Selama Bulan April 2020, Indonesia Diguncang Gempa 683 Kali

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi lokasi gempa.

    Lancang Kuning – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mencatat, sebanyak 683 kali gempa tektonik yang mengguncang wilayah Indonesia selama April 2020.

    Baca Juga: Virus Corona Berakhir, Perang Nuklir Amerika dan Rusia Menanti

    "Jumlah ini turun dari bulan sebelumnya Maret 965 kali," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono di Jakarta, Jumat, 1 Mei 2020, seperti mengutip Viva.

    Selama bulan April 2020 didominasi gempa dengan magnitudo kecil (M<5,0) yang terjadi 664 kali. Jumlah ini turun dari bulan sebelumnya Maret 949 kali. Gempa signifikan (M>5,0) terjadi 19 kali, jumlah ini naik dari bulan sebelumnya Maret 16 kali.

    Baca Juga: Menko Luhut Polisikan Said Didu

    "Gempa dengan guncangan dirasakan oleh masyarakat selama bulan April terjadi 76 kali, jumlah ini meningkat dari bulan sebelumnya Maret 60 kali," katanya.

    Gempa merusak terjadi satu kali, yaitu Gempa Tapanuli Selatan magnitudo M 5,1 kedalaman hiposenter 16 meter pada 30 April 2020 pukul 15.20.00 WIB. Beberapa rumah mengalami rusak ringan di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Selama bulan April 2020 wilayah yang sangat aktif terjadi gempa adalah (1) Aceh-Nias-Mantawai (2) Lampung-Selat Sunda-Jawa Barat (3) Selatan Jawa Timur, Selatan Bali, Lombok, Sumbawa, dan Sumba (4) Sulawesi Tengah-Gorontalo (5) Laut Maluku (6) Ambon dan Seram (7) Laut Banda (8) Alor, Wetar, Timor (9) Manokwari dan (10) Mamberamo-Jayapura

    Terkait adanya penurunan jumlah aktivitas gempa bumi selama bulan April 2020 merupakan hal biasa. Fenomena naik turun atau fluktuasi jumlah gempa bulanan adalah wajar.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    "Namun demikian kita sebaiknya tetap bersikap waspada mengingat wilayah kita merupakan kawasan rawan gempa, sehingga gempa kuat dapat terjadi kapan saja," ujarnya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Selama Bulan April 2020, Indonesia Diguncang Gempa 683 Kali
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar