Kapolda Papua: Buchtar Tabuni dkk Ditangkap karena Serang Petugas

Daftar Isi

    Foto: Kepala Polda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri di Jayapura, Kamis, 18 Maret 2021. (ANTARA/Evarukdijati) 


    Lancang Kuning  – Kepala Polda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri membenarkan kabar penangkapan Buchtar Tabuni, Ketua Dewan West Papua (Chairman of the West Papua Council) dari Pemerintahan Sementara ULMWP yang juga mantan Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB). 

    Buchtar Tabuni dkk ditangkap disebabkan mereka menyerang dan mengeroyok aparat keamanan yang sedang patroli dan melintas di sekitar rumahnya. 

    Insiden terjadi pada Kamis pagi, 24 Maret 2022, saat aparat gabungan melakukan patroli ke kawasan Kamp Wolker, Distrik Heram, Jayapura dan menghampiri rumah Buchtar Tabuni yang saat itu sedang berkumpul sejumlah pemuda. 

    Sebelumnya, aparat mendapat informasi adanya rapat di rumah Buchtar Tabuni yang dilakukan sekelompok pemuda yang menamakan diri Pemerintah Sementara ULMWP, kata Fakhiri seperti dilansir dari ANTARA, Kamis. Patroli bergerak itu, katanya, dilakukan guna mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. 

    Saat itu, anggota mendatangi rumah Buchtar dan meminta mereka tidak melakukan pertemuan atau rapat, namun imbauan itu tidak diterima dan mereka menyerang anggota Polresta Jayapura sehingga dilakukan penangkapan terhadap Buchtar Tabuni beserta simpatisannya. 

    "Kasusnya kini ditangani Polresta Jayapura Kota, dan saat ini masih dilakukan pemeriksaan," katanya. 

    United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) atau Persatuan Gerakan Pembebasan Papua Barat merupakan organisasi yang berjuang memisahkan Papua dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (LK) 

     


    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Kamis, 24 Maret 2022 - 14:39 WIB
    Judul Artikel : Kapolda Papua: Buchtar Tabuni dkk Ditangkap karena Serang Petugas
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1460573-kapolda-papua-buchtar-tabuni-dkk-ditangkap-karena-serang-petugas?page=all&utm_medium=all-page
    Oleh : Mohammad Arief Hidayat

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kapolda Papua: Buchtar Tabuni dkk Ditangkap karena Serang Petugas
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar