Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Terbaik di Padang

Daftar Isi



    Kunjungi Website : adzkia.ac.id 
    Pendaftaran Mahasiswa Baru : spmb.adzkia.ac.id 
    No Telp : 085265280997

    Lancangkuning.com - Melalui Sumpah Pemuda pada 1928, Bahasa Indonesia dinobatkan sebagai identitas bangsa ini. Tapi pada kenyataannya, akhir-akhir ini Bahasa Indonesia belum menjadi tuan rumah seutuhnya di negeri ini. Misalnya, belakangan masih banyak yang mencampur penggunaan Bahasa Indonesia dengan bahasa maupun istilah asing dalam berkomunikasi.

    Padahal, Bahasa Indonesia menjadi materi pembelajaran di sekolah dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Kendati begitu, tenaga pengajar di bidang studi yang handal dan berkompeten masih sangat dibutuhkan untuk mendorong tingkat keterampilan siswa dalam berbahasa Indonesia dengan baik dan benar sehingga tidak redup oleh perkembangan zaman.

    Untuk menjaga eksistensi Bahasa Indonesia, terutama di tengah proses komunikasi kaum muda, peran guru sangat penting dalam mengajarkan dan memberikan siswa kesempatan dalam menerapkan bahasa Indonesia dalam praktik serta pengembangan secara nalar. Jadi, penyampaian materi pelajaran Bahasa Indonesia berjalan secara optimal, variatif dan tidak monoton.

    Sebab itu, diperlukan lembaga yang mampu mencetak tenaga pengajar berkualitas untuk pendidikan bahasa Indonesia. Salah satunya dengan membuka program studi atau jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia yang tidak sekedar menghasilkan lulusan sarjana pendidikan. Namun, juga mampu menghidupkan bahasa Indonesia kepada penerus bangsa ini dengan cara yang tidak membosankan bukan hanya untuk mengejar target agar dapat mencapai nilai atau kurikulum saja.

    Kenali Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
    Seiring meningkatnya kebutuhan akan tenaga pengajar untuk pembelajaran Bahasa Indonesia, minat untuk menjadi seorang guru juga kian tinggi. Tidak heran, jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia masih mendapat jumlah peminat yang banyak saat penerimaan mahasiswa baru di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta.

    Bagi kamu yang berminat dan bercita-cita jadi seorang guru pelajaran Bahasa Indonesia, jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia adalah pilihan yang tepat untuk mewujudkan impian kamu.

    Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia adalah program studi (Prodi) yang memberikan pengetahuan tentang keterampilan dalam berbahasa Indonesia yang baik serta efektif. Mulai dari keterampilan berbicara, menulis, membaca, dan menyimak akan menjadi materi kuliah yang harus kamu pelajari di program studi ini.

    Selain itu, adapula materi kuliah mengenai fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan lain sebagainya. Tapi tak hanya soal teori, kamu juga akan diajarkan cara dan metode yang tepat dalam mengajar pelajaran Bahasa Indonesia secara kreatif dan inovatif agar dapat dipahami para siswa dengan cara yang menyenangkan.

    Pengetahuan serta keahlian lainnya yang bisa kamu peroleh dari kuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia antara lain, kemampuan berkomunikasi dengan lisan dan tulisan, kemampuan dalam memahami suatu bacaan, menganalisis, berpikir sistematis dan keterampilan secara interpersonal.

    Keuntungan Kuliah Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
    Selain mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam berbahasa Indonesia baik secara lisan maupun dengan tulisan, ada banyak keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan jika memutuskan kuliah jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Apa saja?

    Pertama, karir utama dengan peluang yang luas untuk kamu setelah menyelesaikan kuliah jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia adalah menjadi seorang tenaga pengajar Bahasa Indonesia. Dengan menjadi guru Bahasa Indonesia, kamu berkesempatan mempertahankan dan mengajarkan Bahasa Indonesia ke seluruh pelosok negeri bahkan kepada orang asing yang ingin belajar Berbahasa Indonesia.

    Kedua, sebagai lulusan Pendidikan Bahasa Indonesia, kamu bukan cuma bisa melestarikan Bahasa Indonesia di dalam negeri, tapi juga di luar negeri. Kamu bisa mengikuti program Bahasa Indonesia untuk para penutur asing hasil rancangan Badan Bahasa.

    Ketiga, tak hanya menjadi guru, kamu berpeluang pula untuk berkarir di bidang jurnalistik tentunya sebagai jurnalis. Dengan kemampuan berbahasa Indonesia baik untuk lisan dan tulisan yang kamu peroleh dari bangku kuliah jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia ditambah kreativitas, kamu juga bisa bekerja di bidang penulisan dengan menjadi seorang penulis atau editor.

    Karir untuk Lulusan Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
    Melalui jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, prodi ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga pengajar Bahasa Indonesia yang handal dan profesional.
    Akan tetapi, ada banyak peluang karir untuk lulusan jurusan pendidikan Bahasa Indonesia, seperti berikut ini:

    1.    Tenaga Pengajar
    Karir utama yang menjadi tujuan para calon mahasiswa memilih jurusan pendidikan Bahasa Indonesia di bangku kuliah ialah untuk mewujudkan cita-citanya menjadi tenaga pengajar untuk pelajaran Bahasa Indonesia. 

    Menjadi guru, kamu tidak harus selalu mengajar Bahasa Indonesia di sekolah. Lembaga pendidikan seperti bimbingan belajar bahkan hingga ke luar negeri juga bisa jadi tempat untuk kamu menyalurkan ilmu Bahasa Indonesia dan meniti karir yang cemerlang.

    2.    Copywriter
    Sebagai lulusan jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, kamu juga bisa bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang periklanan sebagai copywriter. Kamu bertugas membuat tulisan yang akan digunakan sebagai naskah dalam pembuatan iklan agar kemudian dapat disiarkan melalui media televisi, cetak, online, hingga radio.

    3.    Penulis Konten
    Di era digitalisasi ini, perusahaan di bidang start up pun berkembang sangat pesat turut memberikan keuntungan dan peluang kerja bagi lulusan Pendidikan Bahasa Indonesia. 

    Setelah lulus kuliah pendidikan Bahasa Indonesia nanti, kamu bisa menjadi penulis konten untuk sebuah perusahaan start up dan mengisi konten di website perusahaan tersebut dengan tulisan-tulisan menarik. Terlebih lagi, perusahaan start up sangat membutuhkan penulis konten yang paham dalam menulis dengan baik dan benar sesuai ejaan yang disempurnakan.

    Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universita Adzkia
    Untuk kamu yang tertarik kuliah jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, terutama yang di Kota Padang, Sumatera Barat, Universitas Adzkia adalah pilihan yang tepat, Universitas Adzkia adalah perguruan tinggi swasta di Kota Padang.

    Awalnya, Universitas Adzkia merupakan lembaga Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) di bawah naungan Yayasan Adzkia Sumatera Barat (YASB). Kampus yang fokus untuk mencetak tenaga pengajar handal, profesional, berkualitas, dan berkarakter Islami ini kemudian berkembang hingga menjadi salah satu perguruan tinggi terkemuka di Kota Padang, Sumatera Barat.

    Universitas Adzkia serta program studi yang diasuhnya, termasuk jurusan pendidikan bahasa Indonesia sudah mengantongi akreditasi secara resmi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

    Di Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Adzkia kamu akan dibekali dengan kemampuan mengajar yang menggunakan metode kreatif, inovatif dan menarik sehingga tidak membosankan bagi siswa.

    Fasilitas Lengkap di Universitas Adzkia
    Berdiri megah di Jalan Raya Taratak Paneh No 7 Kota Padang, Sumatera Barat, kampus ini sangat memperhatikan sarana dan prasarana yang dibutuhkan mahasiswanya saat menjalani masa kuliah, yakni:
    1.    Perpustakaan
    2.    Laboratorium Microteaching
    3.    Laboratorium Bahasa dan Komputer
    4.    Laboratorium IPA
    5.    Laboratorium PAUD
    6.    Adzkia Convention Center
    7.    Free internet

    Universitas Adzkia juga mendukung kegiatan kemahasiswaan dengan menyediakan fasilitas mulai dari sanggar seni, ruang rapat, dan Aula STKIP Adzkia, Masjid, lapangan yang luas untuk badminton, basket, futsal, kolam renang hingga outbond. 
     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Terbaik di Padang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar