Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Lampung

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Dalam menyambut tahun ajaran baru, beberapa sekolah akan sibuk mempersiapkan berbagai hal untuk siswanya, mulai dari ujian naik kelas hingga ujian nasional untuk siswa tingkat terakhir di SMA sederajat.

    Namun bagi siswa semester akhir kelas 12 SMA sederajat, ujian nasional bukan menjadi satu-satunya hal harus dipersiapkan, terutama untuk siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi. Untuk bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, setiap siswa juga harus bersiap mengikuti tes untuk masuk perguruan tinggi.

    Sebelum mengikuti tes masuk perguruan tinggi, tentunya siswa harus mendaftar di sebuah perguruan tinggi yang sudah dipilih. Namun, ternyata tidak mudah untuk menentukan perguruan tinggi yang tepat.

    Sebagian besar siswa memang menargetkan untuk dapat masuk ke perguruan tinggi negeri. Namun, dalam memilih perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dan program studi yang tepat, ada beberapa pertimbangan yang harus diketahui terlebih dahulu seperti berikut ini:

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Kenali Minat dan Bakat

    Sebelum menjatuhkan pilihan kepada perguruan tinggi dan program studi tertentu, sebaiknya kenali minat dan bakat serta kemampuan diri sendiri. Sebab itu, jangna terburu-buru dalam memilih perguruan tinggi dan jurusan, terlebih lagi hanya untuk gengsi-gengsian atau ikut-ikutan teman. Padahal, calon mahasiswa tersebut tidak memiliki kemampuan, minat dan bakat untuk berkuliah di jurusan tersebut.

    Jadi, pilih jurusan yang sesuai minat dan bakat serta kemampuan masing-masing calon mahasiswa. Kemampuan dalam hal ini, mampu secara akademik maupun perekonomian.

    1. Diskusikan Bersama Orangtua

    Memiliki cita-cita untuk masa depan yang cemerlang memang baik, namun terkadang cita-cita yang ingin diwujudkan tidak sesuai dengan harapan orangtua.

    Jika ingin memilih jurusan sesuai cita-cita, sebaiknya diskusikan dahulu bersama orangtua. Tidak ada salahnya pula menjelaskan alasan dalam memilih perguruan tinggi serta jurusan sesuai cita-cita. Diskusi sebelum memilih perguruan tinggi serta jurusannya sangat penting untuk mendapatkan dukungan dari orangtua selama masa perkuliahan.

    1. Akreditasi

    Status perguruan tinggi yang akan dipilih juga sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum mendaftar. Salah satunya, Akreditasi. Kendati tujuan kuliah adalah mendapatkan ilmu serta keterampilan, akreditasi tetap tidak bisa diabaikan.

    Akreditasi menjadi pertimbangan untuk mengetahui standar mutu maupun kualitas pendidikan dari sebuah perguruan tinggi. Dengan adanya akreditasi, sebuah perguruan tinggi harus mampu meningkatkan kualitas atau mutu pendidikannya.

    Bahkan saat ini, akreditasi menjadi indicator legalitas dari sebuah perguruan tinggi. Dengan kata lain, perguruan tinggi yang tidak memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional atau BAN PT akan dianggap illegal. Artinya, lulusan serta ijazah yang diperoleh dari perguruan tinggi tersebut tidak mendapat pengakuan dari negara dan pemerintah Indonesia.

    Salah satu perguruan tinggi yang telah mengantongi akreditasi dari BAN PT adalah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Lampung. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Lampung merupakan perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Kementerian Agama RI. Namun, secara teknis akademis bidang ilmu umum dibina oleh Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

    Saat ini, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Lampung sudah membuka dua program studi atau jurusan yang memperoleh akreditasi dari BAN PT, seperti berikut ini:

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Al Muslim

    Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Lampung

    Program Studi

    Strata

     Tahun SK

    Peringkat

    Status Kadaluarsa

    Perbankan Syariah

    S1

    2019

    C

    Masih Berlaku

    Ekonomi Syariah

    S1

    2019

    C

    Masih Berlaku

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Meski baru membuka dua  program studi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Lampung terus berupaya melakukan pengembangan-pengembangan dalam bidang studi lainnya untuk menghasilkan intelektual-intelektual muslim.

    Selain itu, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Lampung bertekad untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul dan kompetitif dalam bidang ilmu ekonomi dan perbankan syariah berkarakter, berwawasan global, serta entrepreneurship berbasis IT.

    Terkait fasilitas pendukung selama perkuliahan, seperti sarana dan prasarana, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Lampung sudah dilengkapi dengan perpustakaan, lingkungan penelitian, laboratorium yang memadai serta fasilitas untuk memudahkan mahasiswa dalam mengakses data dan informasi dengan kecangggihan sistem multimedia.(V0l1-Yl)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Lampung
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar