Sekdaprov Kalteng Sebut Karhutla di Kalteng Dipicu Wacana Perpindahan Ibu Kota Indonesia

Daftar Isi

     


    LANCANGKUNING.COM-Sejak adanya wacana pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Pulau Kalimantan, salah satunya di sebut ke Kalimantan Tengah telah memicu munculnya penguasaan tanah yang sangat luar biasa dan diikuti merebaknya kasus kebakaran hutan dan lahan.

    Tudingan ini datang dari Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri. Masyarakat yang memiliki lahan di Kalteng, dikatakan Fahrizal sengaja membersihkan lahannya dengan cara dibakar.

    "Sejak adanya wacana pemindahan Ibu Kota RI itu, masalah penguasaan tanah di Kalteng sekarang ini sangat luar biasa. Jadi, kebakaran di sejumlah lahan di Kalteng itu ada unsur kesengajaan," kata Fahrizal saat menghadiri rapat roordinasi Restorasi Gambut Provinsi Kalteng 2019 di Palangka Raya, Selasa (30/7/2019).

    Dilansir dari Bisnis.com, Fahrizal memperkirakan setelah lahan yang dibersihkan dengan cara dibakar tersebut nantinya akan ditanami. Langkah tersebut untuk membuktikan ada ditanami tumbuh-tumbuhan sehingga secara tidak langsung dan perlahan ada pengakuan bahwa lahan tersebut menjadi miliknya.

    Fahrizal pun berharap siapapun yang tertangkap dan terbukti membakar lahan secara sengaja harus ditindak tegas dengan memberi sanksi sesuai dengan aturan.

    Dengan begitu, masyarakat lain yang punya rencana untuk membersihkan lahan dengan cara dibakar, membatalkan niatnya.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sekdaprov Kalteng Sebut Karhutla di Kalteng Dipicu Wacana Perpindahan Ibu Kota Indonesia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar