Perbedaan Komponen Aktif dan Pasif

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Komponen-komponen di dalam dunia elektronik sangat lah penting. Di dalam dunia kelistrikan pasti ada yang namanya komponen pasif dan komponen aktif. Komponen elektronika di bagi menjadi dua jenis yakni komponen pasif dan aktif. Komponen aktif dan pasif adalah komponen yang tidak bisa di pisahkan satu dengan yang lainnya.

    Kita pasti pernah mendengar kata dari komponen aktif dan pasif. Komponen elektronika memiliki fungsi sendiri-sendiri dalam rangkaian elektronika. Walaupun komponen aktif dan pasif mempunyai fungsi tersendiri, komponen aktif dan pasif di rangkai untuk bekerja bersama-sama dan komponen dari masing-masing tersebut akan saling mendukung.

    Karena komponen tersebut akan bersamaan mengatur arus yang akan mengalir.  Saat ini kita akan membahas beberapa elemen-elemen yang termasuk ke dalam jenis komponen aktif dan pasif dan juga perbedaan antara komponen aktif dan pasif.

    Komponen aktif dan komponen pasif dalam rangkaian eletronik di kelompokkan ke dalam beberapa jenis-jenis faktor yaitu sebagai sumbernya, fungsinya, penguatan daya, dan mengendalikan aliran arus.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Perbedaan komponen aktif dan komponen pasif

    Komponen aktif

    Adalah termasuk komponen yang memerlukan arus untuk dapat bekerja. Komponen aktif bisa di katakan dengan elemen dikarenakan dapat memperoleh energi yang berasal dari energinya sendiri, dan bisa membagikannya ke elemen pasif yang sama dengan suatu rangkaian. Komponen aktif bisa mengatur arus yang mengalir. Komponen aktif bisa memberikan energi.

    Contoh dari komponen aktif adalah :

    • Ac
    • Dc
    • Ic
    • Dioda
    • Led

    Komponen pasif

    Komponen pasif merupakan komponen yang tidak membutuhkan arus listrik untuk melakukan pekerjaannya. Di sebut dengan komponen pasif karena komponen tersebut tidak bisa memberikan energi listrik dari dalam elemen itu sendiri, komponen pasif mengambil energi dari sumber rangkaian lain dan akan mengubah energi itu menjadi energi panas. Komponen pasif tidak bisa mengatur arus yang mengalir. Komponen aktif yang bisa menerima arus yang mengalir.

    Contoh dari komponen pasif adalah :

    • Resistor
    • Kapasitor
    • Induktor

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Kadiri

    Elemen-elemen yang di gunakan dalam rangkaian komponen aktif dan pasif

    Komponen aktif termasuk ke dalam perangkat elektronika yang bisa menerima dan mengirim energi kepada sirkuit. Komponen yang membutuhkan arus listrik untuk bisa bekerja. Komponen aktif di sebut dengan komponen aktif karena jika tidak ada arus listrik maka rangkaian elektronika tidak bisa bekerja.

    Komponen aktif yang di pakai ke dalam rangkaian elektronika adalah sebagai berikut.

    • Dioda

    Berfungsi untuk menahan arus listrik yang akan masuk dari arah yang sama dan juga mengizinkan arus listrik masuk ke arah yang bersamaan. Dioda bisa juga termasuk untuk mengendalikan. Berfungsi untuk mengeluarkan cahaya.

    • LED

    Berfungsi untuk menghasilkan cahaya, yang akan berbentuk menjadi lampu.

    • IC

    Ic di gunakan untuk otak peralatan elektronika. Berguna untuk menyimpan media, untuk mengontrol, dan penguat.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Tabung elektron

    Tabung bisa di pergunakan untuk memperkuat jaringan. 

    Komponen pasif adalah jenis komponen yang tidak membutuhkan arus listrik untuk melakukan pekerjaannya. Komponen pasif tidak memiliki jenis yang bekerja untuk mengarahkan, menguatkan, dan mengubah suatu energi ke energi yang lainnya. Ada beberapa jenis-jenis di dalam komponen pasif yang di pakai oleh elektronika.

    • Resistor

    Resistor biasa juga di sebut dengan hambatan yang berguna untuk mengatur arus listrik dan memperlambat yang masuk ke sebuah rangkaian elektronika.

    • Transformator

    Perlengkapan yang di gunakan untuk memindahi tenaga listrik, dua atau lebih rangkaian listrik yang menelusuri induksi. Transformator tidak membutuhkan arus listrik untuk melakukan pekerjaannya.

    • Induktor

    Indikator yang di kelompokkan menjadi ikatan kawat yang mengakibatkan sesuatu gulungan.

    • Kapasitor

    Kapasitor bisa saja bekerja tanpa menggunakan bantuan yang lain. Kapasitor berfungsi untuk menyimpan beberapa muatan arus listrik. (Rinta)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Komponen Aktif dan Pasif
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar