Surya Paloh Undang Ketum Partai, Minus PDIP. Koalisi Jokowi Mulai Goyang?

Daftar Isi

    JAKARTA-Partai-partai koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin mulai goyang, pasca pertemuan Ketua Umum Partai pendukung koalisi Jokowi-Amin minus PDI Perjuangan di markas DPP Partai Nasdem.

    Pertemuan ini digagas Ketua Umum Partai Nasdem Suryo Paloh. Hadir dalam pertemuan Senin, 22 Juli 2019 yang lalu ini, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Plt. Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa.

    Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Siti Zuhro menilai pertemuan para ketua umum partai pengusung Joko Widodo tanpa PDIP menandakan internal koalisi Jokowi mulai goyah.

    "Surya Paloh mencoba memimpin partai yang ada, minus PDIP. Ketika Prabowo bisa mencuri hati leading party, mereka mulai gusar. Itu bisa diterjemahkan ketika mereka berkumpul berempat," ujar Siti dalam sebuah diskusi bertajuk "Utak-atik Manuver Elit" di Jakarta, Sabtu (27/7/2019).

    Menurutnya, melalui pertemuan tersebut, para ketua umum partai ingin memberikan semacam political deterrence. Mereka ingin menunjukkan bahwa mereka juga bisa bermanuver tanpa PDIP.

    "Mereka ingin katakan kita juga bisa solid lho di luar dia (PDIP). Mereka ingin sederajat dan akan berjuang agar tidak diremehkan," kata Siti seperti dikutip dari Bisnis.

    Siti menilai dengan adanya manuver para elite politik dalam koalisi pengusung Jokowi, menunjukkan koalisi kurang solid dibandingkan sebelum adanya pertemuan Jokowi dengan Prabowo di MRT pada 13 Juli lalu.

    Hal tersebut dimungkinkan karena kurangnya komunikasi yang efektif antarpihak.

    "Kalau ada kesepahaman politik, tidak perlu seperti itu. Muncul Surya Paloh pimpin tiga partai lain, bahkan ber-statement ke publik dan mengundang Gubernur DKI Jakarta (Anies Baswedan)," kata Siti.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Surya Paloh Undang Ketum Partai, Minus PDIP. Koalisi Jokowi Mulai Goyang?
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar