Jenis Parasit Yang Dapat Menginfeksi Tubuh Manusia

Daftar Isi

    LancangKuning - Di dunia ini ada banyak sekali parasite-parasit dari yang berguna sampai dengan yang berbahaya bagi kita, nah di sini kami akan menjelaskan jenis-jenis dari parasite yang dapat berbahaya bagi tubuh kita. Mari langsung saja kita simak penjelasan berikut.

    Tubuh manusia merupakan sesuatu hal yang sangat menakjubkan. Rata-rata seorang manusia dewasa mempunyai 640 jaringan otot, 206 tulang, 12 organ penting dan masih banyak lagi bagian-bagian lainnya.

    Namun kita semua tidak menyangka, di dalam setiap tubuh manusia yang memiliki sistem yang kompleks tersebut terdapat banyak sekali hal-hal aneh yang pernah ditemukan atau didapatkan. Salah satunya yaitu parasit berbahaya.

    Parasit seperti ini bisa dengan mudah tertular ke dalam tubuh manusia melalui beberapa aktivitas. Yang jelas aktivitas ini biasanya bermula dari jenis makanan yang kita konsumsi dan gaya hidup kita yang tak sehat.

    Baca Juga : Guru Les Privat Ngaji di Siak

    Berikut adalah beberapa jenis parasit yang dapat menginfeksikan tubuh manusia :

    1. Cacing Pita

    Cacing pita biasanya dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui daging dan ikan mentah atau yang kurang matang, yang biasanya sering dikonsumsi oleh banyak orang. Beberapa jenis dari makanan tersebut seperti sushi, sashimi dan steak.

    Sama seperti namanya, cacing pita bisa tumbuh dalam tubuh manusia hingga berukuran 15 meter. Parasit ini biasanya bersarang atau dapat ditemukan di dalam usus manusia dan kebanyakan ditemukan pada daging sapi dan babi yang sudah terkontaminasi.

    Selain dari daging mentah, kontaminasi cacing pita pada tubuh juga bisa berasal dari sayuran-sayuran yang tidak dicuci secara bersih. Jika larva cacing pita sudah masuk ke dalam tubuh, telur-telur dari cacing pita akan menempel pada usus manusia.

    2. Teritip

    Teritip merupakan artropoda dari anggota infrakelas Cirripedia, subfilum Crustacea, sehingga hanya dapat berkerabat dengan kepiting dan udang. Hewan ini hanya dapat ditemukan di air laut dan cenderung menyukai perairan yang dangkal atau pasang yang bergelombang kuat.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Teritip ini mempunyai zat perekat yang sangat kuat dan hampir seperti beton. Kemampuan tersebut digunakan atau difungsikan oleh parasit ini untuk melekatkan diri pada benda-benda yang di sekitarnya, termasuk juga makhluk hidup lain.

    Seorang pria yang bernama Chris Johnson pernah menemui dokter tentang pertumbuhan aneh pada tangannya yang telah menjadi perhatian serius. Tidak tahu apa benda tersebut, tetapi para dokter mengambil sampel untuk mengujinya. Ternyata, itu merupakan teritip yang sudah tumbuh di dalam tangan pria itu.

    3. Tungau Burung

    Tungau burung merupakan sebuah makhluk kecil berkaki delapan yang benar-benar bisa sangat membahayakan bagi manusia.

    Mereka kadang-kadang dapat masuk ke dalam hidung dan telinga manusia. Yang lebih menyeramkan lagi adalah ketika hewan ini masuk dan merayap di bawah kulit manusia lalu berkembang biak. Namun serangan kutu burung ini juga bisa menyebabkan penderitaan psikologis yang sangat parah.

    4. Belatung

    Belatung dapat menjadi 'mesin' pemakan tubuh yang sangat berbahaya bagi manusia. Parasit ini memanfaatkan sebuah infeksi yang ada pada tubuh.

    Lalu, akan menggerogoti atau memakan tubuh manusia. Tak heran jika belatung sangat mudah untuk masuk ke dalam tubuh dan menyerang sejumlah organ.

    Baca Juga : Guru Les Privat Ngaji di Bangkinang, Kampar

    Pada tahun 2012 silam, tim dokter di sebuah rumah sakit mengobati seorang pria yang bernama Waclaw Tyszkiewicz, Ia menderita infeksi parah pada bagian kakinya.

    Infeksi tersebut sangat serius. Sehingga amputasi merupakan satu-satunya pilihan selain benar-benar membuang semua belatung yang terdpat di lokasi infeksi.

    5. Kecoak

    Tahukah kamu, bahwa kecoak juga merupakan sebuah parasit yang sangat berbahaya bagi manusia. Sebab, hewan ini mampu atau dapat merayap ke dalam tubuh manusia.

    Binatang ini bisa masuk lewat telinga, mulut hingga hidung. Kecoak yang masuk ke dalam organ tubuh akan sangat menyakitkan kita. Dibutuhkan kemampuan dokter yang merupakan ahli untuk mengangkat keluar parasit ini.

    Ada sangat banyak kasus-kasus di mana seseorang ke rumah sakit karena tak bisa menahan rasa sakit, yang ada di sejumlah bagian tubuh seperti telinga hingga hidungnya. Akibat dari adanya parasit kecoak yang masuk dalam tubuh mereka.

    Sekian dari penjelasan kami mengenai parasite apa saja yang dapat menginfeksi tubuh manusia, nah maka dari itu kita harus selalu berhati-hati terhadap sesuatu jangan sembarangan memanggangnya dan kit harus selalu menjaga kebersihan tubuh kita.(Mayor)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis Parasit Yang Dapat Menginfeksi Tubuh Manusia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar