Makanan Penurun Gula Darah yang Aman untuk Ibu Hamil

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bagi wanita kehamilan merupakan pengalaman yang tak  pernah terlupakan. Kadang anda  merasa sangat bahagia dan terkadang anda juga merasa khawatir akan kehadiran sang buah hati.  Sangat senang dan mendebarkan ketika anda mendengar detak jantung bayi atau pun merasakan tendangan kecil pertama. Hal ini pun juga bisa membuat frustrasi bahkan menakutkan.

    Dalam masa pertumbuhan tubuh anda berubah seiring pertumbuhan bayi. Dikarenakan anda mengidap penyakit diabetes, semua yang berubah akan mempengaruhi kadar glukosa. Kehamilan pun bisa membuat penyakit gejala darah rendah tidak terdeteksi. Selama masa kehamilan, control diabetes anda akan biasanya menjadi lebih rumit. Pemeriksaan glukosa darah bisa dilakukan dengan rutin di rumah, hal ini sangat penting untuk si bayi dan juga diri sendiri selama sebelum dan juga setelah kehamilan.

    Target Glukosa darah di rancang untuk membantu meminimalisir risiko cacat lahir, keguguran, serta membantu untuk mencegah bayi lahir ukuran terlalu besar. Jika anda mempunyai kesulitan saat menjaga kadar glukosa sesuai dengan target atau malah seiring mengalami kadar glukosa darah rendah, diskusikanlah dengan tim perawatan kesehatan yang anda kunjungi tentang perubahan rencana pengobatan anda. Cari lah cara yang sangat pas dengan cara bekerja sama dengan tim kesehatan anda untuk menentukan target yang detail sebelum dan selama kehamilan.

    The American Diabetes Association merekomendasikan target ini untuk perempuan yang mengidap diabetes yang sedang hamil :

    • Sebelum makan & sebelum tidur / malam hari 60 – 99 mg / dl
    • Setelah makan 100 – 129 mg / dl
    • A1C -  dari 6%

    Pengurangan Glukosa postprandial harus anda lakukan 1 sampai 2 jam dihitung setelah anda memulai makan.

    Cek kadar glukosa anda pada saat yang telah di tentukan oleh dokter anda.

    Jika anda sudah mengecek kadar glukosa anda, pastikan anda juga mengubah rencana makanan yang anda makan untuk menghindari masalah yang bisa mempengaruhi kadar glukosa darah.  Bagi wanita, focus dari rencana menu makanan yang baik pada masa kehamilan adalah meningkatkan kualitas dari makanan yang anda makan dan bukan hanya untuk meningkatkan jumlah makanan yang dimakan, Sebuah rencana untuk menu makanan yang baik di rancang untuk membantu anda untuk menghindar dari masalah kadar glukosa darah dan untuk memberikan nutrisi untuk bayi tumbuh.  

    Makan dengan sehat sangat penting sebelum, sesudah, selama dan setelah kehamilan. Makan dengan sehat adalah dengan mengonsumsi banyak macam – macam makanan, termasuk :

    • Sayuran
    • Biji – Bijian
    • Produk Tanpa Lemak Susu
    • Buah –Buahan
    • Kacang
    • Daging Tanpa Lemak
    • Daging Unggas
    • Ikan

    Makanan-makanan yang baik untuk ibu hamil makan di dalamnya harus terdapat nutrisi-nutrisi yang di butuhkan oleh si ibu hamil tersebut Yaitu nutrisi :

    1. Folat

    Folat sangat perlu karena untuk mengurangi resiko bayi cacat lahir. Sumber nutrisi folat ini bisa didapatkan dari makanan seperti sayur, ayam, ikan, kerang, kacang – kacangan, dan buah jeruk.

    1.  Asam Lemak Omega-3

    Kebutuhan ini bertujuan untuk perkembangan otak dan juga saraf janin di dalam kandungan. Asam lemak omega 3 ini akan mempengaruhi perkembangan penglihatan,memori, dan pemahaman bahasa dari si buah hati. Sumber dari nutrisi ini dari makanan  ikan berlemak seperti sarden, tuna juga dari konsumsi telur.

    1. Kalsium

    Proses pemadatan tulang kepada janin yang terjadi pada trimester kedua. Nutrisi ini didapatkan dari mengonsumsi, sayuran hijau, susu, sarden, telur, kacang kedelai.

    1. Zat Besi

    Sangat perlu untuk mendukung pembentukan sel darah merah yang semakin meningkat. Nutrisi ini bisa anda dapatkan dengan mengonsumsi, dari daging merah, kuning telur, sayuran hijau dan kacang kacangan.

    1. Perbanyak Minum Air

    Air bagi ibu hamil juga sangat penting, air membantu tubuh mengalirkan nutrisi ke dalam sel dan membuang racun.(Ikhwan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Penurun Gula Darah yang Aman untuk Ibu Hamil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar