Aneka Pelatihan Rasa 'Triliunan Rupiah' di Prakerja Jokowi

Daftar Isi

    Foto: Presiden Jokowi

    Lancang Kuning, JAKARTA -- Ratusan ribu penerima manfaat program Kartu Prakerja telah mengakses lebih dari 2.000 jenis pelatihan sejak resmi Maret lalu. Ragam jenis pelatihan dari langkah menjadi Youtuber profesional hingga ilmu dasar usaha perikanan dapat diakses di 8 platform online pilihan pemerintah.

    Melansir CNN Indonesia, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menyebut ada 233 lembaga pelatihan yang menawarkan jasanya di program peningkatan keterampilan sekaligus penyaluran bansos itu. Harganya pun beragam, dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

    Baca Juga: 5 Keutamaan dan Balasan bagi Orang yang Sabar

    Namun seperti apa ekosistem pelatihan yang menelan dana triliunan dari APBN ini? Berikut adalah ragam pilihan pelatihan yang disediakan masing-masing platform e-commerce.


    1. Tokopedia

    Tokopedia menggandeng setidaknya selusin lembaga pelatihan dari EF, Tempo Institute hingga Udemy demi menyediakan pilihan pelatihan yang beragam. Penerima manfaat dapat mengikuti kelas online ilmu jurnalistik dari cara menulis opini, infografis, hingga surat motivasi (motivation letter).

    Keterampilan teknis pun dapat dijadikan pilihan, salah satu lembaga pelatihan, Mina Indonesia, menyediakan paket dasar usaha perikanan yang dapat dipelajari lewat gadget masing-masing.

    Baca Juga: Virus Corona Berakhir, Perang Nuklir Amerika dan Rusia Menanti

    "Merupakan pelatihan online mengenai skill usaha perikanan seperti dasar membuka usaha perikanan, jenis-jenis usaha yang dapat dibuat di bidang perikanan dan kelautan, pemasaran, peluang bisnis, hingga cara mencari distributor yang tepat," jelas Mina Indonesia tentang kelas itu.

    Lembaga pelatihan lainnya, Kelas, menawarkan modul belajar dengan para selebritas dari keterampilan menulis skenario film, keterampilan merias diri (make up), hingga komunikasi di depan publik.

    2. Ruangguru

    Melalui situs web skillacademy.com, penerima manfaat dapat mengakses ke lebih dari 100 bidang pelajaran yang diinisiasi oleh eks Stafsus Presiden Joko Widodo, Belva Devara.

    Baca Juga: Selama Bulan April 2020, Indonesia Diguncang Gempa 683 Kali

    Pilihannya dari belajar mengaji agar fasih membaca Al-Quran, pelatihan bahasa Inggris dan Mandarin, kiat-kiat sukses CPNS, kelas bisnis dan mengelola keuangan, hingga belajar kunci sukses wawancara kerja.


    3. Pijar Mahir

    Tak kalah, di platform Pijar Mahir tersedia kelas menjadi Youtuber untuk pemula, pelatihan membuat Logo menggunakan Canva, kelas pengenalan software Microsoft Word dan Excel, hingga ilmu manajemen waktu seperti mengatur produktivitas pribadi.

    "Kursus terdiri dari 3 bahasan dan akan menjelaskan tentang cara menjadi Youtuber untuk pemula. Durasi kursus diperkirakan dapat diselesaikan selama 4 jam," tulis pengajar kursus menjadi Youtuber Rizky R.

    Setelah menyelesaikan pelatihan, sertifikat akan diberikan kelas senilai Rp150 ribu tersebut.


    4. Mau Belajar Apa

    Para pecinta kopi yang ingin memulai bisnis makanan minuman (mamin) dapat mengakses webinar belajar merintis kedai kopi susi kekinian, juga mempelajari pengetahuan dasar menjadi peracik kopi (barista).

    Untuk mereka yang tertarik untuk menjadi MC profesional dapat mengakses webinar yang dibuat oleh mantan Puteri Indonesia, Zivanna Letisha.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    5. Buka Lapak

    Bagi mereka yang gemar memotret bisa membeli kelas fotografi lewat Buka Lapak. Kelas 'Rahasia Jadi Pengusaha Online Sukses' pun disediakan, "Kurikulum: menentukan produk dan target konsumen, mencari supplier, dan membuka toko online," jelas Global Entrepreneur Talent Incubator (GETI).

    Kelas berbisnis online pun marak dipasarkan, dari strategi pemasaran memenangkan hati Milenials dan Gen Z hingga mengoptimalkan pemasaran melalui Facebook.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    6. Kementerian Ketenagakerjaan

    Tak hanya pihak swasta yang unjuk gigi, BUMN puk tak mau kalah. Di platform pelatihan Kemenaker, penerima manfaat dapat belajar ilmu perhotelan, pelatihan bahasa asing, desain grafis, dan kewirausahaan.

    Li Jing, salah seorang mitra yang memasarkan jasanya menawarkan kelas teknis obras mata atau teknis merias untuk mata monolid atau sipit. "Kelas makeup online ini akan menuntun kalian melakukan teknis obras mata yang telah Li Jing terapkan untuk klien yang memilik mata sipit," tulisnya dalam deskripsi kelas seharga Rp500 ribu itu.

    7. Pintaria

    Tak jauh berbeda dengan platform lainnya, Pintaria pun memasarkan pelatihan bahasa Inggris baik untuk pramusaji mau pun dalam menulis Email.

    Ilmu menjahit masker di tengah wabah virus corona pun bisa dijadikan pilihan. "Tujuan dan manfaat dari pelatihan ini adalah untuk membantu kami membuat masker agar bisa menjadi alternatif usaha di saat pandemi covid-19," sebut Haruka Edu.

    Baca Juga: Menko Luhut Polisikan Said Didu

    8. Sekolahmu

    Pusat Studi Al-Qur'an (PSQ) memasarkan kelas Masjidku Keren yang mengajarkan ilmu pengelolaan Masjid secara online. Tujuan belajarnya ialah membekali peserta dengan wawasan keislaman yang moderat.

    Sementara Kampus Guru Cikal menyediakan pelatihan kelas guru onlineuntuk guru yang kewalahan mengatur proses pembelajaran secara online. Kelas berdurasi 12 jam ini dihargai sebesar Rp1 juta.

    Program pelatihan prakerja hingga kini menimbulkan kontroversi. Sebelumnya, Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) menyurati Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta lembaga tersebut mengawal program Kartu Prakerja tahun 2020 dengan anggaran Rp5,6 triliun.

    "Hari ini, Kamis, tanggal 23 April 2020 sekitar jam 13.00 WIB, MAKI telah berkirim surat melalui email kepada Pengaduan Masyarakat KPK," ujar Koordinator MAKI Boyamin Saiman melalui keterangan tertulis, Kamis (23/4).

    Boyamin mengatakan sampai saat ini pihaknya belum melaporkan dugaan tindak pidana korupsi karena belum terjadi pembayaran secara lunas sehingga tidak ada kerugian negara. Namun, kata dia, KPK harus mengawal sebab ada potensi korupsi mengingat besaran anggaran dan jenis pekerjaan yang sulit diukur.

    Ia menjelaskan potensi korupsi pada program tersebut adalah diduga akan terjadi pemahalan harga atau mark up sebesar Rp2,58 triliun. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Aneka Pelatihan Rasa 'Triliunan Rupiah' di Prakerja Jokowi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar