Mengevaluasi Masalah Masalah Ekonomi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Masalah ekonomi yang sering terjadi seperti masalah dalam kebutuhan dan juga keperluan pokok, seperti masalah untuk tempat tinggal, pangan dan kebutuhan ataupun keperluan lainnya. Masalah ekonomi inilah yang sering terjadi dan terus diperbaiki. Masalah ekonomi banyak terjadi pada negara berkembang. Hal ini karena, negara berkembang memiliki banyak kekurangan untuk pemerataan ekonomi.

    Dengan demikian, beberapa daerah di wilayah negara tersebut ada yang kekurangan dan ada pula yang berlebihan. Untuk bisa melakukan pemerataan ekonomi maka perlu melakukan sejumlah usaha, agar tujuan bisa tercapai. Agar pemerataan terjadi dan berlangsung dengan baik maka perlu melakukan hal-hal seperti,  pembangunan ekonomi seperti tersedianya pekerjaan, tempat tinggal, sumber makanan, barang yang dibutuhkan, serta adanya kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Bukan hanya pada negara yang masih berkembang saja yang mengalami masalah ekonomi, namun masalah ekonomi juga dapat terjadi pada negara yang telah maju. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan, ada pembagian yang tidak merata. Sehingga ada wilayah yang kekurangan dan ada yang berlebihan. Untuk itulah masalah ekonomi adalah masalah sulit yang dihadapi setiap negara, karena dalam ekonomi banyak tahapan yang sulit untuk dilakukan dan perlu waktu yang lama untuk dapat menyelesaikan setiap tahapannya.

    Masalah ekonomi terjadi atau disebabkan dari kebutuhan. Banyak kebutuhan yang kita perlukan seperti kebutuhan sehari-hari atau pokok, kebutuhan kesehatan, kebutuhan akan barang-barang tertentu. Untuk mendapatkannya maka diperlukan usaha. Oleh karena itulah, beberapa bahkan hampir sejumlah orang maupun masyarakat perlu pekerjaan. Pekerjaan merupakan jalan agar mereka mendapatkan kebutuhan apa saja yang mereka inginkan.

    Dengan adanya pekerjaan beberapa kebutuhan akan terpenuhi mulai dari kebutuhan sehari-hari, kebutuhan tambahan seperti keperluan akan transportasi dan keperluan kebugaran seperti obat, olahraga, sampai dengan sesuatu yang diperlukan lainnya. Masalah ekonomi terjadi akibat kebutuhan yang terdapat diatas atau yang tersebut barusan tidak didapatkan atau belum dicapai.

    Baca juga : Model Diagram Interaksi Antar Pelaku Ekonomi

    Jika keperluan seperti makanan, tempat tinggal, pekerjaan, dan yang lainnya tidak didapat maka dapat dikatakan mengalami masalah ekonomi. Masalah ekonomi terjadi akibat keperluan yang berkaitan dengan kehidupan tidak ada. Masalah ekonomi menjadi masalah yang sering dihadapi dan sulit diatasi. Untuk dapat mengatasi perlu kerja sama, penyediaan lapangan pekerjaan yang luas, jumlah produksi, baik produksi kebutuhan pokok seperti makanan, tempat tinggal, dan yang lainnya.

    Kemudian kegiatan produksi barang lainnya yang diperlukan untuk mendapatkan kesejahteraan. Oleh karena itu setiap orang perlu bekerja sama untuk mendapat kesejahteraan atau kemakmuran. Banyak hal dan juga faktor yang mempengaruhi masalah ekonomi. Faktor ini dapat berasal dari dalam maupun luar. Dan faktor ini terbagi lagi menjadi faktor dari manusia dan lingkungan sekitar.

    Manusia memiliki keinginan ini menjadi faktor yang berasal dari dalam diri. Kemudian lingkungan sekitar jika terjadi bencana maka keperluan kehidupan akan sulit didapat. Ini menjadi faktor dari luar untuk lingkungan sekitar. Bencana alam menjadi faktor luar yang mempengaruhi ekonomi dan keinginan seseorang maupun sekelompok menjadi faktor yang mempengaruhi dari dalam. Ekonomi yang bermasalah atau terdapat kendala terjadi akibat adanya kedua sebab ataupun akibat dari tindakan diatas.

    Masalah-masalah yang akan terjadi akibat perilaku dan tindakan diatas yakni sebagai berikut. Masalah dalam mengelola kebutuhan baik makanan sebagai kebutuhan pokok maupun kebutuhan akan barang-barang lainnya. Selanjutnya ialah masalah penyebaran ekonomi dapat terganggu akibat beberapa atau sejumlah orang menghambat penyebaran hasil produksi. Ini yang dinamakan dengan faktor dari dalam.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Saat terjadi penghambatan maka sejumlah orang yang membutuhkan akan terganggu atau tidak dapat terpenuhi kebutuhannya. Dan masalah ini dapat berkembang jika ada yang mengatakan barang sulit didapat dan pada akhirnya harga menjadi mahal, hal ini mengakibatkan sejumlah orang yang kurang mampu terpaksa tidak mencari dan memenuhi kebutuhan tersebut. dan hal ini nantinya akan berdampak buruk bagi masyarakat.

    Setelah gangguan dari penyebarluasan selanjutnya ada gangguan dari masalah dalam konsumsi yang berlebihan. Masalah ini dapat menyebabkan pembagian kebutuhan dan keperluan tidak seimbang, dan orang lain yang membutuhkan tidak akan mendapatkan bagian. Mengambil secara berlebihan dapat menghabiskan stok dan pada akhirnya orang lain tidak terpenuhi kebutuhannya. Inilah masalah yang timbul pada ekonomi. Sejumlah orang saling mencari agar kebutuhan dari kehidupannya terpenuhi.(Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mengevaluasi Masalah Masalah Ekonomi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar