Sikap dan Perilaku Wirausahawan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Wirausaha ialah seorang yang mempunyai usahanya tersendiri dengan menggunakan seluruh material (bahan) yang ia miliki serta upayanya baik itu dalam mempromosikan produk baru, menyusun strategi pemasaran untuk produk barunya, memasarkannya, dan juga mengatur modal yang akan di keluarkan nya dengan tujuan untuk menghasilkan sesuatu/ mendapat kembali modal yang ia keluarkan.

    Selain itu sorang wirausaha harus pandai dalam mengelola produk yang ia punya, agar produk yang di pasarkan dapat terjual dengan baik, wirausaha mempunyai tujuan dan juga manfaat tersendiri. Tujuan dari wirausaha adalah :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Meningkatkan jumlah produk usaha yang berkualitas, maksudnya seorang wirausaha sangat bergantung dengan yang namanya sumber daya manusia, karena apa??, karena dengan sumber manusia yang ia miliki ia dapat mengelola dan dapat membantu meningkatkan kualitas barang yang akan di pasarkan selanjutnya.
    2. Memberikan dampak positif bagi masyarakat, contoh salah satu dampak positif nya, jika seorang wirausaha menjadi sukses dengan usahanya tersebut, maka akan membuat pengaruh besar bagi masyarakat yang melihatnya, entah masyarakat tersebut tidak dapat pekerjaan atau ekonominya kurang karena melihat seseorang yang sukses dengan usahanya, lalu ia memutuskan membuat warung sebagai permulaan nya.
    3. Menyejahterakan masyarakat, maksudnya dengan usaha kita yang sukses tentu saja usaha tersebut makin lama makin berkembang dan juga membutuhkan sorang karyawan. Dengan begitu dapat mengurangi angka pengangguran bagi masyarakat.
    4. Membudayakan sikap, semangat, serta perilaku seperti seorang wirausaha, jika masyarakat melihat seorang wirausaha yang sukses tentu saja ketertarikan sesorang yang berada di masyarakat menjadi meningkat dan ia pun memutuskan ingin berwirausaha, namun jika ingin menjadi wirausaha yang sukses tentu saja ia akan belajar tentang bagai mana seorang wirausaha yang baik, tentu saja mempelajari tentang bagaimana sikap, perilaku, dan semangat serta yang lainnya.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Bahasa Asing Prayoga

    Ini merupakan tujuan dari berwirausha selain tujuan ada lagi yang lainnya diantaranya yaitu manfaat dari wirausaha, manfaat nya adalah sebagai berikut.

    1. Memudahkan lowongan pekerjaan, seorang wirausaha yang sukses tentu saja ia memerlukan yang namanya karyawan, dengan begitu membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat yang menganggur, jika semakin banyak lowongan pekerjaan maka semakin berkurang jumlah pengangguran.
    2. Memberi contoh yang baik di masyarakat, seperti yang sudah saya jelaskan jika seorang wirausaha sukses maka ia akan dicontohi oleh masyarakat, dengan begitu sikap wirausaha yang baik akan di kuasi oleh di kalangan masyarakat.
    3. Memberi pendidikan, jika ingin menjadi karyawan yang baik tentu harus mempunyai sikap seorang wirausaha yang baik, dengan begitu usaha yang di jalankan terjalin dengan baik, dan juga dapat membuat pengusaha tersebut nyaman dengan keberadaan kita, jika pengusaha sudah nyaman dengan keberadaan kita bukan kah sangat menguntungkan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Beberapa di bawah adalah sikap dari seorang wirausaha :

    1. Tidak ragu dalam mengambil tindakan, pengusaha sukses merupakan seseorang / orang yang berani mengambil yang namanya risiko, dan juga ia berani menerapkan ide yang ia punya di dalam usaha tersebut walaupun ada risikonya, itulah sorang wirausaha harus mengambil risiko tersendiri, bagaimana pun semua usaha atau pekerjaan pasti ada yang namanya risikonya masing-masing.
    2. Pantang menyerah, jika seorang wirausaha gagal dalam menjalankan usahanya jangan menyerah, karena seriap kegagalan itu merupakan awal dari keberhasilan.
    3. Memahami produk yang ingin di promosi atau di pasar, seorang wirausaha tentu saja harus mengetahui produk apa yang bagus untuk di pasarkan dan siapa yang menjadi targetnya.
    4. Pintar dalam memanfaatkan produk yang mengikuti tren atau perkembangan zaman, makin lama teknologi makin berkembang begitu juga dengan bahan pasaran, tentu akan berkembang jika kita seorang wirausaha tidak mengikuti tren maka usaha yang akan di jalankan tidak akan sukses karena tidak mengikuti tren, masyarakat umumnya akan mengikut tren setiap saat.
    5. Berinteraksi dengan orang- orang, jika seorang pelanggan mengemukakan pendapatnya itu bagus mungkin akan membantu usaha yang akan kita jalankan.
    6. Bersikap baik serta selalu belajar dalam berwirausaha.(Redho)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sikap dan Perilaku Wirausahawan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar