Jenis Media Penyiaran

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Dalam bahasa inggris penyiaran disebut dengan broadcasting merupakan penyampaian siaran dilakukan dengan penyiapan materi, proses produksi, penyiapan bahan siaran, selanjutnya pemancaran siaran ke pemirsa yang ada di mana pun berada. Penyiaran mempunyai sifat yaitu bisa tersebar ke segala arah.

    Ilmu penyiaran adalah proses dimana terbentuknya ide-ide yang kreatif dan bisa di terealisasikan. Selanjutnya dalam proses tersebut ada gagasan yang berasal dari komunikator, sehingga bisa membentuk sebuah pesan yang bisa disampaikan ke seluruh pemirsa yang ada.

    Pesan tersebut akan disampaikan dengan menggunakan saluran komunikasi yang bisa menjangkau masyarakat luas, walau ke ujung daerah sekali pun. Dalam teknik penyiaran ada 4 jenis penyiaran, dimana 4 jenis tersebut telah dibagi menurut perantara dan kategori medianya. Berikut merupakan jenis penyiaran yang harus diketahui.

    1. Penyiaran analog dan digital

    Penyiaran ini biasanya kita temui pada penyiaran televisi. Untuk penyiaran ini terbagi atas dua, yaitu:

    1. Tv digital
      Metode yang digunakan untuk penyiaran jenis tv digital yaitu metode digital dimana metode ini disebut dengan televisi digital. Jenis penyiaran tv digital adalah perkembangan dari penyiaran tv analog.Jenis penyiaran televisi digital adalah dengan menggunakan sistem digital dan bisa menyiarkan suara, gambar, sinyal. Alat televisi digunakan untuk menangkap siaran televisi digital. Tv digital yang pertama kali hadir yaitu TVRI, SCTV, Metro TV, ANTV dan TV One.
    2. Tv analog
      Jenis penyiaran yang digunakan tv analog yaitu dengan menggunakan gelombang radio. Dimana siaran ini nantinya bisa dipancarkan ke seluruh daerah. Sinyal tv analog akan dipancarkan dengan berbentuk gambar dan suara. Untuk frekuensi tv digital dengan tv analog jauh berbeda dimana perbandingannya yaitu 1 : 6.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru 

    1. Penyiaran network

    Jenis penyiaran ini adalah jenis penyiaran yang menggunakan media dimana internet sebagai perantara.  Misalnya radio. Radio ini biasanya disebut dengan internet radio, dimana radio dalam pemancarannya menggunakan media internet.

    Internet radio menyajikan siaran ke pendengar melalui audio disajikan dalam bentuk media streaming.  Karena hal tersebut anda yang sedang mendengarkan musik bisa menghentikan musik tersebut dan bisa melanjutkannya ketika anda ingin melanjutkannya lagi. Hal tersebut merupakan bukti dari perkembangan penyiaran. Jika dibandingkan radio tradisional, internet radio jauh lebih baik.

    Radio tradisional biasanya hanya di akses di daerah tertentu, karena keterbatasan jaringan. Sedangkan layanan internet radio bisa di dengar dimana saja bahkan di belahan dunia sekalipun. Karena hal tersebut orang lebih banyak mau menggunakan radio internet. Di layan radio internet banyak inovasi yang dikembangkan kita tidak hanya bisa mendengarkan lagu tetapi bisa juga mendengarkan berita baik berita politik, olahraga. Sehingga radio tradisional semakin ketinggalan.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung

    1. Penyiaran komunitas dan penyiaran komersial

    1. Penyiaran komersial
      Penyiaran komersial hanya bisa mengandalkan kehidupan yang pendapatannya berasal dari iklan. Penyiaran komersial yang menyiarkan umumnya adalah pihak swasta.
    2. Penyiaran komunitas
      Merupakan penyiaran yang bisa memberikan pengakuan yang akurat terhadap perannya kepada seluruh anggota komunitas. Penyiaran komunitas berada pada naungan lembaga pemerintah. Penyiaran ini diantaranya sebagai berikut :
    • Tv komunitas,
    • Tv kampus,
    • Radio organisasi
    1. Penyiaran nasional

    Penyiaran nasional hampir sama dengan penyiaran komunitas. Perbedaannya yaitu penyiaran komunitas dibawah naungan lembaga sedangkan penyiaran nasional berada di bawah naungan pemerintah.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Dimana tujuan penyiaran nasional sebagai berikut :

    • Bisa memenuhi hak rakyat
    • Bisa mempertahankan keadilan
    • Bisa mengembangkan semua pendapat dari publik

    Setiap tanggal 1 April Indonesia memperingati hari penyiaran nasional. Karena hari itu merupakan hari yang memiliki makna tersendiri bagi Indonesia. Dimana tanggal 1 tersebut membentuk Indonesia menjadi sebuah bangsa. Tanggal tersebut ditetapkan semenjak tahun 2009 tepatnya di kota Solo. Selanjutnya baru diperingati di penyiaran Indonesia.

    Itulah beberapa jenis penyiaran di Indonesia yang harus di ketahui. Dimana beberapa jenis tersebut bisa menjadi sebagai acuan atau referensi untuk kita. Sehingga bisa menambah wawasan kita tentang penyiaran. Untuk penyebaran siaran juga di atur oleh undang-undang.(Indah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis Media Penyiaran
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar