Kehidupan Ekonomi Pada Masa Perundagian

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pada zaman perundagian manusia diperkirakan sudah dapat mengenal yang namanya pengolahan logam. Logam- logam tersebut didapatkan melalui kebudayaan. Munculnya penggunaan logam- logam tersebut pasti akan ada hilangnya penggunaan barang yang terbuat dari batu. Namun pada saat itu penggunaan logam tidak terlalu tersebar begitu luas seperti halnya bahan yang terbuat dari batu.

    Di zaman itu persediaan logam sangat terbatas dan hanyalah orang- orang tertentu yang dapat memiliki logam tersebut. Selain itu, pada zaman perundagian perkembangan penduduk yang ada diperkampungan sudah mulai banyak. Dengan bersatunya kampung dan desa- desa membuat orang- orang tersebut melakukan perdagangan terutama di bidang pertanian.

    Dengan cara seperti ini, maka jumlah penduduk akan semakin bertambah banyak. Tetapi, perpindahan penduduk pada zaman ini lebih banyak dari pada yang melakukan cocok tanam. Mereka melakukan pembauran antara populasi lokal dan populasi yang lainnya sehingga peradaban yang mereka miliki semakin berkurang. Walaupun daerah mereka berjauhan, kepadatan penduduk pada zaman itu makin bertambah dan meningkat jumlahnya sedikit demi sedikit dengan jarak antara 20 kilometer kubik.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Di zaman perundagian terdapat beberapa Kebudayaan perunggu yang masuk ke indonesia. Tetapi, hanyalah kebudayaan perunggu pada bagian terakhir saja, yang lainnya tidak masuk. Buktinya saja di indonesia terdapat kapak yang berbentuk perunggu dengan kapak sepatunya saja. Inilah ciri- ciri zaman perundagian :

    Di bidang sosial ekonomi

    Ciri- ciri yang pertama yaitu pada bidang sosial karena pada zaman perundagian manusia sudah mengenal yang namanya logam sebagai alat untuk membantu kehidupan. Maka dari itulah kehidupan akan semakin pesat dan mengalami perkembangan dibandingkan dengan zaman yang sebelumnya.

    • Pada zaman ini sudah dapat mengenal sistem pembagian kerja.
    • Rumah yang dihuni tidak semuanya sederhana, banhkan ada juga yang bertingkat
    • Kegiatan ekonomi sudah maju dan berkembang. Dimulai dari bidang perikanan, pertanian, kerajinan tangan dan lainnya. Dari sinilah mereka memulai kegiatan jual beli atau berdagang.
    • Tatanan penduduk lebih tertata rapi, tertib dan terpimpin.
    • Sistem pada masyarakat ini sudah teratur pada masa ini. Disinilah awal mula aturan tata tertib dan norma dimulai
    • Masyarakat pada masa ini memiliki ketertarikan berburu dan mengandalkan makanan dari alam. Setelah alamnya berkurang, mereka akhirnya memilih untuk bercocok tanam dan membuat sawah.
    • Di zaman ini sudah dapat ditemukan alat sawah seperti pisau dan bajak sawah.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Nusantara Manado

    Di bidang kebudayaan

    Ciri- ciri yang selanjutnya yaitu pada bidang kebudayaan. Pada masa ini masyarakat sudah mengenal kehidupan yang semakin berkembang dan berdampak pada kebudayaannya.

    • Masyarakat pada masa ini sudah mengenal baik yang namanya seni dan upacara yang menandakan mereka sudah memasuki peradaban yang maju.
    • Terdapat perunggu yang menandakan bahwa pada masa ini mereka sudah bisa dan mengenal bagaimana cara mengolah bahan- bahan logam.
    • Selain perunggu, masyarakat ini juga telah membuat gerabah yang menandakan di zaman mereka sudah semakin maju.
    • Berkembangnya alat- alat yang terbuat dari bahan logam dan mempengaruhi kehidupan sehari- hari.

    Di bidang teknologi

    Dikarenakan masyarakat pada zaman ini telah mengenal yang namanya logam, tidak heran jika mereka sudah memiliki teknologi yang semakin baik dan maju. Mereka menggunakan teknologi untuk mebantu kehidupan sehari- hari mereka.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    • Teknologi yang paling pertama muncul yaitu teknologi pada bidang pertanian untuk menyuburkan tanah dan lahan sawah.
    • Dibuatnya alat untuk berburu yang terbuat dari bahan logam dan hewan
    • Teknologi pengecoran logam yang digunakan untuk pencetakan bahan logam sesuai dngan bentuknya
    • Pada zaman ini, kesejahteraan masyarakat meningkat karena penggunaan teknologi yang terbuat dari logam ini.    
    • Dan akhirnya timbul sistem ekonomi yang ada dikalangan masyarakat.

    Nah, itulah kehidupan ekonomi masyarakat indonesia pada zaman perundagian. Kehidupan ekonomi pada masa ini kemampuan manusia semakin maju terutama dibidang pertanian, peternakan, kerajinan tangan dan membuat logam. Sekian, semoga bermanfaat.(Fadil)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kehidupan Ekonomi Pada Masa Perundagian
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    50%

    Terinspirasi

    50%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar