Keselamatan Kerja di Ruangan Laboratorium

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bagi sebagian besar manusia keselamatan merupakan hal yang mutlak jika dipikirkan setiap saat. Karena jika kita tidak memikirkan keselamatan akan berdampak dan membawa kesulitan pada diri sendiri. Terutama bagi kamu yang bercita-cita menjadi seorang ilmuwan. Berbicara mengenai ilmuwan pastinya tidak akan jauh-jauh dari yang namanya laboratorium. Laboratorium merupakan ruang kerja bagi seorang ilmuwan.

    Ruangan ini tidak bisa sembarang orang untuk memasukinya, hal inilah yang menjadi salah satu perbedaan ruangan laboratorium dengan ruang kerja lainnya. Biasanya terdapat peraturan pada setiap ruang kerja atau tempat kita melakukan aktivitas, begitu pula dengan ruang laboratorium.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Walaupun hanya didalam ruangan tetapi kita tidak boleh terlena, karena bisa saja ruangan yang satu ini menjadi tempat terjadinya kecelakaan bagi kita yang berada didalamnya. Untuk itu pastinya ada tata tertib atau aturan yang menjadi panutan dan harus dilaksanakan untuk menjaga keselamatan kita di dunia kerja. Pekerjaan yang dilaksanakan didalam ruanngan laboratorium haruslah dicermati segala bentuk bahaya yang dapat mengancam keselamatan kita, terutama pada ruangan laboratorium Kimia.

    Sesuatu hal yang memiliki keterkaitan dengan kimia pastinya sebagian besarnya mengandung ancaman bahaya, dikarenakan hal ini meliputi zat kimia yang bisa saja terjadi ledakan reaksi kimia atau terjadi panas pada peralatan yang sedang kamu gunakan. Jadi, tidak heran lagi kan mengapa para ilmuwan mengenakan peralatan yang menjamin keselamatannya saat melakukan pekerjaannya.

    Maka dari itulah disetiap ruangan laboratorium terdapat peralatan yang dapat dikenakan para ilmuwan yang bekerja didalamnya, hal ini disediakan untuk menjamin ketertiban dan kenyamanan dalam menjalankan segala bentuk tugasnya sebagai seorang peneliti. Berikut penjelasan mengenai peralatan yang dikenakan dan yang tidak dikenakan oleh seorang ilmuwan untuk melindungi dirinya dari kecelakaan saat melaksanakan pekerjaannya :

    Baca juga : Pengertian Bioteknologi dan Manfaatnya

    Peralatan yang dikenakan sebagai pelindung diri

    • Laboratorium Coat (Jas Labor)

    Jas yang satu ini sangat membantu untuk mencegah percikan bahan-bahan kimia yang berbahaya agar tidak dapat menyentuh tubuh. Biasanya jas ini bisa dibagi menjadi dua (2), dimana terdapat jas yang hanya dapat dikenakan pada sekali pemakaian, dan terdapat pula jas yang dapat dikenakan berkali-kali. Selain itu jas labor bisa saja berupa Flame-resistant lab coat, dimana jenis jas ini memiliki lapisan material dan teruji tahan terhadap api atau sesuatu yang dapat menimbulkan panas. Juga dapat pula berupa 100% cotton lab coat, dimana jenis jas yang satu ini didesain untuk dikenakan pada ruangan laboratorium pada umumnya, misalnya saja laboratorium pendidikan. Dan yang ketiga dapat berupa Synthetic / cotton blends, dimana jas labor yang satu ini dibentuk dengan 100% campuran polyester atau cotton, jas ini juga dikenakan untuk ruang laboratorium pendidikan (umum).

    • Perlindungan Mata

    Kita dapat mengenakan kacamata untuk melindungi mata kita terhadap percikan zat kimia yang berbahaya. Namun, yang kamukenakan bukan sembarangan kacamata ya. Terdapat dua (2) jenis kacamata yang dapat kamu kenakan saat melaksanakan pekerjaan di dalam ruangan laboratorium yakni Clear safety glasses, dimana kacamata ini didesain sedemikian rupa untuk menghindari percikan dari larutan kimia atau debu yang dapatmenyentuh mata. Dan yang kedua adalah Clear safety goggles, untuk kacamata yang jenis ini dapat kamu kenakan untuk menghindari reaksi kimia yang sangat berbahaya.

    Baca juga : Class Built In Dalam Java

    • Pelindung Kaki

    Saat berada di dalam ruangan laboratorium kamu tidak bisa mengenakan alas kaki yang sembarangan, dikarenakan jika kamu tidak menggunakan sepatu khusus laboratorium ada zat kimia yang tumpah dan mengenai alas kaki kamu, maka akan menimbulkan efek yang sangat berbahaya bagi kulit kaki.

    • Perlindungan Muka

    Tidak hanya mata, tetapi muka juga harus tetap dilindungi dari berbagai hal yang dapat merusak kulit wajah.

    • Masker

    Maksud dari masker ini bukan masker yang terlihat pada umumnya ya. Yang dikenakan haruslah masker gas, agar dapat memberikan perlindungan jika terjadi pembentukan gas berbahaya oleh reaksi kimia yang dilakukan.

    • Pelindung Tangan

    Kenakanlah pelindung tangan atau bisa juga kaos tangan untuk menghindari efek berbahaya yang disebabkan oleh cairan atau zat kimia yang dapat membahayakan tangan.

    • Ear Protection (Perlindungan pada telinga)

    Nah, ini merupakan perlindungan yang terakhir, dimana hal ini sangat diperlukan untuk berjaga-jaga jika nantinya ada alat dari ruangan laboratorium yang mengeluarkan suara yang begitu ribut (bising).(Hamdani)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Keselamatan Kerja di Ruangan Laboratorium
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait