Akreditasi Jurusan Kampus Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Cilacap

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pendidikan akhlak, adab, ketakwaan, ibadah, fiqih, dan sebagainya merupakan hal penting yang harus didapatkan oleh setiap umat islam, dan apabila pendidikan tersebut tidak didapatkan, maka akan terombang ambing oleh fananya dunia ini.

    Jadi, kita semua wajib mempelajari, memahami, dan mengamalkan ilmu-ilmu islam yang telah kita dapatkan dan sudah seharusnya kita ikut membimbing umat manusia dengan cara berdakwah dan memberikan seluruh ilmu yang sudah kita dapatkan. Untuk mendapatkan ilmu tersebut kita bisa dapatkan dari orang orang yang sudah paham dan ahli agama, layaknya seperti seorang ustadz atau seorang syekh, ataupun seorang mentor yang ahli dalam agama dan selalu mengamalkan apa yang sudah ia pelajari.

    Jadi, jika kalian ingat menjadi seorang pendakwah atau ahli agama, kalian perlu mempelajari pendidikan agama di jenjang yang lebih tinggi, salah satu contohnya kalian bisa belajar di Institut Agama Islam Imam Ghozali Cilacap. Apa itu IAIIG Cilacap? Yuk, kita bahas!

    Baca juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer Pat

    Kemunculan Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Cilacap tidak dapat dipisah dari keberadaan YA BAKII atau Yayasan Badan Amal Kesejahteraan Ittihadul Islamiyah, hal ini dikarenakan Perguruan tinggi ini ada dibawah naungan dari Yayasan tersebut, dan memiliki tujuan untuk membantu mencerdaskan kehidupan bangsa yang sudah dilaksanakan oleh Ya BAKII sejak yayasan ini didirikan, yaitu pada tahun 1971. IAIIG Cilacap ini beralamatkan di Jalan Kemerdekaan Barat No. 15 Kesugihan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. IAIIG ini memiliki sejumlah program studi, apa saja itu? Yap berikut pembahasannya :

    1.  Ahwal Al-Syakshiyah (Hukum Keluarga)

    Ahwal Al-Syakhsiyah merupakan keseluruhan dari hukum yang bersangkutan dengan masalah keluarga dan juga peradilan Islam, contohnya seperti kewarisan, hukum perkawinan, hukum wasiat, Peradilan Agama, dan lain lain. jurusan ini didirikan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan pelayanan keilmuan dan akademik untuk dapat mendukung perkembangan Ahwal Al-Syakshiyah atau hukum keluarga yang multikultural, integratif, dan transformatif. Nah, setelah lulus nanti, bisa jadi apa saja? Yap, setelah lulus dari jurusan ini, kalian memiliki kesempatan untuk bekerja di banyak sektor, seperti pejabat, hakim, Pembuat Akta Ikrar Wakaf, PNS, Penyuluh hukum, Guru, KUA, MA, dan banyak lagi yang lainnya. Di IAIIG Cilacap, jurusan Ahwal Al-Syakshiyah ini memiliki status :

    • Jenjang                  : S1
    • Akreditas               : B
    • No. SK                   : 0169/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2017
    • Tanggal Kadaluarsa : 10 – 01 – 2022

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    2.  Komunikasi dan Penyiaran Islam

    Apa itu Komunikasi dan Penyiaran Islam? Beberapa dari kalian mungkin masih asing dengan nama tersebut. Yap, Komunikasi dan Penyiaran Islam atau disingkat KPI ini merupakan jurusan yang berkombinasi ilmu-ilmu komunikasi dengan nilai-nilai Islam, yang maksudnya jurusan ini mempelajari ilmu-ilmu komunikasi yang dan diintegrasikan dengan dakwah & penyiaran islam.

    Jadi, jurusan ini tidak beda jauh dengan jurusan ilmu komunikasi, hanya saja dipadukan dengan nilai islam. Jurusan ini didirikan dengan tujuan untuk menghasilkan sarjana-sarjana yang dapat menguasai teknologi dalam menyiarkan dan mendakwahkan nilai-nilai Islam. Nah, di IAIIG Cilacap ini, jurusan KPI memiliki :

    • Jenjang                  : S1
    • Akreditas               : B
    • No. SK                  : 3874/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017
    • Tanggal Kadaluarsa : 17 – 10 – 2022

    3.  Pendidikan Agama Islam

    Pendidikan Agama Islam atau PAI ini merupakan program studi yang didirikan dengan tujuan untuk menghasilkan sarjana-sarjana yang ahli dalam pendidikan dan pengajaran agama Islam, serta dapat menguasai metodologi dan materinya. Jurusan ini mempelajari ilmu-ilmu pendidikan, pendidikan Islam, qira’atul kitab, dan sebagainya. Di IAIIG Cilacap ini, PAI memiliki status sebagai berikut :

    • Jenjang                  : S1
    • Akreditas               : B
    • No. SK                  : 0645/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016
    • Tanggal Kadaluarsa : 02 – 06 – 2021

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    4. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah(PGMI)

    Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah atau disingkat PGMI ini merupakan program studi/jurusan yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan lulusan yang terampil & mahir dalam bidangnya. Nah, jurusan ini fokus untuk menghasilkan lulusan yang menjadi guru MI atau Madrasah Ibtidaiyah, dan untuk itu para calon lulusan akan dituntut untuk paham dan dapat mempraktekkan mata pelajaran yang berkaitan dengan MI, seperti SKI, Fiqih, Bahasa Indonesai, Matematika, IPA, Akidah Akhlak, dsb. Di IAIIG Cilacap, prodi ini memiliki :

    • Jenjang                  : S1
    • Akreditas               : B
    • No. SK                  : 972/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015
    • Tanggal Kadaluarsa : 03 – 09 – 2020 (Dimas).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Cilacap
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar