Pewarisan Sifat Pada Makhluk Hidup Dan Kelainan Sifat Yang Diturunkan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pernahkah kita menyadari bahwa kita memiliki beberapa persamaan terhadap saudara kita bahkan dengan orang tua kita?. Persamaan tersebut bisa saja berasal dari wajah yang hampir mirip bahkan seperti menduplikat wajah orang tuanya. Tidak hanya wajah, hal ini juga berlaku dengan warna kulit, bentuk rambut misalnya rambut orang tuanya lurus begitu pula dengan rambut anaknya.

    Nah, saat ini yang menimbulkan sebuah pertanyaan yakni, mengapa hal tersebut dapat terjadi?. Hal tersebut dapat saja terjadi dikarenakan adanya suatu penurunan sifat yang terjadi dari sang induk kepada keturunan atau anaknya. Jika kita memperhatikan alam sekitar kita lebih detail dan lebih teliti, pastinya kita sudah banyak menemukan persamaan diantara induk dan juga anak.

    Baca juga :  Tempat Wisata di Riau

    Tidak hanya persamaan saja, tetapi juga banyak perbedaan yang dapat kita temukan diantara orang tua dan juga anak-anaknya. Dapat kita contohkan misalnya saja terdapat sebuah keluarga kecil, yang dimana didalam keluarga tersebut dapat menampakkan persamaan dan juga pastinya perbedaan sifat-sifat yang dapat  kita lihat dan juga tidak dapat dilihat diantara anak-anak dan juga kedua orang tuannya.

    Adapun maksud dari pewarisan sifat ini yakni penurunan sifat yang terjadi dimana sang induk menurunkan beberapa sifat yang tampak sama dengan keturunannya atau anaknya. Dan adapun ilmu yang mengkaji mengenai pewarisan sifat atau hereditas ini yang pastinya yakni Ilmu Genetika. Cara pewarisan sifat ini akan terjadi dengan melalui perantara antara sel kelamin dari jantan dengan sel kelamin dari betina. Dan terdapat bagian sel, dimana sel ini bertanggung jawab atas penurunan sifat yang terjadi, dan hal ini terdapat pada bagian nukleus atau sel inti.

    Sel inti sendiri terdapat kromosom didalamnya, yang dimana kromosom ini yakni sekumpulan benang-benang halus yang memiliki fungsi sebagai faktor-faktor yang membawa sifat-sifat keturunan yang diturunkan dari sang Induk. Kromosom sendiri memiliki substansi didalamnya yang membawa sifat keturunan tadi dimana terdiri dari senyawa kimia yang biasa dikatakan sebagai gen. Nah, gen inilah nantinya yang berhak menentukan bagaimana karakter atau sifat dari makhluk hidup tersebut.

    Baca juga : Strategi Negosiasi Bisnis

    Selain dari pewarisan atas karakter ataupun bentuk tubuhnya, gen yang diturunkan atas orang tua atau induk kepada keturunannya bisa saja menimbulkan sebuah masalah atau yang biasa dikatakan sebagai cacat yang diwariskan dari sang induk atau kedua orang tuanya.

    Kelainan atau penyakit ini memiliki ciri yakni penyakitnya tidak dapat menular dan tidak dapat disembuhkan dikarenakan faktor keturunan dari induknya. Setiap ada masalah pasti ada solusinya, begitulah kalimat yang sering kita dengarkan. Begitu pula dengan cacat turunan ini, tidak dapat disembuhkan namun dapat dicegah dengan menghindari perkawinan atau pernikahan dengan seseorang yang mempunyai hubungan akrab misalnya saja sebagai  saudara ataupun keluarga yang mempunyai hubungan  begitu erat.

    Dan adapun kelainan yanng dapat ditimbulkan dari pewarisan sifat ini antara lain :

    • Albino

    Yang dimaksud dengan albino ini sendiri ialah suatu kelainan yang disebabkan dari tidak terdapatnya pigmen dalam tubuh atau suatu zat yang memberikan warna pada tubuh, dimana zat ini biasa dikatakan sebagai zat melanin. Berdasarkan faktanya, orang yang menderita kelainan albino ini akan rentan akan cahaya atau ia takut akan cahaya, sehingga mereka tidak berani terpapar cahaya matahari secara langsung.

    • Buta Warna

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kelainan buta warna ini merupakan suatu kecacatan yang diturunkan oleh induk kepada keturunannnya, dimana seorang tersebut tidak dapat membedakan warna-warna tertentu seperti orang normal pada umumnya. Buta warna ini sendiri terbagi atas dua pembagian yakni buta warna total dan buta warna parsial. Buta warna total atau permanen sendiri merupakan buta warna dimana sipenderita tidak bisa membedakan  warna  yang satu dengan warna-warna lainnya. Sedangkan buta warnayang kedua yakni “parsial” merupakan buta warna yang dimana sipenderitanya tidak dapat membandingkan perbedaan beberapa warna-warna saja.

    • Kelainan Hemofilia
    • Penyakit Kanker(Dani)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pewarisan Sifat Pada Makhluk Hidup Dan Kelainan Sifat Yang Diturunkan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    50%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    50%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait