Kongres Rakyat Riau III Akan Digelar, Dicetuskan oleh Majelis Bincang Riau

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM - Majelis Bincang Riau menggelar pertemuan akbar di Balai Serindit, Gedung Daerah Pemprov Riau, Sabtu (27/10). Pertemuan yang mengusung tema mengungkap asa daerah, menggugah kearifan dan keberpihakan pusat itu dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat dan pejabat di Riau. 

    Ada banyak hal yang dibahas. Utamanya adalah mengenai peran pemerintah pusat untuk Bumi Lancang Kuning. Bahkan pertemuan itu juga meinisiasi pelaksanaan kongres rakyat Riau ke-3. Dimana 2 kongres sebelumnya telah dilaksanakan pada tahun 1999 dan 2006. Itu disampaikan oleh Ketua Dewan Pengarah Majelis Bincang Riau Dr drh Chaidir MM. 

    "Pertemuan Majelis Bincang Riau ini untuk menginisiasi pelaksanaan kongres rakyat Riau yang 3," sebut mantan Ketua DPRD Riau dua periode itu. 

    Ia menuturkan, kongres rakyat Riau ke-3 dimaksudkan untuk membangun legitimasi tentang keinginan masyarakat Riau yang harus di penuhi pemerintah pusat. Kedua, merumuskan poin-poin yang harus di penuhi pemerintah pusat.

    "Pointnya nanti apakah berupa otsus (otonomi khusus, red) atau Riau menjadi daerah istimewa. Seperti Jogja dan Jakarta. Papua dan Aceh," terang Chaidir. Nantinya tuntutan dan maklumat Riau diperkuat didalam kongres rakyat Riau ke-3 tersebut.

    Selain Permintaan diatas, para peserta majelis bincang Riau juga sepakat agar Presiden terpilih 2019 harus meakomodir putra putri terbaik Riau di jajaran kabinet. Putra dan putri terbaik Riau, yang punya integritas dan kapabilitas harus duduk dan diakomodir menjadi menteri kabinet Presiden terpilih 2019.

    "Sudah saatnya putra putri Riau berkiprah menjadi Menteri, ini realistis. Karena kita tahu Riau punya sosok yang berkapasitas. Selama ini pusat juga tahu Riau penyumbang terbesar anggaran negara," tegasnya. (LK/rls)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kongres Rakyat Riau III Akan Digelar, Dicetuskan oleh Majelis Bincang Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar