Gubri: Kas Riau Masih Ada 14 Miliar

Daftar Isi

    Foto: Gubernur Riau

    LancangKuning.com, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyebut sisa kas Provinsi Riau saat ini kurang lebih 8 persen atau setara dengan 14 miliar, sedangkan progres Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di tahun 2019 mencapai 91,31 persen dan fisik (pekerjaan) 95.03 persen.

    "Dana kas Riau sekarang masih ada kurang lebih 8 persen," ungkapnya di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Senin (6/1/20).

    Baca Juga: Gubri Optimis 2020 Riau Bebas Kabut Asap

    Selain itu, lanjut Syamsuar, untuk Indikator Makro Daerah jika di lihat dari pertumbuhan ekonomi Riau saat ini Riau masih rendah. Seperti di tahun 2018 naik hanya sekitar 2,3 persen, sementara di tahun 2019 hanya naik 2,74 persen.

    Diungkapkannya juga, untuk tingkat kemiskinan Riau terdaftar sekitar 7,08 persen dari jumlah penduduk. Sedangkan jumlah penduduk Riau keseluruhan ada sekitar 7 juta jiwa.

    Baca Juga: Pria di Inhil Tewas Gantung Diri

    "Jadi penduduk miskin Riau sekarang masih ada sekitar 500 ribu yang tersebar di kabupaten/kota se-Provinsi Riau," terangnya.

    Ia menambahkan, untuk tingkat pengangguran terbuka di Riau sekitar 5,97 persen. Sedangkan indeks pembangunan manusia yang berhubungan dengan pendidikan dan kesehatan Riau mencapai sekitar 72,44 persen.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Untuk diketahui, indeks pembangunan manusia tertinggi di Riau ada di tiga daerah, diantaranya Pekanbaru, Dumai dan Kabupaten Siak. Dilihat dari 5 tahun sebelumnya, indeks tertinggi selalu terdapat di tiga daerah tersebut, sementara kabupaten/kota yang lain belum ada yang meningkat.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    "Maka dari itu, untuk kedepannya kita akan berusaha bagaimana caranya untuk dapat melakukan pemerataan pada pendidikan," pungkasnya. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gubri: Kas Riau Masih Ada 14 Miliar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar