Manfaat Gejala Alam Biotik dan Abiotik

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebelum kita membahas tentang manfaat gejala alam biotik dan abiotik, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu yang dimaksud dengan gejala alam. Gejala alam adalah perubahan yang terjadi di lingkungan alam karena adanya aktivitas antara unsur-unsur pembentuk ekosistem baik dalam lingkungan hidup (biotik) maupun dalam lingkungan benda-benda mati (abiotic).

    Seperti yang telah kita ketahui bahwa ekosistem yang paling besar adalah bumi. Bumi tempat manusia hidup sejak beribu-ribu tahun lalu atau lebih tepatnya lagi bumi tempat berbagai macam makhluk hidup dan benda mati tinggal sejak dahulu kala tentunya telah banyak mengalami perubahan yang besar. Setiap perubahan yang terjadi tidak boleh di biarkan berlalu begitu saja. Manusia sebagai makhluk yang cerdas memiliki tanggung jawab untuk menyeimbangkan kehidupan alam biotik dan abiotic melalui pengetahuan dan penelitian terhadap alam. 

    Makhluk hidup terdiri dari biotik dan abiotik yang melakukan interaksi sehingga memunculkan gejala alam. Gejala alam biotik dan abiotik yang merupakan interaksi dari hal tersebut memunculkan fenomena-fenomena. Hal itu terjadi karena unsur abiotic dan biotik memiliki hubungan. Gejala alam biotik dapat berupa hama tananan, penyebab penyakit bervirus, bangunan yang berjamur atau berlumut dan masih banyak lagi sementara gejala alam abiotic berupa proses terjadinya hujan, pelangi, tsunami, gunung meletus dan lain-lain.

    Baca Juga :Tempat Wisata di Riau

    Contoh-contoh gejala alam yang di sebutkan di atas sebagian besar mungkin membawa dampak negative bagi lingkungan dan makhluk hidup tapi jangan salah banyak juga akibat dari gejala alam biotik dan abiotic yang membawa dampak positif bagi kehidupan manusia dan lingkungan sekitar.

    Berikut gejala alam biotik yang memberikan manfaat bagi kehidupan :

    1. Munculnya Virus

    Virus memiliki image yang buruk bagi manusia karena banyak penyakit dan hal buruk yang  di sebabkan oleh virus padahal tanpa kita sadari banyak sekali virus-virus baik yang  bermanfaat bagi manusia contohnya adalah virus Imlygic, virus ini adalah virus yang membantu perawatan kanker yang secara langsung akan membunuh sel-sel kanker dan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker, seperti melanoma. Tentunya virus Imlygic ini sangat berguna dalam dunia kesehatan manusia.

    1. Adanya Keanekaragaman Hayati

    Pada masa sekarang ini banyak jenis-jenis tumbuhan yang menghasilkan buah-buahan atau bunga yang unik dan beragam, contohnya seperti buah manga yang memiliki berbagai macam rasa dan bentuk seperti manga apel, mangga madu dan lain-lain.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Sekretari Dan Manajemen Jambi

    1. Hutan Mangrove

    Hutan mangrove sangat bermanfaat bagi kehidupan karena hutan mangrove dapat menjadi tempat tinggal udang dan hewan laut lainnya dan hutan mangrove juga dapat mengurangi abrasi di pantai.

    Berikut ini adalah manfaat dari gejala alam abiotic bagi kehidupan :

    1.  Terjadinya Hujan

    Tak dapat di pungkiri hujan adalah salah satu sumber untuk mendapatkan air baik untuk    manusia, hewan, tumbuhan dan lingkungan. Jika tidak ada air atau tidak turun hujan dalam kurung waktu yang panjang maka dapat di pastikan makhluk hidup dan lingkungan yang ada di daerah itu pasti akan kesulitan dan menderita.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Oksigen (O2)

    Oksigen adalah anugerah yang di berikan oleh Tuhan untuk semua makhluk hidup dan lingkungan. Dengan adanya oksigen maka manusia dapat bernafas dan pohon-pohon atau tumbuhan dapat melakukan fotosintesis namun yang menjadi problem akhir-akhir ini adalah jumlah oksigen yang semakin sedikit dikarenakan adanya pemanasan global dan turunnya jumlah tumbuhan di dunia. Manusia harus terus menggalakkan go-green supaya jumlah pohon semakin bertambah dan O2 semakin banyak dihasilkan.

    1. Abu Vulkanik         

    Bencana alam seperti gunung meletus akan membawa dampak buruk namun setelah kejadian gunung meletus tanah di sekitar gunung akan menjadi lebih subur. Tanah yang subur dapat di jadikan sebagai ladang atau tempat bercocok tanam.(Ifana)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Gejala Alam Biotik dan Abiotik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar