lelah bekerja, tentu saja sangat menyenangkan menikmati wisata yang berkonsep pertanian. Asia Farm ini bagi masyarakat Pekanbaru, bisa dikatakan oase di tengah gurun pasir. Jika biasanya Pekanbaru hanya dikenal dengan banyaknya cafe dan hang out ke mal, ini adalah hal yang baru bagi mereka. Karena memang Pekanbaru sedikit minim dengan objek wisata yang indah, apalagi yang bersifat outdoor.

    Hadirnya Asia Farm ini bisa menjadi wajah baru untuk masyarakat riau saat akhir pekan, mereka tidak perlu bingung lagi menghabiskan liburan bersama keluarga kemana sekaligus bisa sembari belajar alias edukasi. Wisata Asia Farm yang terletak di Jalan Badak ujung, Kecamatan Tenayan Raya.

    Meskipun tempat wisata ini terbilang baru, namun sudah sangat banyak dikunjungi dan cukup padat dengan pengunjung. Disini, kita akan diberikan atau disuguhkan dengan edukasi dalam bidang pertanian dan peternakan. Kita bisa langsung memberi hewan-hewan ternak yang ada makanan serta bisa menyentuh langsung hewan tersebut.

    Tidak hanya itu saja, di tempat wisata satu ini kita juga diajarkan bagaimana mengelola pertanian dengan cara yang benar dan baik. Selain menikmati edukasi seputar pertanian dan peternakan, kita juga bisa menikmati tour ala eropa, game seru berhadiah, bioskop mini, foto ala jepang, bertani, melihat hewan ternak dan lain sebagainya. Tentu saja kita diberikan kebebasan dalam mengabadikan momen tersebut. Suasana yang disuguhkan pun sangat indah dengan pemandangan yang menarik dengan perpaduan warna yang cerah.

    Bagi kamu pecinta jepang, disini juga tersedia penyewaan kimono. Jadi di Asia Farm ini, kamu tidak hanya bisa menikmati wisata ala hay day namun juga bisa menikmati hal lainnya.

    Wisata Belanja Pasar Bawah

    Wisata Belanja Pasar Bawah merupakan pusat oleh-oleh khas Riau yang ada di Pekanbaru. Setelah menikmati liburan di tempat wisata yang ada di Pekanbaru, tentu saja kamu ingin membeli sesuatu atau makanan sebagai oleh-oleh atau buah tangan untuk di bawa pulang.

    Wisata Belanja Pasar Bawah ini bisa dikatakan tempat wisata yang tidak bisa kamu lewatkan, karena pasar bawah ini adalah ikonnya Pekanbaru dan menjadi salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi ketika berada di Pekanbaru. Di Pasar bawah kamu akan bisa menemukan oleh-oleh khas Riau baik itu souvenir hingga makanan atau cemilan khas Pekanbaru. Tidak hanya itu saja, disini kamu juga bisa menemukan karpet dari Timur Tengah.

    Nah, itulah beberapa tempat wisata yang ada di Pekanbaru yang harus kamu kunjungi jika saat ini kamu sedang berada di Pekanbaru atau kamu ingin menghabiskan weekend namun tidak tahu harus kemana.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tempat Wisata di Pekanbaru
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar