Dasar Pakan Ternak Ruminansia

Daftar Isi

    Lancang Kuning  - Pemanfaatan sumber daya pakan yang tersedia secara efektif adalah kunci untuk pemeliharaan ternak yang ekonomis. Sistem pakan lengkap adalah salah satu perkembangan terbaru untuk mengeksploitasi potensi sumber pakan ternak dengan cara terbaik.

    Pakan lengkap adalah campuran kuantitatif dari semua bahan makanan, dicampur dengan seksama untuk mencegah pemisahan dan seleksi, diumpankan sebagai satu-satunya sumber nutrisi kecuali air dan diformulasikan dalam proporsi yang diinginkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi spesifik.

    Tingkat konsentrat dan serat mungkin bervariasi sesuai dengan kebutuhan nutrisi ruminansia untuk tujuan produksi yang berbeda. Pakan lengkap dengan penggunaan residu tanaman berserat adalah cara mulia untuk meningkatkan asupan pakan sukarela dan dengan demikian kinerja produksi hewan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Dalam sistem pemberian pakan ini, hewan ruminansia memiliki ketersediaan pilihan campuran pakan yang seragam secara terus menerus, menghasilkan beban yang lebih seragam pada rumen dan lebih sedikit fluktuasi dalam pelepasan amonia yang mendukung pemanfaatan nitrogen non-protein rumen yang lebih efisien.

    Memberi makan makanan lengkap menstabilkan fermentasi rumen, sehingga meningkatkan pemanfaatan nutrisi. Sistem pemberian pakan ini memungkinkan perluasan penggunaan produk sampingan agro-industri, residu tanaman dan pakan non-konvensional dalam ransum ruminansia untuk memaksimalkan produksi dan meminimalkan biaya makan, sehingga semakin dihargai. Namun, untuk memperluas konsep secara luas ke lapangan dan membuat teknologi ini berhasil dan layak untuk petani, lebih banyak upaya perlu diambil.

    Untuk mendapatkan hasil maksimal dari ternak Anda harus selalu memberi hewan cukup makanan dan air bersih. Pakan yang baik kaya akan nutrisi dan menyediakan segala yang dibutuhkan tubuh agar hewan dapat tumbuh dan bereproduksi.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Lampung

    Yang Dibutuhkan Binatang Dalam Makanannya

    • Semua hewan dan manusia membutuhkan nutrisi yang disebut karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral dalam makanan mereka agar tetap sehat, memiliki energi, tumbuh dan bereproduksi.
    • Karbohidrat seperti gula dan pati dibakar di dalam tubuh untuk memberi energi. Lemak dipecah dalam tubuh untuk memberikan karbohidrat dan air. Hewan dan manusia menyimpan karbohidrat sebagai lemak dalam tubuh.
    • Protein membentuk blok bangunan tubuh. Diperlukan untuk menghasilkan otot.
    • Mineral seperti tembaga dan kalsium dibutuhkan untuk membentuk tulang, otak, saraf dan darah. Tumbuhan mengambil mineral dari tanah.
    • Vitamin sangat penting untuk tubuh yang sehat dan semua tanaman mengandung beberapa vitamin. Kekurangan vitamin esensial dapat menyebabkan masalah seperti kebutaan dan sendi bengkak.
    • Jika hewan tidak mendapatkan cukup nutrisi, mereka akan menjadi kurang produktif dan dapat mati karena kondisi yang disebut penyakit defisiensi.
    • Jika seekor hewan tidak mendapatkan cukup lemak, protein atau karbohidrat dalam makanannya, ia tidak dapat tumbuh dengan baik, kehilangan berat badan, produksi susu turun dan produksi anak-anak terpengaruh.
    • Kekurangan mineral menyebabkan masalah seperti gagal menjadi panas, pertumbuhan tulang yang buruk dan hilangnya rambut atau wol.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Jenis Pakan

    Pakan yang baik dan kaya mengandung lebih banyak energi daripada pakan yang buruk dan seekor sapi mendapat banyak energi dari 1 kg sorgum, gandum atau jagung seperti halnya dari 6 kg rumput. Beberapa pakan sangat buruk dan tidak banyak bermanfaat bagi hewan. Misalnya, jerami tua mengandung sedikit energi, sebagian besar tidak dapat dicerna dan dikeluarkan dari hewan sebagai kotoran.

    • Kasar adalah besar dan rendah karbohidrat yang memberi energi. Contoh pakan tersebut adalah rumput, tangkai jagung, dan ubi jalar.
    • Konsentrat adalah pakan yang kaya protein dan karbohidrat, misalnya tanaman biji-bijian.

    Perut besar ruminansia dengan empat kompartemennya berarti dapat hidup terutama dengan serat. Hewan dengan perut tunggal membutuhkan lebih banyak konsentrat daripada ruminansia.

    Pakan Tambahan

    • Pakan tambahan diberikan saat rumput buruk dan kering atau saat seekor hewan hamil, memberikan susu atau hewan yang bekerja.
    • Pakan tambahan terbaik adalah kue. Yang termurah di antaranya adalah bahan limbah dari pengolahan kelapa, kacang tanah, biji kapas dan minyak kelapa sawit.
    • Anda dapat menggunakan apa pun yang tersedia secara lokal.

    Air

    • Hewan membutuhkan banyak air bersih segar setiap hari.
    • Selalu beri air sebelum memberi makan hewan dan biarkan mereka minum setidaknya tiga kali sehari.
    • Hewan pemamah biak di padang rumput dapat disiram setiap 2 - 3 hari.
    • Jangan biarkan hewan berdiri di air di tempat minum. Ini bisa menyebabkan penyakit menyebar.
    • Kebutuhan air akan bervariasi sesuai dengan pakan yang mereka makan dan cuaca.
    • Sedikit garam dapat ditambahkan ke air minum untuk menyediakan mineral.(Bagas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dasar Pakan Ternak Ruminansia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar