Karakter dan Etika Wirausaha

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di era perkembangan perekenomian global, banyak lulusan perguruan tinggi memilih membangun wirausaha daripada bekerja di perusahaan besar yang menawarkan gaji bulanan. Tidak hanya mendapatkan keuntungan bagi diri sendiri, wirausaha juga membuka peluang kerja yang baru untuk para pencari kerja.

    Selain itu, wairusaha menambah membuat bidang usaha menjadi lebih variasi. Semakin berkembang wirausaha yang diciptakan para pelaku usaha, semakin tinggi pula peluang terbuka untuk para pencari kerja mendapatkan pekerjaan seusai dengan keahliannya.

    Karakter Wirausaha

    Untuk membangun wirausaha tidak hanya membutuhkan modal, ide dan kreativitas, namun juga harus memiliki beberapa karakter. Karakter wirausaha berkaitan dengan perilaku hingga watak seorang wirausahawan dalam berkomunikasi serta bersikap. Lalu, apa saja karakter wirausaha yang harus dimiliki?

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Percaya Diri

    Sebelum membangun wirausaha, seseorang harus memiliki kepercayaan diri dan optimis akan mencapai kesuksesan dan berwirausaha. Sikap percaya diri dilandasi kesadaran pelaku wirausaha terkait kelebihan hingga kekurangan diri sendiri.

    Dengan adanya sikap percaya diri, pelaku wirausaha akan terus terpacu untuk mencapai hasil sesuai target yang diinginkan berdasarkan kemampuan diri sendiri tanpa bergantung pada pihak lain.

    1. Orientasi Tugas dan Hasil

    Untuk mendapatkan keberhasilan dalam membangun wirausaha, bekerja secara prestatif sangat dibutuhkan. Karena, setiap keberhasilan sangat ditentukan oleh usaha. Seseorang yang berorientasi pada tugas dan hasil akan mengutamakan prestasi.

    1. Berani Tanggung Risiko

    Seseorang yang baru merintis dalam berwirausaha selalu saja dibayangi oleh berbagai risiko. Untuk itu, dibutuhkan keberanian dalam menanggung risiko atas segala keputusan dan tindakan yang diambil untuk masa depan wirausaha.

    1. Kepemimpinan

    Untuk menjadi wirausahawan, artinya harus memimpin pekerja yang menjadi sumber daya utama dalam usaha. Dengan demikian, dibutuhkan sikap kepemimpinan agar bisa memimpin diri sendiri hingga bawahannya agar usaha terus bergerak dengan teratur.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yahya Bima

    1. Kreativitas

    Kreativitas merupakan faktor utama, selain modal yang harus dimiliki sebelum membangun wirausaha.

    1. Berorientasi pada Masa Depan

    Membangun wirausaha, artinya harus memiliki visi yang harus dicapai di masa depan. Sebab itu, dibutuhkan perencanaan yang baik terkait target yang harus dicapai untuk wirausaha.

    Etika Wirausaha

    Etika atau norma-norma merupakan sesuatu yang harus dipatuhi dalam beraktivitas maupun berkegiatan dalam sehari-hari. Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, etika juga dibutuhkan saat akan membangun wirausaha.

    Etika wirausaha merupakan sesuatu yang harus dijaga dan dilestarikan dalam berwirausaha. Secara sederhana, etika wirausaha berkaitan dengan setiap hal yang benar dan salah. Umumnya, etika wirausaha adalah sikap-sikap yang harus dijaga yang diantaranya adalah sebagai berikut:

    1. Jujur

    Pelaku wirausaha harus menjunjung tinggi norma kejujuran, baik dalam bersikap maupun berkomunikasi. Kejujuran dibutuhkan untuk memperoleh kepercayaan dari berbagai pihak, terutama konsumen yang menjadi faktor penting dalam berwirausaha.

    1. Tanggung Jawab

    Bertanggung jawab merupakan etika wirausaha yang harus dimiliki sebagai pemimpin dari suatu lingkungan kerja. Tanggung jawab bukan hanya terkait terhadap kewajiban terhadap mitra maupun konsumen, melainkan terhadap pekerja sebagai sumber daya utama yang menggerakkan usaha Anda.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Disiplin

    Wirausaha yang sukses umumnya dipengaruhi oleh sikap disiplin. Misalnya, disiplin dalam melaporkan kegiatan dalam wirausaha maupun terkait pembayaran.

    1. Taat Hukum

    Secara umum, hukum harus ditaati oleh berbagai kalangan, termasuk pelaku usaha dalam berwirausaha. Pelanggaran hukum akan berdampak pada perkembangan wirausaha.

    1. Berkomitmen

    Pelaku usaha dalam berwirausaha harus memegang komitmen dengan setiap pihak yang terkait, sehingga setiap target dapat dicapai dengan maksimal.

    1. Mengutamakan Prestasi

    Prestasi merupakan langkah awal untuk meraih kesuksesan wirausaha di masa depan. Selain itu, prestasi akan membuat wirausaha yang dibangun bertahan lama.

    Selain itu, beberapa hal lainnya yang harus diperhatikan dalam membangun wirausaha adalah integritas. Integritas adalah sikap yang harus ada dalam membangun hubungan dengan mitra kerja, karyawan hingga konsumen yang menjadi pelanggan dalam usaha Anda.

    Etika wirausaha harus dibangun dan menjadi komitmen bersama yang harus dipatuhi. Dengan adanya pengendalian dalam bersikap maupun bertindak, akan memberikan perbedaan antara wirausaha Anda dengan lainnya. Dengan demikian, citra wirausaha yang baik akan terbangun dengan sendirinya untuk kemajuan wirausaha Anda.(V0l1-Yl)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Karakter dan Etika Wirausaha
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar