Viral Wanita Positif COVID-19 Berobat ke Kiai, Warganet Geram

Daftar Isi

    Foto: Tangkapan layar di video dari laman Viva

    Lancang Kuning – Belakangan, viral video yang memperlihatkan seorang wanita yang positif terinfeksi virus corona atau COVID-19, dan memilih untuk menjalani pengobatan ke Kiai.

    Video tersebut turut diunggah oleh akun Instagram @mintulgemintul2. Ada dua slide video yang diunggah oleh akun Instagram tersebut.

    Dalam video pertama, wanita itu menceritakan perjalanan dan proses pengobatan yang dijalaninya dengan seseorang yang disebut Kiai. Ia menuliskan jika lokasi pengobatan itu berada di daerah Puri. Ia berangkat berobat ditemani suaminya yang juga positif COVID-19.

    Dalam video itu juga terlihat banyak pasien yang mengantre untuk berobat ke Kiai tersebut.

    “Hari ini aku mau berobat ke Pak Kiai di Puri. Berobat karena positif COVID-19,” tulis wanita tersebut sebagai keterangan dalam video, dikutip VIVA, Minggu, 11 Oktober 2020.

    Ia juga menjelaskan kalau si kiai memberikan pengobatan tanpa memakai masker dan sarung tangan.

    Kemudian, dalam video kedua, wanita tersebut mengatakan mengalami gejala tidak bisa mencium aroma apapun. Ia mengaku melakukan tes COVID-19 di puskesmas, hingga akhirnya dinyatakan positif. Oleh ibunya, dia disarankan berobat ke kiai.

    Ia juga mengungkapkan bahwa Kiai tersebut tidak memungut biaya sedikitpun dari para pasiennya, alias gratis. Menurut penuturan wanita itu, pengobatan dilakukan hanya dengan doa saja.

    “Dan dia itu bukan alternatif ya. Tapi emang kayak alternatif tapi itu bukan. Dan gak bayar, dia ikhlas banget guys,” kata wanita tersebut.

    Banyak warganet yang mengkritik dan memaki bodoh pilihan wanita itu dalam mengobati COVID-19. Tak sedikit juga yang menyayangkan karena tindakannya itu bisa menyebarkan virus ke orang lain di luar.

    “Seriusss yang mau berobat kesana bukannya dapet sembuh malah kesebar dari mbaknyaaaaaa ???????? semoga sehat selalu pasien pak kiyaiii,” komentar seorang warganet.

    ”aduh sumpah miris bgt,” komentar yang lain.

    ”Gak ad otak ,mending kau mantap dirumah lapor dikirim obat pasti oleh petugas,” kata warganet lainnya, dilansir LKC dari Viva.co.id

    Pasien postif COVID-19 yang tidak mengalami gejala atau orang tanpa gejala (OTG) memang tidak harus dirawat di rumah sakit. Tapi, dia harus melakukan isolasi mandiri agar tidak menyebarkan virus ke orang lain. Saat isolasi mandiri di rumah, dia juga harus dipisahkan dari anggota keluarga lain. Begitu juga dengan alat makan dan kamar mandi.

    Selain itu, protokol kesehatan seperti menjaga kebersihan diri, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak harus disiplin dipatuhi untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Viral Wanita Positif COVID-19 Berobat ke Kiai, Warganet Geram
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar