Menag RI: Pernyataan Presiden Prancis Melukai Perasaan Umat Islam

Daftar Isi


    Foto: Menteri Agama Fachrul Razi Telekonferensi di Gedung DPR RI
     

    Lancang Kuning, JAKARTA – Menteri Agama Republik Indonesia, Fachrul Razi mendukung sikap Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia yang memanggil Duta Besar Prancis, dan menyampaikan kecaman terhadap pernyataan Presiden Prancis yang dinilai menghina Islam. 

    Baca Juga: Mahasiswa dan Pjs Bupati Siak Adu Mulut Saat Acara Tanpa Surat Izin Covid-19 di GOR Tualang

    Kata dia, pernyataan Presiden Prancis, Emmanuel Macron melukai perasaan umat Muslim, karena mengaitkan agama Islam dengan tindakan terorisme.

    Baca Juga: Mahasiswa Hadang Gubri dan Pjs Siak yang Hadiri Kegiatan Tanpa Surat Izin Satgas Covid-19

    “Setiap umat beragama harus menghormati simbol-simbol agama yang dianggap suci oleh pemeluk agama lain, termasuk terkait pemahaman visualisasi Nabi Muhammad,” ujar Menag di Jakarta, Kamis 29 Oktober 2020. 

    Baca Juga: Angkatan Muda Muhammadiyah Meranti Taja bakti sosial di Desa Sokop

    “Kebebasan berpendapat atau berekspresi tidak boleh dilakukan melampaui batas atau kebablasan sehingga mencederai kehormatan, kesucian, dan kesakralan nilai dan simbol agama apa pun,” lanjutnya, dilansir LKC dari Sahijab.com

    Menurut Menag, menghina simbol agama adalah tindakan kriminal. Pelakunya, harus bertanggung jawab atas perbuatannya, dan ditindak sesuai ketentuan hukum. 

    Namun, Menag juga mengingatkan bahwa Islam tidak membenarkan tindakan main hakim sendiri, apalagi dengan melakukan pembunuhan. Islam adalah agama yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

    Menag juga mengimbau, agar umat Islam di Indonesia tidak terpancing melakukan tindakan anarkis. Islam tidak membenarkan tindakan main hakim sendiri. “Keagungan Islam tidak bisa ditegakkan dengan melanggar nilai-nilai kemanusiaan,” tegasnya.

    Karena itu, ia meminta, tunjukkan sikap tegas dengan tetap menjunjung tinggi watak umat beragama yang menolak tindak kekerasan. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Menag RI: Pernyataan Presiden Prancis Melukai Perasaan Umat Islam
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar