Pengertian Bioteknologi dan Manfaatnya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bioteknologi tersusun dari dua (2) kata, bio yang mempunyai makna mahluk hidup, dan juga kata teknologi. Bioteknologi merupakan satu dari banyaknya bagian dari Science yang wajib dipelajari, dimana disini mempelajari tata cara pemanfaatan makhluk hidup atau mikroorganisme seperti jamur (fungi), bakteri, virus, dan jenis mikroorganisme lainnya.

    Sekarang, bioteknologi merupakan sebuah ilmu terapan, dikarenakan salah satu cabang atau bagian ilmu science ini tidak hanya berupa cabang ilmu biologi saja, melainkan sebuah penggabungan dari bagian-bagian ilmu-ilmu yang lain juga loh, seperti ilmu biokimia, biologi molekuler, komputer, dan lain-lain.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Berkembangnya ilmu pengetahuan dapat memungkinkan kita agar mendapatkan pencapaian yang kita harapkan dan pastinya dengan pencapaian yang maksimal.

    Macam-Macam Bioteknologi

    Bioteknologi terbagi atas beberapa pembagian jika didasarkan dari jenis pembagian ilmunya. Pembagian ini biasanya dilakukan dengan jenis warna, yang dapat berupa seperti berikut ini :

    • Bioteknologi merah

    Dimana bioteknologi jenis ini merupakan bagian dari bioteknologi yang memiliki pendekatan pada bidang medis. Contoh pemanfaatan mikroorganisme di bidang ini adalah dengan memanfaatkan bakteri sebagai vaksin, pemanfaatan sel induk sebagai pengobatan regeneratif, dan melakukan terapi gen untuk pengobatan penyakit genetik yang dapat dilakukan dengan melakukan penyelipan atau bisa juga mengganti gen tidak normal menggunakan gen normal.

    • Bioteknologi putih atau abu-abu

    Bioteknologi ini merupakan cabang yang berguna pada bidang industri seperti pembuatan suatu senyawa, dan pengembangan energi. Pemanfaatan makhluk hidup pada bidang industri lebih menekan ke manipulasi mikroorganisme seperti bakteri dan virus sehingga dapat menghasilkan enzim serta senyawa yang pastinya akan sangat berguna dalam proses produksi dan juga pengolahan limbah industri.

    Baca juga : Class Built In Dalam Java

    • Bioteknologi hijau

    Jenis cabang ilmu science yang ketiga ini pastinya akan sangat membantu dalam bidang peternakan dan juga dalam bidang pertanian. Pada bidang pertanian, biteknologi berguna dalam menghasilkan tanaman dengan ketahanan terhadap hama, bahan pangan yang mengandung tingkat gizi yang lebih tinggi, serta pemanfaatan tanaman untuk obat-obatan. Sedangkan dalam bidang peternakan, pemanfaatan bioteknologi mampu membuat hewan-hewan seperti kambing, sapi, domba, dan ayam menjadi bioreaktor yang dapat menghasilkan antibodi protein yang berguna untuk memperkuat sel tubuh agar dapat mencegah zat asing.

    • Bioteknologi biru

    Merupakan cabang yang memiliki manfaat pada bidang akuatik. Contohnya seperti akuakultura, yaitu pengembangan ikan bersirip serta jenis-jenis kerang yang bisa dikontrol yang dapat berguna untuk sumber makanan. Bioteknologi biru juga dapat digunakan dalam rekayasa genetika untuk membuat tiram tahan penyakit serta vaksin yang bermanfaat dalam melawan virus pada ikan salmon.

    Bioteknologi dapat juga dibagi berdasarkan waktunya menjadi bioteknologi konvensional serta bioteknologi modern.

    1. Bioteknologi konvesional
    ​Merupakan bioteknologi dengan menggunakan cara–cara tradisional. Ciri-cirinya adalah :

    • Masih menggunakan alat-alat yang sederhana
    • Sudah dikenal sejak awal peradaban manusia
    • Hasil pemanfaatan digunakan secara langsung
    • Masih terbatas
    • Contoh pemanfaatan bioteknologi jenis ini seperti pembuatan bahan makanan yang sudah tidak asing lagi seperti roti, tuak, tempe, tape, penisilin, dan jenis lainnya.

    2. Bioteknologi modern

    Merupakan pemanfaatan makhluk hidup yang berguna dalam menghasilkan barang teknologi canggih seperti ilmu biologi molekuler dan sel. Rekayasa genetika serta rekayasa biokimia adalah contoh penggunaan ilmu biologi molekuler. Rekayasa genetika merupakan teknik dalam pengambilan suatu gen yang memiliki keunggulan lalu ditanamkan kepada organisme lain untuk menghasilkan organisme dengan keunggulan genetik.

    Baca juga : Milenial Anggap Ucapan “Terima Kasih” Ketinggalan Zaman

    Untuk rekayasa biokimia sendiri merupakan cara pemanfaatan tangki reaktor dalam pertumbuhan mikroorganisme yang berguna untuk proses biologis tertentu agar tidak terjadi suatu kontaminasi oleh jenis mikroorganisme lainnya. Ciri-ciri dari bioteknologi jenis ini adalah:

    • Alat-alat yang modern
    • Pemanfaatan mikroorganisme menggunakan teknologi modern
    • Sudah berkembang sejak penemuan DNA
    • Pemanfaatan mikroorganisme tidak terbatas
    • Contoh produk yang dihasilkan dari bioteknologi modern adalah antibodi monoklonal, bayi tabung, hormon insulin, vaksin, serta melakukan pelestarian hewan dan tanaman langka.

    Manfaat Bioteknologi

    Ada banyak manfaat yang dihasilkan dalam pemanfaatan makhluk hidup ini yang berguna dalam menghasilkan barang dan jasa yang dapat digunakan oleh manusia. Manfaat tersebut meliputi :

    • Mengurangi dan mencegah pencemaran lingkungan
    • Pengembangan antibiotik yang berguna dalam pengobatan penyakit-penyakit dari bakteri
    • Dapat menghasilkan obat-obatan yang efektif dengan harga lebih murah
    • Peningkatan hasil-hasil produksi dengan meminimalkan resiko-resiko yang sebelumnya dapat terjadi tanpa bioteknologi.(Athallah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Bioteknologi dan Manfaatnya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait