PCNU Kota Pekanbaru Taja Apel Peringatan Hari Santri 2024 di MAN 4 Pekanbaru

Daftar Isi


    Foto: Peringatan Hari Santri Nasional di Pekanbaru. 



    Lancang Kuning, PEKANBARU -Dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional  Tahun 2024, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekanbaru bersama dengan MAN 4 Kota Pekanbaru, melaksanakan upacara peringatan hari santri di lapangan MAN 4 Kota Pekanbaru, Jalan Yos Sudarso KM 15 Muara Fajar - Rumbai, Selasa (22/20/2024). 

    Kegiatan upacara peringatan hari santri tersebut, selain diiikuti oleh segenap sivitas akademika MAN 4 Kota Pekanbaru dengan seragam putih - putih dan berkain sarung, yang merupakan pakaian khas Santri.

    Upacara  juga dihadiri oleh segenap pengurus PCNU Kota Pekanbaru, Rais dan Ketua 15 Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se-Kota Pekanbaru, serta badan otonom (Banom) NU di Kota Pekanbaru seperti GP Ansor, Ikatan sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), Pagar Nusa, Banser, Fatayat, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU).


    Selain itu, turut pula hadir seluruh Kepala Madrasah Negeri dan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) yang ada di Kota Pekanbaru. 

    Alumni Pendidikan Menengah Kepemimpinan Nahdlatul Ulama (PMKNU) Angkatan I Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Riau, Dr. H. Muliardi, M.Pd yang juga Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau didapuk menjadi Inspektur upacara, dengan Dr. H. Rahmat Suhadi, M.Pd Ketua PCNU Pekanbaru pula menjadi Pemimpin upacaranya. 

    Dalam amanatnya, Muliardi membacakan sambutan Menteri Agama Prof. Dr. KH. Nasaruddin  Umar, MA yang juga Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu.


     "Resolusi jihad tanggal 22 Oktober 1945 yang dimaklumatkan oleh Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari menggerakkan perlawanan terhadap penjajah dan mempertahankan kemerdekaan hingga pecah puncak perlawanannya pada 10 November 1945, yang kemudian kita peringati sebagai hari pahlawan," Muliardi. 

    Muliardi juga mengajak peserta upacara untuk menjadikan momentum peringatan hari santri pada tiap tahunnya sejak 2017 lalu, sebagai upaya mengingatkan kita semua tentang tugas para santri dan insan kementerian Agama untuk melanjutkan perjuangan sang Kiai, sebagaimana tema yang diusung Kementerian Agama dalam peringatan hari santri tahun 2024, yakni menyambung juang - merengkuh masa depan. 

    Kegiatan upacara diakhirkan dengan menyanyikan bersama Mars Hari Santri dan Ya Lal Wathon. 

    Rais Syuriah PCNU Kota Pekanbaru Drs. KH. Syahrul Mauludi MA yang juga Kepala Kantor Kemenag Kota Pekanbaru didampingi Agus Salim Tanjung, MA Kepala MAN 4 Kota Pekanbaru yang juga Sekretaris PCNU Kota Pekanbaru, sampaikan bahwa upacara peringatan hari santri 2024 ini.

    Selain sebagai untuk memperingati hari santri, juga momentum konsolidasi Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (KBNU) se-Kota Pekanbaru.

    Pada kesempatan tersebut juga ia sampaikan, bahwa pada minggu pertama Desember 2024 akan diselenggarakan kegiatan pengkaderan NU yang terbuka untuk umum, dengan prasyarat mendapatkan rekomendasi dari MWCNU atau badan otonom di lingkungan NU, berupa Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PD-PKPNU). (LK/Rls) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel PCNU Kota Pekanbaru Taja Apel Peringatan Hari Santri 2024 di MAN 4 Pekanbaru
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar