Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bagasasi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ilmu merupakan hal yang kita butuhkan di dunia ini. Ilmu memberikan manfaat yang besar bagi orang yang memilikinya, kenapa? Karena banyak hal yang dapat darinya, seperti pengalaman, pengetahuan, kemudahan, dan segala macam yang kita butuhkan. Menuntut ilmu tidak bisa dibatasi oleh apapun dan siapapun, karena menuntut ilmu merupakan hak yang absolut bagi setiap orang.

    Selain itu, ilmu memiliki jenjang atau tahapannya sendiri atau lebih sering disebut jenjang pendidikan, mulai dari tahap sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas atau jurusan, dan kuliah. Kebanyakan siswa yang mau naik ke jenjang berikutnya selalu merasa bingung dan ragu, karena suatu sekolah dengan sekolah lainnya itu tidak sama kualitasnya dan akreditasi tentunya menjadi tolak ukur kualitas sekolah tersebut. Nah, bagi kalian siswa SMK/SMA yang bingung mau lanjut kuliah tapi tidak tau harus kemana, kami ada sedikit informasi tentang salah satu kampus yang cukup populer nih, yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bagasasi (STIA Bagasasi).

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bagasasi merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang terletak di Bogor, Jawa Barat dan berada di wilayah kopertis 04. Kampus ini sudah berdiri sejak 22 Juni 1983. STIA Bagasasi memiliki dua program studi, yakni Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Administrasi Niaga. Ini dia penjelasannya :

    1. Ilmu Administrasi Negara (IAN)

    Setelah mendengar Ilmu Administrasi Negara, kalian mungkin akan berpikir kalau program studi ini mempelajari tentang tata kelola dan manajemen yang berkaitan dengan negara kan? Yap, itu benar, Ilmu Administrasi Negara (IAN) adalah Program Studi yang mempelajari proses yang dilakukan oleh seseorang atau suatu organisasi atau kelompok, yang berkaitan dengan pelaksanaan dan penerapan peraturan/hukum yang berkaitan dengan urusan-urusan negara. Nah, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bagasasi sendiri memiliki program studi ini dengan :

    Akreditasi : B

    Jenjang : S1

    No. SK : 2357/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2016

    Status : Berlaku sampai 20 Oktober 2021

    Secara umum, Mata kuliah yang dipelajari program studi Ilmu Administrasi Negara (IAN), antara lain Sistem dan Hukum Administrasi Negara, Demografi, Statistik Sosial, Sumber Daya Manusia, Manajemen, Administrasi Pemerintah Daerah dan lainnya. Untuk menamati program studi ini, setidaknya seorang mahasiswa IAN harus menyelesaikan 144 hingga 146 SKS dari beberapa mata kuliah yang disebutkan tadi.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung

    Mungkin kamu bertanya tanya, “Emangnya, kalau aku mengikuti prodi IAN nanti kerjanya jadi apa?”. Nah, ada beberapa lowongan pekerjaan yang bisa kalian dapatkan dari mengikuti program studi Ilmu Administrasi Negara (IAN) ini, seperti :

    1. Aparatur Sipil Negara (ASN)
    2. Akademisi
    3. Staf atau anggota badan Legislatif
    4. Aktifis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)
    5. Konsultan Pemerintah, dan sebagainya

    Jika kalian tertarik dengan pekerjaan seperti itu, maka pilihan yang tepat jika anda memilih program studi ini.

    1. Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis (Adbis)

    Dari namanya saja, mungkin kalian sudah bisa membayangkannya, yap, Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis (Adbis) adalah program studi yang mempelajari tentang mengatur diri sendiri dan orang lain, mempelajari bidang strategi komunikasi bisnis, mengambil keputusan, dan sebagainya. STIA Bagasasi juga memiliki program studi ini, lho. Berikut sedikit info Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis (Adbis) di STIA Bagasasi :

    Akreditasi : B

    Jenjang : S1

    No. SK: 468/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014

    Status : Berlaku Sampai 14 Desember 2019

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    ​Pekerjaan yang bisa dicapai dari lulusan Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis (Adbis) ini ternyata lumayan menggiurkan juga, lho, antara lain :

    1. Entrepreneur/ Wirausahawan
    2. Manager Perusahaan
    3. Manager Sumber Daya Manusia
    4. Manager/ Staff Administrasi
    5. Manager/ Staff Marketing, dan sebagainya.

    Lumayan, bukan?. Kalau kalian benar-benar tertarik dan suka di dunia bisnis, maka kalian bisa memilih program studi ini.(Dimas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bagasasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    33%

    Terinspirasi

    66%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar