Class Built In Dalam Java

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Class adalah sebuah blueprint yang bisa dipakai dalam membuat suatu instant sebuah object. Class ini juga merupakan anggota grup dari suatu object yang memiliki kemiripan attributes, behavior (method), dan relasi dengan object lain dengan class yang sama. Java merupakan bahasa pemrograman yang menggunakan suatu paradigma pemrograman yang berorientasi kepada objek.

    Dengan menggunakan class, memudahkan kita untuk bisa membuat dan mengelompokkan fungsi-fungsi kedalam grup dengan karakteristik yang sama. Java tentunya telah menyediakan class-class built in untuk memudahkan kita dalam membuat program dengan menggunakan bahasa java.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Maksud dari Class built in yakni sekumpulan class-class yang telah disediakan langsung oleh java, sehingga ketika kita ingin menggunakan fungsi-fungsi yang telah ada pada kelas tersebut maka tidak memerlukan pembuatan kelas tersebut lagi (disebut user-defined class).

    Mengakses Built In Class

    Java memiliki fitur package dimana kita dapat mengelompokkan class-class yang memiliki fungsi-fungsi yang saling berkaitan. Class-class built in pada java tentunya telah dikelompokkan dalam package-package tertentu. Untuk bisa mengakses class-class dalam package tersebut kita perlu mengimpor package tersebut kedalam source code yang akan kita buat. Untuk mengimpor package pada java, kita menggunakan syntax import. Contoh:

    Import java.util.Scanner;

    Contoh diatas merupakan cara melakukan impor class Scanner. Tetapi, tidak semua class built in pada java perlu diimpor terlebih dahulu jika ingin digunakan. Java telah menyediakan package yang secara default akan diimpor secara default oleh java yaitu package java.lang.

    Membuat Instance Class Built In Java

    Setelah melakukan impor package, kita tidak bisa langsung menggunakan class built in dalam package tersebut, kecuali class tersebut memiliki properties dan method (fungsi) statis. Untuk memanfaatkan class-class tersebut kita perlu membuat instance dari class tersebut terlebih dahulu. Instance dapat diartikan sebagai wujud dari class. Berikut adalah contoh pembuatan instance sebuah class:

    Scanner input = new Scanner(System.in);

    Baca juga : Milenial Anggap Ucapan “Terima Kasih” Ketinggalan Zaman

    Contoh diatas merupakan cara membuat sebuah instance yang berupa class Scanner. Untuk membuat suatu instance, terlebih dahulu kita perlu membuat nama class yang akan dijadikan instance lalu diikuti oleh nama instancenya. Keyword new digunakan untuk membuat objek dari class. Lalu diikuti dengan nama class yang akan di instansiasi. System.in dalam kurung merupakan parameter yang akan diberikan pada method constructor dalam class yang diinstansiasi. Constructor pada setiap class tentunya berbeda-beda.

    Contoh Built In Class

    Java tentunya telah menyediakan banyak sekali built in class yang dapat kita gunakan. Berikut adalah beberapa contoh dari built in class tersebut yang banyak digunakan:

    1. java.lang.String

    Class String menggambarkan suatu kumpulan karakter atau bisa saja dikatakan sebagai teks. String memiliki nilai yang konstan, nilai dari class String tidak bisa diubah setelah diberikan. Class String memiliki method-method yang memiliki fungsi untuk memeriksa suatu karakter dari sebuah urutan, membandingkan teks, mencari teks, mengekstrak substring, dan membuat sebuah salinan string dengan hasil berupa karakter yang memiliki huruf kapital semua atau huruf kecil semua.

    Baca juga : Kehidupan Ekonomi Pada Masa Perundagian

            2. java.lang.System

    Class System memiliki beberapa fungsi yang sangat berguna. Class ini tidak bisa diinstansiasi dan terdiri dari fungsi–fungsi static. Fasilitas-fasilitas yang disediakan pada class System antara lain adalah masukan standar, keluaran standar, keluaran error standar, akses ke properti dan environment variable yang dideklasari secara eksternal, pemuatan file dan library, dan fungsi untuk menyalin array dengan mudah.

            3. java.lang.Exception

    Class Exception dan semua child class nya merupakan turunan dari class Throwable. Semua kondisi yang terdeteksi tidak normal akan ditangani oleh class Exception.

           4. java.util.ArrayList

    Class ini merupakan implementasi dari data struktur array. Class ini menggunakan interface List dan merupakan sebuah framework koleksi java yang paling populer.

           5. java.lang.Thread

    Thread merupakan sebuah urutan eksekusi, dimana beberapa thread dapat dibuat dan saling berbagi resource. Kita bisa menggunakan class Thread ini untuk membuat thread kita sendiri. Penggunaan class ini bergantung pada aplikasi yang kamu bangun.(Athallah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Class Built In Dalam Java
    Sangat Suka

    8%

    Suka

    50%

    Terinspirasi

    16%

    Tidak Peduli

    25%

    Marah

    0%

    Komentar