Cara Manajemen Waktu Selama Kuliah Online Agar Tidak Keteteran

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Himbauan dari pemerintah baik pusat maupun daerah untuk berdiam diri rumah karena adanya pandemi virus corona masih saja tetap berlanjut. Semakin hari dampaknya pun semakin terasa, tidak hanya resah atau khawatir terinfeksi virus namun juga resah karena sulitnya beraktivitas. Beberapa pekerjaan harus ditutup sehingga berdampak tidak adanya pemasukan dan tentu ini sangat tidak diharapkan.

    Himbauan untuk berdiam diri di rumah juga di-iringin dengan penerapan physical distancing, belajar dari rumah dan bekerja dari rumah. Ketika aktivitas belajar yang semula menggunakan tatap muka di dalam kelas, kini harus beralih menggunakan teknologi di dalamnya. Dimana untuk mengaksesnya membutuhkan internet dan gadget, sehingga dalam pembelajaran online meskipun menguntungkan banyak hal karena sifatnya bisa dari rumah namun bagi sebagian mahasiswa menjadi kesulitan tersendiri.

    Menjalani kuliah online tentu saja akan sulit sekali bagi mahasiswa dalam manajemen waktu, dimana begitu banyak sekali tumpukan tugas belum lagi mengatur untuk mengikuti perkuliahan online. Adanya penambahan tugas terkadang membuat anda sebagai mahasiswa merasa keteteran. Seharusnya belajar dari rumah ini tergambar di benak kita lebih santai, namun jauh dari harapan bahkan waktu istirahatpun kadang tidak cukup.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Apabila kamu menghadapi persoalan ini tentu kamu membutuhkan manajemen waktu yang baik, kamu harus menata ulang kembali jadwal kegiatan kamu sehari-hari. Kamu harus memaksimalkan pengaturan waktu agar setiap tugas tetap bisa selesai dan kamu tidak kewalahan. Berikut beberapa tips yang bisa anda coba dalam manajemen waktu saat kuliah online karena adanya covid 19 ini :

    1. Mengatur kembali jadwal aktivitas di rumah

    Tentu akan ada perubahan terhadap jadwal perkuliahan ketika penerapan kuliah online ini. Diantara perubahan adalah meniadakan kegiatan pratikum, penambahan jam pelajaran dalam kuliah online, penugasan dan hal lainnya. Melihat kondisi seperti, sangat disarankan sekali untuk kamu mencatat secara lengkap setiap perubahan jadwal perkuliahan tersebut. Tujuan mencatat jadwal ini agar kamu bisa memanajemen waktu setiap harinya ingin melakukan apa, sehingga ketika ada waktu luang kamu bisa melakukan hal bermanfaat. Selain itu, ketika kamu tahu jadwal ini maka kamu tidak akan lalai terhadap setiap tugas yang ada dan terhindar dari penumpukan tugas.

    1. Lakukan kegiatan bermanfaat di waktu luang

    Ketika kamu sudah memiliki jadwal untuk setiap aktivitas perkuliahan online kamu, sehingganya kamu bisa mengetahui waktu luang yang dimiliki. Nah, ketika ada waktu luang ini gunakanlah untuk aktivitas bermanfaat seperti berinovasi dengan hal baru, membaca buku, membantu orang tua serta tetap berkomunikasi baik dengan keluarga.

    Baca Juga : Indikator Pendukung Dalam Meningkatkan Akreditasi Kampus

    1. Mengerjakan tugas di pagi hari dan sesuai deadline

    Mengerjakan tugas di pagi hari tentu lebih baik dan dianjurkan, karena otak kita masih dalam keadaan fresh belum banyak tekanan. Sehingga di pagi hari itu, kamu bisa lebih semangat mengerjakan tugas-tugas tersebut. Tidak hanya memanfaatkan waktu pagi hari saja, kamu juga harus mengerjakan tugas tersebut sesuai deadline jangan menumpuknya. Meskipun lelah melihat banyaknya dosen yang memberikan, kamu harus mengerjakannya jangan sampai itu semua tertumpuk akhirnya kamu kewalahan.

    1. Tetap berolahraga

    Meskipun tugas begitu banyak dan jadwal perkuliahan padat dan adanya physical distancing dimana waktu di luar rumah harus berkurang, anda tetap harus berolahraga. Karena jika tubuh tidak mendapatkan asupan olahraga tentu nantinya berdampak pada kesehatan. Kamu tetap bisa berolahraga di rumah saja seperti melakukan gerak-gerakan ringan saja. Seperti jalan di halaman rumah, atau naik turun tangga dan lain sebagainya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Istirahat yang cukup

    Selain tetap berolahraga, kamu juga harus beristirahat yang cukup. Di tengah aktivitas yang begitu padat, istirahat yang cukup juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Tubuh akan mudah diserang penyakit jika kurang istirahat, maka kamu tetap istirahat yang cukup yah.

    Itulah beberapa tips atau cara bisa kamu lakukan dalam manajemen waktu selama kuliah online agar tidak keteteran. Jadilah mahasiswa yang bijak bisa memanajemen waktu sebaik mungkin agar setiap aktivitas yang kamu lakukan selama di rumah saja tetap bermanfaat. Jangan lupa jaga kesehatan tubuh dan terus berdoa semoga pandemi covid 19 ini bisa secepatnya berakhir.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Manajemen Waktu Selama Kuliah Online Agar Tidak Keteteran
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar