Model Diagram Interaksi Antar Pelaku Ekonomi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Salah satu model dasar utama yang diajarkan dalam ekonomi adalah model aliran sirkuler, yang menggambarkan aliran uang dan produk di seluruh perekonomian dengan cara yang sangat sederhana. Model ini mewakili semua pelaku dalam suatu ekonomi sebagai rumah tangga atau perusahaan (perusahaan), dan membagi pasar menjadi dua kategori:

    • Pasar untuk barang dan jasa
    • Pasar untuk faktor-faktor produksi (pasar faktor)

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Apa itu Diagram Alir Sirkuler?

    Kita semua perlu membeli barang. Terkadang barang-barang itu adalah bahan makanan, sementara di waktu lain barang-barang itu adalah pakaian untuk acara penting. Apa pun barangnya, membelinya merupakan bagian penting dalam ekonomi yang berfungsi. Sederhananya, setiap kali kita membeli barang, kita berkontribusi pada ekonomi.

    Dalam artikel ini, kita akan melihat bagaimana pembelian itu hanya bagian dari teka-teki ekonomi yang lebih besar. Anda lihat, ekonomi bekerja dalam gerakan melingkar yang dikenal sebagai diagram aliran sirkuler dalam bidang ekonomi. Diagram alir melingkar adalah model dasar yang digunakan dalam ekonomi untuk menunjukkan bagaimana fungsi ekonomi.

    Terutama, ini terlihat pada cara uang, barang, dan jasa bergerak di seluruh perekonomian. Dalam diagram, ada dua karakter utama, yang dikenal sebagai perusahaan dan rumah tangga, di mana rumah tangga mewakili konsumen dan perusahaan mewakili produsen.

    Model Pasar untuk Faktor Produksi

    Jika pasar barang dan jasa adalah satu-satunya pasar yang tersedia, perusahaan pada akhirnya akan memiliki semua uang dalam suatu perekonomian, rumah tangga akan memiliki semua produk jadi, dan kegiatan ekonomi akan berhenti. Untungnya, pasar barang dan jasa tidak menceritakan keseluruhan cerita, dan pasar faktor berfungsi untuk melengkapi aliran uang dan sumber daya yang melingkar.

    Istilah "faktor-faktor produksi" mengacu pada apa pun yang digunakan oleh perusahaan untuk membuat produk akhir. Beberapa contoh faktor produksi adalah tenaga kerja (pekerjaan itu dilakukan oleh orang-orang), modal (mesin yang digunakan untuk membuat produk), tanah, dan sebagainya. Pasar tenaga kerja adalah bentuk pasar faktor yang paling sering dibahas, tetapi penting untuk diingat bahwa faktor-faktor produksi dapat mengambil banyak bentuk.

    Baca juga : Jenis Badan Usaha Penjelasan Kelebihan Dan Kekurangan

    Model Dua Jenis Pasar Membentuk Lingkaran Tertutup

    Ketika pasar faktor disatukan dengan pasar barang dan jasa, loop tertutup untuk aliran uang terbentuk. Akibatnya, kegiatan ekonomi yang berkelanjutan akan berkelanjutan dalam jangka panjang, karena baik perusahaan maupun rumah tangga tidak akan mendapatkan semua uangnya.

    Garis luar pada diagram (garis berlabel "Tenaga Kerja, modal, tanah, dll." Dan "Produk jadi") juga membentuk loop tertutup, dan loop ini mewakili fakta bahwa perusahaan menggunakan faktor-faktor produksi untuk menciptakan produk jadi dan rumah tangga mengkonsumsi produk jadi untuk mempertahankan kemampuan mereka dalam menyediakan faktor-faktor produksi.

    Model Versi Realitas Yang Disederhanakan

    Model ini disederhanakan dengan sejumlah cara, terutama karena mewakili ekonomi yang sepenuhnya kapitalistik tanpa peran pemerintah. Namun, orang dapat memperluas model ini untuk memasukkan intervensi pemerintah dengan memasukkan pemerintah antara rumah tangga, perusahaan, dan pasar.

    Sangat menarik untuk dicatat bahwa ada empat tempat di mana pemerintah dapat dimasukkan ke dalam model, dan setiap titik intervensi realistis untuk beberapa pasar dan tidak untuk yang lain. (Misalnya, pajak penghasilan dapat diwakili oleh entitas pemerintah yang dimasukkan antara rumah tangga dan pasar faktor, dan pajak pada produsen dapat diwakili dengan memasukkan pemerintah antara perusahaan dan pasar barang dan jasa.)

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Rumah Tangga Dapat Menyediakan Hal-Hal Selain Buruh

    Satu pertanyaan umum mengenai model ini adalah apa artinya bagi rumah tangga untuk menyediakan modal dan faktor produksi non-tenaga kerja lainnya kepada perusahaan. Dalam hal ini, penting untuk diingat bahwa modal merujuk tidak hanya pada mesin fisik tetapi juga pada dana (kadang-kadang disebut modal keuangan) yang digunakan untuk membeli mesin yang digunakan dalam produksi.

    Dana ini mengalir dari rumah tangga ke perusahaan setiap kali orang berinvestasi di perusahaan melalui saham, obligasi, atau bentuk investasi lainnya. Rumah tangga kemudian mendapatkan pengembalian modal keuangan mereka dalam bentuk dividen saham, pembayaran obligasi, dan sejenisnya, sama seperti rumah tangga mendapatkan pengembalian atas tenaga kerja mereka dalam bentuk upah.(Bagas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Model Diagram Interaksi Antar Pelaku Ekonomi
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    50%

    Marah

    0%

    Komentar