Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Akuntansi Denpasar

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kuliah merupakan suatu tahapan pada pendidikan seseorang. Memilih universitas dan jurusan sesuai dengan apa yang kita inginkan adalah suatu keputusan yang harus dipikirkan secara baik – baik. Apakah kamu memiliki bakat atau minat dalam bidang akuntansi? Kalau iya kami akan merekomendasikan suatu kampus yang berfokus pada bidang akuntansi, yaitu Akademi akuntansi Denpasar.

    Universitas ini berada di wilayah kopertis 08, dan telah berdiri sejak tanggal 20 Juli 1987. Pada universitas ini terdapat prodi akuntansi untuk jenjang D3 dengan akreditasi C.

    Akuntansi adalah ilmu yang mempelajari seni mencatat, menganalisis, dan melaporkan suatu transaksi keuangan. Prodi ini menjadi salah satu prodi yang sangat diminati kerana sekarang ini banyak sekali perusahaan yang selalu membutuhkan seorang akuntan.

    Baca juga : Akreditasi Jurusan Kampus Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Cilacap

    Akuntan adalah seorang yang bertugas dalam menyusun bagian administrasi di dalam suatu instansi perusahaan atau pemerintahan. Seorang akuntan akan bertanggung jawab dalam mengontrol kas suatu perusahaan, mengumpulkan serta melakukan analisis pada data keuangan serta membuat laporan, mengelola pajak perusahaan, mengkoordinasikan susunan anggaran suatu perusahaan.

    Prodi akuntansi dapat dibagi menjadi banyak bidang, diantaranya adalah berikut ini:

    1.  Akuntansi Keuangan

    Akuntansi Keuangan adalah Bidang akuntansi yang memiliki kegiatan dalam membuat catatan pada hal finansial yang berkaitan dengan akuntansi atau dikhususkan untuk mengolah catatan ekonomi yang mencakup kegiatan dalam mencatat transaksi keuangan hingga penyajian laporan keuangan pada suatu perusahaan.

    Akuntansi keuangan memiliki hubungan dalam kegiatan pelaporan suatu keuangan kepada pihak – pihak di luar perusahaan yang membutuhkan informasi keuangan.

    Dapat ditarik kesimpulan bahwa akuntansi keuangan memiliki tujuan utama yaitu untuk menyajikan data transaksi keuangan pada perusahaan serta membuat suatu laporan keuangan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    2.  Akuntansi Pemeriksaan

    Akuntansi pemeriksaan atau bisa disebut juga audit adalah bidang akuntansi yang bertugas dalam kegiatan pemeriksaan hasil catatan dan laporan. Bidang akuntansi ini adalah bidang yang memiliki hubungan langsung dengan bagian audit yang berguna untuk mengumpulkan informasi akuntansi yang akan di sajikan nanti sehingga informasi yang telah dikumpulkan tersebut valid, sesuai dengan kebijakan yang ada, serta mematuhi prosedur.

    Kegiatan pada bagian auditing adalah melakukan pemeriksaan pada setiap pencatatan transaksi yang telah terjadi serta memastikan bahwa pencatatan tersebut sudah sesuai dengan data yang ada dan juga mematuhi peraturan – peraturan yang ada pada bidang akuntansi yang berlaku.

    3.  Akuntansi Manajemen

    Akuntansi Manajemen merupakan salah satu bidang akuntansi yang bertujuan dalam memberikan suatu informasi yang berkaitan dengan kegiatan manajemen suatu perusahaan.

    Kegunaan dari akuntansi manajemen yaitu untuk mengelola dan mengatur suatu kegiatan dari perusahaan, memonitori arus kas dari perusahaan, dan juga berguna dalam pengambilan keputusan.

    4.  Akuntansi Perpajakan

    Akuntansi perpajakan bertugas dalam melakukan persiapan data yang nantinya akan dipergunakan dalam menghitung pajak perusahaan, bidang akuntansi ini menekankan masalah pajak yang wajib di bayar oleh perusahaan atau yang akan di bayar oleh seorang individu kepada pemerintah.

    Akuntansi pajak bertujuan agar suatu perusahaan dapat membayar pajak sesuai dengan peraturan – peraturan yang berlaku, serta menyajikan laporan hubungan transaksi – transaksi dengan tarif pajak sesuai dengan yang telah ditetapkan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    5.  Akuntansi Pemerintahan

    Bidang akuntansi bertujuan dalam melakukan penyajian suatu laporan keuangan serta memberikan pengawasan keuangan pemerintah atau keuangan negara suatu negara atau keuangan pemerintah sebaik mungkin. Bidang ini khusus untuk melakukan pencatatan dan membuat laporan suatu transaksi yang terjadi di badan pemerintahan / negara (Athallah).

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Akuntansi Denpasar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar