Faktor yang Mempengaruhi Struktur Bangunan Berdasarkan Kriteria Desain dan Pembebanan

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Hari ini saya akan menulis sebuah artikel seperti judul diatas, tapi sebelumnya saya hanya ingin memberi tahu bahwa saya tidak terlalu memahami soal judul kali ini. Tapi saya tetap akan berusaha memberikan pengetahuan yang dapat teman – teman ambil dan semoga ini bermanfaat.

    Biasanya bab tentang judul ini, banyak dibahas oleh siswa ataupun mahasiswa dalam jurusan teknik bangunan, mungkin? Atau teman – teman pernah juga membahasnya di dalam sekolah yang sedang teman – teman tempuh saat ini?

    Kalau saya pribadi, belum pernah membahas hal ini sebelumnya. Jadi saya benar – benar berusaha untuk semaksimalkan mungkin dalam menulis artikel kali ini. Mungkin sudah bukan hal yang asing, jika dalam proses pembangunan sebuah gedung atau bangunan terlebih dahulu kita membutuhkan sebuah rencana atau gambaran awal atau yang lebih dikenal dengan istilah “desain”.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Sebuah bangunan yang akan dibangun tentu memerlukan desain, yang mana desain tersebut sesuai dengan keinginan atau kriteria dari si pemilik bangunan tersebut. Dan dalam membangun sebuah bangunan kita tidak bisa sembarangan, tetapi juga memerlukan pengetahuan dan ilmu yang cukup untuk membangunnya, sama seperti menulis.

    Tentu kita tak bisa sembarangan menulis, pasti ada cara dan teknik yang dapat kita lakukan, entah itu teknik memegang pensil yang baik dan benar, cara penulisan huruf capital, tanda baca dan masih banyak lagi. Kembali ke topik awal, dalam mendirikan sebuah bangunan tentu kita harus mempertimbangkan kemungkinan buruk yang suatu saat bisa menimpa bangunan itu, salah satu contohnya seperti gempa bumi. Itu adalah salah satu contoh dari bencana alam yang mungkin memang jarang terjadi di daerah perkotaan, karena memang lebih rawan terjadi di daerah pedesaan, namun hal itu tetap harus dipertimbangkan untuk mengantisipasi kemungkinan – kemungkinan buruk lainnya.

    Baiklah, kita lanjutkan. Saya akan membahas tentang faktor – faktor yang dapat mempengaruhi struktur bangunan berdasarkan kriteria desain serta pembebanan :

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Lampung

    1. Kriteria desain

    Hal ini merupakan hal pertama yang dapat mempengaruhi struktur bangunan, kriteria ini lah yang nantinya akan menjadi penentu dan petunjuk saat membangun sebuah bangunan.Ada beberapa kriteria yang akan kita bahas, yaitu struktur harus mampu menampung beban secara aman dan efisiensi, struktur bangunan harus lebih ekonomis. Serta adanya perakitan elemen atau material.

    1. Ekonomis

    Harga juga menjadi penentu, karena harga yang baik akan mendorong peminat untuk membangun sebuah bangunan. Dan harga tinggi tersebut harus diiringi dengan kualitas yang baik pula. Jadi terjadi keseimbangan dan mencegah terjadinya kekecewaan klien.

    Selanjutnya kita akan membahas tentang pembebanan yang ada pada struktur. Ada beberapa peraturan dalam pembebanan ini, yaitu :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Beban pada lantai gedung, hal ini menyangkut juga pada benda atau fasilitas yang berada di dalam sebuah ruang.
    2. Beban pada atap bangunan, biasanya beban ini memiliki ukuran standar yang dapat teman – teman lihat di beberapa situs pada laman internet.
    3. Gempa, ini seperti yang saya katakan tadi sebelumnya. Jadi mempertimbangkan kemungkinan semacam ini bukan hal yang tidak penting atau hal yang harus ditinggalkan dalam pembuatan struktur bangunan, justru harus diperhatikan.

    Saya rasa cukup sekian artikel kali ini, saya harap teman – teman dapat mengambil sedikit banyak dari apa yang saya tulis. Dan budayakan membaca ya, karena dengan membaca kita dapat mendapatkan pengetahuan dan juga membantu kita untuk berpikir secara lebih dalam lagi. Saya mohon maaf jika ada salah ketik atau salah cara memberitahukan kepada teman – teman. Dan semoga ke depannya saya bisa menulis artikel dengan lebih baik lagi. Dan semoga teman – teman tidak bosan membaca tulisan saya. Sekian. (Rita)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Faktor yang Mempengaruhi Struktur Bangunan Berdasarkan Kriteria Desain dan Pembebanan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    80%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    20%

    Marah

    0%

    Komentar