Dampak Dari Interaksi Antar Ruang Dalam Bidang Ekonomi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Suatu rancangan atau cara yang ditujukan untuk mengolah ruang-ruang yang didasarkan pada potensi serta pada suatu masalah yang ada kaitannya dengan ruang-ruang yang terdapat di sekitarannya merupakan definisi atau makna dari Interaksi Antar Ruang. Memiliki banyak bentuk merupakan cabang atau pembagian dari salah satu materi Ilmu Geografi ini, adapun pembagiannya yakni :

    1. Mobilitas Penduduk, yang dimana mobilitas penduduk ini memiliki makna sebuah interaksi yang dilakukan dalam bentuk sebuah pergerakan atau yang terbentuk dari perpindahan manusia dari tempat yang satu ke tempat lainnya, seperti contohnya migrasi, transmigrasi, dan jenis-jenis lainnya.
    2. Komunikasi, kata komunikasi ini pastinya sudah tidak asing lagi kan bagi kita, dimana komunikasi ini memiliki makna yaitu salah satu bentuk dari sebuah interaksi, bisa saja dengan bertukar pikiran dari orang satu ke orang lainnya atau juga melalui perpindahan sebuah ide, informasi, dan lain-lainnya.
    3. Transportasi, transportasi ialah kendaraan atau alat yang kita gunakan untuk bepergian, namun lain maknanya jika kata transportasi ini diletakkan disini. Dalam interaksi antar ruang transportasi memiliki makna sebuah penginteraksian yang dilalui oleh suatu perpindahan barang, seperti pengangkutan sebuah barang.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Selain memiliki bentuk, ternyata interaksi ini juga memiliki jenis loh, jenisnya bisa saja meliputi sebuah barang / benda, bisa saja orang, dan bisa pula berupa sebuah informasi. Walaupun hanya sebatas interaksi, tapi jangan anggap remeh ya dengan interaksi ini. Karena interaksi antar ruang ini turut mengambil peranan yang sangat penting bagi kita. Tidak hanya dirasakan oleh sesame kita saja, namun interaksi antar ruang ini juga penting loh di berbagai bidang, salah satunya adalah di bidang perekonomian (ekonomi). Interaksi antar ruang ini sangat berdampak kepada bidang yang satu ini, apa saja sih dampak yang ditimbulkan dari interaksi antar ruang ke bidang ekonomi ini?.  Dampak yang ditimbulkan dari interaksi antar ruang untuk bidang ini terdapat dampak dari segi positifnya dan ada pula dari segi negatifnya Adapun dampak yang ditimbulkan dari interaksi ini untuk bidang ekonomi adalah :

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Klabat

    Segi Positif

    1. Pasar-pasaran akan terbuka untuk mengekspor produk-produk dalam negeri.
    2. Kesempatan SDM dari dalam untuk mendapatkan peluang bekerja di dalam maupun diluar negeri akan terbuka.
    3. Dengan adanya interaksi antar ruang di bidang ini akan memudahkan kita dalam pengaksesan modal dari luar negeri.
    4. Selain memudahkan kita dalam pengaksesan modal, dengan adanya interaksi ini akan memudahkan juga kepada kita untuk melakukan investasi keluar negeri kita bagi investor dalam negeri.
    5. Dengan ini kita akan dimudahkan untuk mendapatkan barang-barang dari luar yang belum pernah sama sekali di produksi di Negara sendiri yaitu Indonesia.
    6. Selain kelima hal tadi, ada juga nih manfaat atau dampak positif yang ditimbulkan untuk kegiatan pariwisata, dimana kegiatan pariwisata di dalam negeri akan terus meningkat.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Segi Negatif

    1. Tenaga kerja asing akan masuk kedalam, sehingga membuat tenaga kerja dari dalam berada dalam kesulitan di negaranya sendiri.
    2. Pasar-pasar produk dari dalam akan menghilang secara perlahan dikarenakan pasar produk dalam negeri kalah bersaing dengan pasar produk dari luar negeri.
    3. Usaha yang didirikan di dalam negeri terancam gulung tikar dikarenakan banyak produk-produk dari luar (impor) yang digunakan masyarakat dalam negeri.
    4. Alam dalam negeri terancam rusak, dikarenakan meningkatnya jumlah produksi yang tidak ramah lingkungan.

    Itulah beberapa dampak atau efek yang diakibatkan dari interaksi antar ruang untuk bidang ekonomi. Walaupun hanya dalam bentuk interaksi, kita tidak boleh spele dengan hal yang satu ini, karena dampak negative yang ditimbulkannya akan membahayakan Negara kita sendiri. Semoga dengan membaca artikel ini lebih menyadarkan kita untuk lebih mencintai produk dari dalam negeri.(Hamdani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dampak Dari Interaksi Antar Ruang Dalam Bidang Ekonomi
    Sangat Suka

    25%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    50%

    Tidak Peduli

    25%

    Marah

    0%

    Komentar