Kasus Corona RI Tembus 200 Ribu Bikin Rupiah Terus Melemah

Daftar Isi


    Foto: Ilustrasi

    Lancang Kuning, JAKARTA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat kembali melemah pada perdagangan hari ini, Rabu, 9 September 2020. Rupiah kembali ditransaksikan di kisaran atas Rp14.800 per dolar AS.


    Baca juga: Tempat Wisata di Riau 

    Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia mematok nilai tengah rupiah di posisi Rp14.853 per dolar AS. Melemah dari nilai tengah kemarin di posisi Rp14.798.

    Sementara itu, perdagangan di pasar spot hingga pukul 10.00 WIB, rupiah telah ditransaksikan di posisi Rp14.852 per dolar AS. Melemah 0,59 persen dari level penutupan perdagangan kemarin Rp14.765.


    Baca juga:  Makanan Khas Pekanbaru

    Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim, menekankan, kekhawatiran pelaku pasar keuangan dan investasi masih dipicu perkembangan penyebaran wabah COVID-19 yang terus naik di Indonesia.

    Akibatnya, kondisi ekonomi Indonesia dipastikannya akan memasuki resesi sebagaimana negara-negara lain. Pada kuartal III-2020 diperkirakannya terjadi kontraksi minus 2 persen hingga minus 1 persen.


    Baca juga: KPK Periksa Mantan Komisaris Utama Asabri

    "Terkontraksi lebih dalam akibat pandemi virus Corona yang sampai saat ini masih belum ada tanda-tanda mengalami penurunan," ungkap Ibrahim seperti dikutip dari analisisnya hari ini, dilansir dari Viva.co.id

    Dari faktor eksternal, katanya, masih dipengaruhi perang perdagangan antara AS dan China yang terus membara setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa dia ingin mengekang hubungan ekonomi antara kedua negara. 


    Baca juga: Terharu, Detik-detik Pria Pertaruhkan Nyawa untuk Selamatkan Serigala

    "Karenanya, rupiah masih akan berfluktuatif dan ditutup melemah tipis antara 10-30 poin di level Rp14.750-14.820 per dolar AS," ungkap Ibrahim.

    Total angka keseluruhan kasus COVID-19 di Indonesia mencapai 200.035 kasus hingga kemarin 8 September 2020. Sementara itu, kasus pasien yang berhasil sembuh dari COVID-19 saat ini secara keseluruhan berjumlah 142.958. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kasus Corona RI Tembus 200 Ribu Bikin Rupiah Terus Melemah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar