Olahraga Ringan yang Dapat Dilakukan di Rumah

Daftar Isi

    LancangKuning  -  Di dalam tubuh yang sehat, ada jiwa yang kuat. Itulah salah satu ungkapan yang mengingatkan kita semua bahwa olahraga merupakan kegiatan yang penting bagi kita semua. tubuh yang sehat merupakan cerminan dari gaya hidup sehat. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat, salah satunya dengan berolahraga. Di waktu senggang, banyak orang menyempatkan diri mengunjungi pusat kebugaran. Namun bagaimana dengan Anda yang memiliki aktivitas super sibuk dan tidak sempat ke pusat kebugaran?

    Berikut senam dirumah yang sangat simpel, namun sangat efektif untuk anda yang ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Berikut beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah:

    1. Jogging

    Anda tidak perlu membeli treadmill untuk jogging di rumah. Cukup memanfaatkan pekarangan depan rumah, atau tempat yang sedikit lebih luas untuk bisa melakukan olahraga jenis ini.

    Sebelum melakukan jogging sebaiknya lakukan pemanasan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti cedera pada otot. Untuk waktu jogging tidak perlu terlalu lama, asalkan rutin melakukannya bisa mendapatkan tubuh yang sehat.

    2. Gerakan Duduk-Berdiri

    Olahraga ini sangat mudah dilakukan, Anda hanya perlu menyiapkan kursi sebagai medianya. Lakukan gerakan duduk selama tiga detik lalu berdiri. Ulangi gerakan tersebut sesuai dengan ritme.

    Saat melakukan gerakan ini, pastikan Anda duduk tanpa bersandar, dengan posisi tubuh tegak, dengan pandangan lurus ke depan dan perut ditarik ke depan.

    Gerakan ini berguna untuk melatih pernapasan dan melatih otot kaki.

    3. Naik turun tangga

    Jika rumah Anda memiliki dua lantai, Anda bisa memanfaatkan tangga yang ada untuk berolahraga. Olahraga ini seperti jogging. Anda cukup berjalan naik dan turun tangga seperti yang Anda lakukan pada jalur biasa. Lakukan gerakan ini berulang-ulang dan berirama.

    Menjelang akhir latihan, tempo berjalan sedikit lebih cepat seperti berlari. Olahraga ini bertujuan untuk melatih otot kaki.

    4. Push-up

    Olahraga ini merupakan gerakan yang sangat mudah dilakukan, karena bisa dilakukan dimana saja dengan ruangan yang kecil. Gerakan pus-up diawali dengan posisi tidur tengkurap dengan kedua tangan di sisi kanan dan kiri tubuh, kemudian tubuh didorong ke atas dengan kekuatan tangan dengan posisi tubuh dan kaki tetap lurus atau tegak.

    Kemudian turunkan tubuh Anda tanpa menyentuh lantai sambil menjaga batang tubuh dan kaki tetap lurus. Lakukan gerakan ini berulang kali. Gerakan ini berguna untuk melatih kekuatan tubuh bagian atas dan kekuatan otot.

    5. Sit-up

    Sama seperti gerakan pus-up, sit-up ini sangat mudah dilakukan. Posisi awal untuk gerakan ini adalah Anda berbaring dengan kaki ditekuk dengan kaki menyentuh lantai. Atau kaki bisa dalam posisi lurus, posisi tangan bisa diluruskan ke depan, disilangkan di depan dada atau ditekuk dengan telapak tangan tepat di belakang kepala.

    Kemudian angkat tubuh bagian atas hingga menyentuh lutut, lalu turunkan Anda ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sebanyak yang Anda bisa. Gerakan ini berguna untuk melatih otot-otot di perut.

    6. Jembatan

    Gerakan jembatan ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan lantai sebagai medianya. Posisi awal untuk gerakan ini adalah, Anda berbaring telentang dengan tangan di samping, lalu tekuk lutut tetapi jaga betis tetap lurus dengan kaki menyentuh lantai.

    Kemudian angkat pinggul Anda lurus dengan bahu Anda, tahan selama tiga detik dan perlahan turunkan pinggul Anda. Ulangi gerakan ini sebanyak yang Anda bisa.

    Gerakan ini berguna untuk melatih otot di sekitar pinggul dan otot paha.

    7. Duduk di dinding

    Anda bisa menggunakan tembok yang ada untuk melakukan gerakan ini. Cari area dinding yang kosong, berdiri tegak di dinding dengan punggung menghadap dinding. Kemudian turunkan tubuh dengan menekuk lutut sehingga tubuh seperti posisi duduk di kursi, setelah tiga detik berdiri kembali.

    Ulangi sebanyak yang Anda bisa dengan ritme yang sama. Gerakan ini berguna untuk melatih kekuatan otot perut dan otot tubuh bagian bawah.

    Itulah beberapa senam ringan yang bisa kamu lakukan di rumah, jangan lupa sebelum berolahraga selalu awali dengan pemanasan. Pastikan melakukannya secara rutin dan banyak minum air putih, untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

    (Angga)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Olahraga Ringan yang Dapat Dilakukan di Rumah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar