12 Kemungkinan Kenapa Alien Belum Ditemukan

Daftar Isi


    Foto: alien Ilustrasi alien. 

    Lancang Kuning - Walau sudah berusaha dicari, belum ada bukti alien itu eksis. Pengamatan ke luar angkasa secara intensif belum menemukan para makhluk antariksa. Kira-kira apa alasannya ya?
    Tahun silam, dibuka laporan proyek bernama Breakthrough Listen, di mana ilmuwan mengamati 1.327 bintang dalam rentang jarak sampai 160 tahun cahaya dari Bumi. Sayangnya, tidak ada bukti peradaban alien.

    Baca Juga: Kunjungi Pasar Sri Gading Air Molek, Cawabup Yoghi Susilo Serap Aspirasi Pedagang

    Penelitian terbaru mengamati lebih dari 10 juta bintang untuk mencari tanda teknologi alien dengan instrumen Murchison Widefield Array (MWA), kumpulan 4.096 antena yang ditancapkan di tanah merah di Western Australia. Sayangnya juga belum menemukan bukti signifikan.

    Baca Juga: Buntut Unjuk Rasa, Sanksi untuk Petugas Medis di Inhu Bakal Menanti

    Dikutip detikINET dari Live Science, ini kemungkinan dari sisi sains kenapa alien belum juga dijumpai manusia:

    1. Alien memang tidak ada: Meskipun galaksi Bima Sakti punya ratusan miliar bintang dan begitu banyak planet, belum lagi di galaksi-galaksi lainnya, bisa saja manusia memang sendirian di alam semesta.
     

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    2. Tidak ada alien cerdas: Kehidupan mungkin eksis di luar angkasa, akan tetapi bentuknya bisa jadi hanya mikroba atau hewan. Makhluk yang setara kecerdasannya dengan manusia tidak dapat dijumpai.

    3. Alien belum punya teknologi canggih: Saat ini, astronom mengandalkan teleskop radio untuk melacak tanda-tanda alien. Jadi jika spesies alien tidak memancarkan sinyal apapun, kita tak pernah tahu mereka eksis.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru 

    4. Alien menghancurkan diri: Apakah dengan senjata pemusnah massal, polusi atau penyakit mematikan, barangkali pernah ada masyarakat alien cerdas namun musnah karena perbuatannya sendiri dan hanya eksis dalam waktu singkat.

    5. Planet alien dihancurkan benda antariksa: Kehidupan berpotensi eksis di suatu planet. Akan tetapi karena antariksa adalah tempat mematikan dengan ancaman asteroid atau radiasi bintang, bisa saja terjadi kerusakan yang tak diinginkan.

    6. Alam semesta begitu luas: Galaksi Bima Sakti saja panjangnya 100 ribu tahun cahaya. Jadi pencarian manusia terhadap alien mungkin belum terlalu banyak menyisir antariksa.

    7. Pencarian alien belum lama: Manusia terhitung belum terlalu lama mencari alien. Teleskop radio baru ada selama 80 tahun. Sedangkan pencarian intensif alien baru berlangsung sekitar 60 tahun.

    8. Tak mencari di lokasi yang tepat: Seperti telah disebutkan, antariksa begitu luasnya. Jika kita tidak mengamati alien di arah yang tepat, maka sinyal dari mereka pun tidak akan sampai.

    9. Teknologi alien terlalu maju: Teknologi radio umum di Bumi, tapi barangkali di dunia alien, mereka menggunakan teknologi lebih canggih yang belum dapat diterjemahkan oleh para astronom.

     
    10. Tak ada yang memancarkan sinyal: Mungkin saja semua alien seperti manusia, mencari sinyal. Memang ada upaya memancarkan sinyal kuat dari Bumi, tapi tidak begitu intensif. Kita jauh lebih aktif mencari, demikian pula mungkin yang lain.

    11. Bumi sengaja tak dihubungi: Dapat saja peradaban alien sudah begitu maju dan meskipun mereka tahu ada kehidupan di Bumi, mereka tidak begitu peduli dan lebih memilih mencari spesies yang setara secara teknologi atau budaya.

    12. Alien sudah berada di sini: Walau kecil kemungkinannya, tetap ada potensi pemerintah menyembunyikan eksistensi alien seperti dalam banyak cerita fiksi ilmiah. Atau ada kemungkinan pula, mereka berkamuflase sehingga manusia tidak menyadarinya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 12 Kemungkinan Kenapa Alien Belum Ditemukan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar