Interaksi Antar Populasi dalam Ekosistem

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ekosistem adalah suatu sistem yang saling berhubungan dan saling membantu antara satu dengan yang lain. Hubungan yang saling ketergantungan dan makhluk hidup yang tidak akan terpisahkan dari lingkungannya. Di dalam ekosistem juga ada persaingan antar makhluk hidup karena ketersediaan sumber yang sangat terbatas.

    Interaksi yang terjadi antar populasi dari spesies. Keuntunga dan kelimpahan suatu spesies dipengaruhi oleh spesies lainnya. Namun ada juga spesies yang hidup atau tinggal bersama dengan spesies lainnya. Pola interaksi di bagi 8 macam yaitu:

    1. Netralisme adalah makhluk hidup yang berhubungan dengan jenis yang berbeda tidak saling mempengaruhi, walaupun makhluk tersebut tinggal di satu tempat yang sama. Di sebut netralisme karena bahan makanan yang berbeda. Contoh :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Gajah dengan jerapah. Gajah dengan jerapah hidup bersama namun tidak ada yang untung dan tidak ada yang di rugikan.
    2. Ikan lele dengan ikan sapu tinggal di tempat yang sama namun tidak ada interaksi.
    3. Kambing dengan ayam sama juga dengan ikan lele dan ikan sapu tidak ada interaksi karena makanan kambing dan ayam berbeda.

    2. Persaingan juga terjadi antar makhluk hidup satu dengan makhluk hidup yang lainnya. Persaingan ini terjadi di karena untuk memperebutkan atau mendapatkan kekuasaan, wilayah, makanan, pasangan hidup dan untuk bertahan hidup.

    3. Amensalisme adalah bentuk dimana organisme yang satu merugikan organisme yang lain jika makhluk itu mengeluarkan zat yang berbahaya. Contoh :

    1. Gulama dengan tumbuhan padi.
    2. Pohon walnut dengan tumbuhan di sekitarnya.
    3. Pohon pinus dengan tumbuhan di sekitarnya.

    4. Parasitisme adalah dimana makhluk hidup yang satu merugikan makhluk hidup yang lain, yang artinya salah satu dari makhluk hidup itu akan ada yang untung dan akan ada yang rugi. Contoh organisme yang seperti ini adalah cacing, benalu, bakteri, dan lain sebagainya. Tetapi tidak akan menyebabkan kematian bagi organisme yang di rugikan.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bagasasi

    5. Predasi adalah dimana anggota spesies yang di sebut predator memakan spesies lainnya yang di sebut mangsa. Contoh :

    1. Harimau dan rusa sambar
    2. Ulat dan burung ciu besar
    3. Alap-alap macan dan tikus

    6. Komensalisme adalah dimana organisme yang satu diuntungkan dan organisme yang lain tidak dirugikan. Contohnya :

    1. Simbiosis komensalisme antara sirih dengan inangnya
      Tumbuhan ini termasuk dalam simbiosis komensalisme dimana sirih akan tumbuh dan berkembang di tanaman inangnya untuk mendapatkan sinar matahari sebagai fotosintesis. Tetapi tanaman inangnya tidak akan merugi.
    2. Anggrek dengan mangga
      Tanaman anggrek juga sama dengan tanaman sirih, anggrek akan tinggal pada pohon mangga untuk mendapatkan air dan sinar matahari untuk fotosintetis. Akan tetapi pohon mangga tidak akan berpengaruh terhadap adanya anggrek
    3. Tumbuhan paku dengan tumbuhan jati
      Tumbuhan paku akan nempel pada tanaman jati. Hal ini di karena kan tumbuhan paku dapat berfotosintesis. Tanaman jati pun tidak akan rugi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    7. Protokooperasi  adalah hubungan di mana makhluk hidup akan saling menguntungkan dan tidak akan mengganggu kehidupan keduanya. Contohnya :

    1. Kerbau dengan burung jalak. Burung jalak hinggap di tubuh kerbau untuk memakan kutu-kutu yang ada di tubuh kerbau. Dengan begiTu keduanya akan saling menguntungkan. Tetapi burung jalak tidak akan selamanya akan tinggal di tubuh kerbau.
    2. Bunga dengan serangga
      ​Saat penyerbukan bunga, bunga dibantu oleh serangga, tetapi bunga juga dibantu dengan faktor lainnya.

    8. Mutualisme adalah hubungan interaksi antar makhluk hidup saling menguntungkan. Contohnya :

    1. Kupu-kupu dengan bunga
      Kupu-kupu memakan serbuk sari yang ada di bunga dan bunga pun akan terbantu karena kupu-kupu menyebarkan serbuk sarinya.
    2. Burung pelatuk dengan semut
      Burung pelatuk akan membuat sarang di pohon dan bertelur di pohon yang di tempati semut. Burung pelatuk akan untung karena semut menjaga telur-telur nya. Semut mendapat manfaat karena terlindungi dari predator.(Rinta)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Interaksi Antar Populasi dalam Ekosistem
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    50%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    50%

    Marah

    0%

    Komentar