Hindari Makanan dan Minuman Penyebab Daya Tahan Tubuh Rendah

Daftar Isi

    Lancan Kuning - Kita tahu bahwa sistem imun dalam tubuh sangat penting dijaga agar kita bisa tetap sehat dan bugar. Apabila sistem imun kita menurun, maka tubuh sangat rentan sekali terserang virus atau bakteri yang mengakibatkan mudah sakit. Tentu saja penyebab dari menurunnya sistem imun tidak tidak lain dan tidak bukan adalah makanan yang kita konsumsi setiap harinya.

    Selain tetap menjaga kebersihan diri di tengah wabah covid-19 yang melanda dunia agar tidak mudah terpapar virus, menjaga kesehatan dan sistem imun juga hal mesti diperhatikan. Untuk itu penting sekali bagi kita untuk mengatur setiap asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita, karena setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi memiliki pengaruh terhadap sistem imun seseorang.

    Dilansir dari TheAsiaparent bahwa dokter Samer Bedi Blackmon, MD menjelaskan jika apapun yang dikonsumsi oleh seseorang akan berpengaruh terhadap daya tahan tubuhnya. Salah satu contohnya adalah tubuh akan kehilangan kekuatan dalam menangkal penyakit jika mengkonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan gula yang tinggi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Karena hal itulah dr. Samer menyarankan untuk selalu mengkonsumsi makanan dan minuman dengan gizi seimbang. Tujuannya tidak lain agar vitamin dan mineral tubuh kita bisa terpenuhi sehingga sistem kerja imun tubuh bisa lebih maksimal.

    Ia juga menjelaskan bahwa tanpa disadari setiap yang masuk ke dalam mulut akan menjadi bahan baku dalam membangun sistem imun dimana imun ini akan melindungi diri dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus.

    Agar sistem imun kita bisa bekerja secara maksimal dan tubuh tetap terjaga kesehatannya maka penting sekali memperhatikan makanan yang harus dihindari. Berikut beberapa makanan serta minuman yang dapat menyebabkan daya tahan tubuh kita bisa menurun sehingga penting sekali untuk dihindari :

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung

    1. Makanan Olahan

    Makanan olahan atau instan memang mudah sekali didapatkan, bahkan hampir semua kita menyukai sekali makanan olahan ini. Namun, terlalu sering memakannya menjadi pemicu inflamasi dalam tubuh sehingga itu akan mengurangi kemampuan tubuh kita ketika melawan virus yang masuk ke dalam tubuh.

    1. Minuman Bersoda

    Minuman bersoda ini sangat berpengaruh sekali pada daya tahan tubuh kita, dimana kadar gula yang tinggi dalam kandungannya membuat daya tahan tubuh mudah menurun. Bahkan ada beberapa penelitian yang menjelaskan bahwa kemampuan sel darah putih dalam membunuh bakteri penyakit bisa menurun jika mengkonsumsi minuman bersoda.

    1. Makanan Tinggi Gula dan Lemak

    Kita tahu bahwa makanan berlemak sangat tidak sehat untuk tubuh dimana bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat. Tidak hanya menyebabkan daya tahan tubuh anda menurun, makanan berlemak dan kadar gula tinggi tersebut tentu saja sangat berbahaya bahkan bisa menjadi penyebab munculnya penyakit mengerikan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Minuman Alkohol

    Selain kopi, mengkonsumsi minuman ber-akohol juga sangat berbahaya untuk tubuh salah satunya menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Mengkonsumsi alkohol bisa mengganggu tugas mikroba, dimana mikroba ini terdapat pada usus dan begitu penting sekali ketika memerangi penyakit. Tidak hanya itu saja, alkohol juga menyebabkan resiko rusaknya sel-sel epitel pada usus sehingga tubuh akan kesulitan dalam menyerap nutrisi.

    1. Kopi

    Meskipun kafein ini memiliki manfaat dikarenakan sifat anti inflamasi yang dimilikinya, namun jika dikonsums berlebihan kafein yang terdapat pada kopi juga sangat berbahaya. Dampak utama mengkonsumsi kafein berlebihan adalah tidak beraturannya irama jantung serta tekanan darah bisa meningkat. Selain itu kadar kortisol juga akan meningkat sehingga memicu rasa cemas berlebihan hingga kesulitan dalam tidur.

    Nah, itulah beberapa makanan dan minuman yang harus kita hindari karena menjadi penyebab daya tahan tubuh atau sistem imun kita menurun. Di saat pandemi ini penting sekali bagi kita untuk menjaga daya tahan tubuh agar bisa tahan dari wabah Covid-19. Semoga bermanfaat, mari kita biasakan untuk hidup bersih dan menjaga kesehatan diri terhindar dari ragam penyakit.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Hindari Makanan dan Minuman Penyebab Daya Tahan Tubuh Rendah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar